Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 02 Desember 2011

Gejala Kanker Yang Perlu Diketahui

Puru ayal atau kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
  • §  tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • §  menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • §  bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebutonkologi.
Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.
Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor(bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melaluikelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

Apa pun jenisnya, kemunculan kanker dalam tubuh seseorang biasanya dibarengi dengan rendahnya kualitas hidupnya. Yang paling terasa adalah tidak bersemangatnya penderita dalam mengarungi hidup seperti sedia kala. Berbagai urusan seakan terhambat dan di hadapannya hanya ada persoalan kematian.
Walau pun tiap penyakit pasti ada obatnya, namun seringkali diagnosa kanker baru dilakukan penderitanya saat mencapai stadium lanjut. Ini yang membuat penanganan kanker menjadi lebih sulit. Biasanya , jika sudah begini, dokter segera menentukan taksiran “jatah hidup” kepada keluarga penderita dan menyuruh keluarga untuk membahadiakan penderita di “sisa hidup”-nya.
Agar kasus seperti itu tidak berlanjut terus, informasi gejala dini kanker memang harus dikenalkan kepada khalayak. Semakin dini diketahui ada sel abnormal dalam tubuh, maka kemungkinan sembuh dari kanker makin besar. Untuk itu, ada beberapa gejala kanker yang patut untuk disimak:
1.       Jika Anda mengalami penurunan berat badan secara mendadak, bisa menjadi awal gejala hadirnya kanker usus atau kanker lain di pencernaan, Segera periksakan kondisi alat cerna Anda.
2.      Kanker ovarium bisanya ditandai dengan kembung yang ditambah rasa sakit. Sakitnya bisa terasa secara teratur dan perutseakan selalu kenyang meski jarang terisi makanan.
3.      Muculnya pendarahan di organ kewanitaan yang tidak normal, bisa diduga ada masalah dalam rahim yang memunculkan potensi kanker mulut rahim.
4.      Kalau ada penebalan kulit, kemerahan, dan benjolan di payudara, segera konsultasikan kepada dokter yang berkompeten. Itu menjadi sebab awal hadirnya kanker payudara. Pria juga bisa terserang kankerini meski potensinya lebih kecil dari wanita.
5.       Gejala kanker kulit ditandai dengan perubahan tekstur kulit, kutil, tahi lalat, dan pigmentasi.
6.       Kalau Anda sulit menelan, mungkin itu tanda kanker tenggorokan. Gejala lainnya adalah adanya gangguan pencernaan yang konstans.
7.       Kalau Anda perokok dan memiliki perubahan di mulut dan punya luka serius, menjadi gejala awal kanker mulut. Kanker ini bisa dipicu faktor lain, misalnya  seks oral
8.      Ketika kelenjar getah bening menimbulkan benjolan yang menetap, bisa menjadi tanda kanker darah atau kanker limfa.
9.      Kanker darah bisa dilihat dari tanda demam yang tidak diketahui penyebabnya dan berlangsung lama. Selain itu, juga ditemukan nyeri yang menetap.
10.   Kalau Anda perokok dan punya sakit batuk yang tidak kunjung sembuh, mungkin tanda paru-paru Anda dihinggapi sel kanker penyebab kanker paru-paru.
11.    Kondisi fisik yang selalu lelah dan lemah dalam jangka panjang, bisa disebabkan karena munculnya kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut