Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 30 September 2011

MERINDU

Ku merindu
Merindu pada angin dingin yang menyejukkanku
Merindu akan bintang-bintang yang bertebaran di langit malam
Merindu senyuman dewi bulan yang tersenyum lebar

Ku merindu
Rindu bau rumput kering dari ilalang
Rindu bau tanah kering yang tersiram air hujan
Rindu tanah hitam khas sawah-sawah yang berhektar-hektar

Ku merindu
Merindukan suara canda tawa anak kecil yang bermain laying-layang
Merindukan suara pasar yang saling tawar-menawar
Merindukan gemricik air sungai yang jernih menyegarkan

Ku merindu
Merindu akan ayah bunda yang senantiasa mendewasakanku
Merindu akan sanak sodara yang saling berdekatan satu dengan yang lain
Merindukan warga kampung yang sangat ramah tamah

Ku merindu
Rindu akan suara kambing-kambing yang digembalakan
Rindu akan suara-suara sapai yang merumput
Rindu akan suara kokokan sang ayam jantan di pagi hari

Ku merindu
Merindukan canda khas anak-anak desa
Merindukan wajah-wajah cantik kembang desa
Merindukan semangat kumbang-kumbang desa memikat gadis pujaannya

Ku merindu
Merindu akan hijaunya sawah yang telah di tanam petani
Rindu kuningnya padi yang akan segera di panen
Merindukan aroma kopi khas desa di pagi hari

Kapankah aku akan kembali lagi
Menikmati kerinduan yang  telah lama hilang
Menikmati kenangan-kenangan di masa perjuangan
Diantara kesibukan sebuah kesuksesan

Selasa, 27 September 2011

kecelakaan, Minggu 25 September 2011

Ketika sebuah kecelakaan lalulintas terjadi antara sepeda motor dengan sepeda motor pasti semua korban merasa dirinya benar dang a mau di salahkan. Seperti yang terjadi padaku hari ini. Sebuah kecelakaan menimpaku. Seorang kakek menabrakku dari belakang. Kejadian terjadi sekitar pukul satu siang ketika aku sedang menuju masjit ketika dalam perjalaanan ponorogo menuju Solo.

Ceritanya di sebuah jalan tikungan tajam ke kiri aku aku akan belok ke kanan menuju masjit di kanan jalan. Setelah riting aku tidak melihat ke belakang karna dalam pikiranku mana mungkin da orang menyalip aku di tikungan tajam ke kiri tersebut ditambah di depanku ada mobil. Tapi entah apa yang di pikirkan kakek yang menabrakku tiba-tiba ketika aku akan berhenti di depan masjit di menyalakan klakson sepedamotornya “tiiinnn…..” dan langsung DUG…. menabrakku. Aku berusaha mengendalikan sepeda motorku tapi ternyata tidak bisa karena ban sepeda motorku langsung di tubruk dari belakang. Aku terjatuh dan terseret sampai di halaman masjit. SIALL…
Tubuhku terguling-guling di depan masjit. Kaki kananku terjepit sepeda motor. Ketika ku berusaha bangun aku tak bisa segera bangun karena kaki kananku terjepit. Pertama yang kulakukan sehabis jatuh adalah mengeluarkan kakiku dari jepitan sepeda motor dengan cara menendang sepeda motorku dengan kaki kiri.

SIAL… langsung terasa sakit di kaki kananku karena terjepit. Kulihat sarung tangan kananku sobek. Rasa amarah dan benci keluara dari pikiranku, ditambah dendam dan sakit. Belum sampai kakiku lepas tu kakek marah-marah padaku, menyalahkan aku dan mengomel tak karuan yang sama sekali tak kudengarkan karena kakiku masih terjepit. Lalu da seseorang yang menolongku yang ternyata dia keponakan tu kakek. Tu orang yang menjadi saksi kalu yang salah adalah pemannya. Saat kejadian dia berda persis di belakang tu kakek. Dia juga yang tahu kalau pamanya tidak hati-hati dan melihat kebenaran balam diriku.

Setelah bisa berdiri hal yang kulakukan pertama kali adalah marah-marah pada tu kakek. Yang jelas-jelas salah dan tak melihatku belok. Membantah semua tuduhan yang katanya aku tak hati lah, yang katanya tidak reting lah, yang katanya tak bisa bisa naik motor lah dan lain-lain. Sampai da nenek yang di bonceng tu kakek nangis-nangis dan bilang kalau “aku mati gimana?” sambil nangis-nagis tak karuan. Kulihat tubuhnya gemetaran, air matanya menetes dan wajahnya pucat. Setelah melihat tu nenek aku menjadi lebih tenang. Aku menjadi ingat nenekku dahulu. Dan ahirnya aku diam dan lebih memilih duduk dan mengurusi diriku sendiri tanpa memperdulihan yang ada di sekitarku.

Ku duduk di teras masjit. Kulihat sepeda motorku dah berdiri dan kulihat keponakan tu kakek membenarkan sepeda motorku. Kulepas sepatuku dan kaos kakiku kulihat luka memar di kakiku. Kulihat darah mengental di kakiku. Ku gulung celanaku dan kulihat lututku juga memar. Ku urut kaki kananku itu secara pelan untuk mengurangi rasa sakit di kaki.

Lalu keponakan kakek itu datang mengenalkan diri dan menengahi kita. Dia tidak menyalahkanku tapi menyalahkan pamannya (si kakek) itu yang jelas-jelas salah. Dia juga mewakili kakeknya dan minta maaf. Tapi si nenek yang di bonceng tu kakek tetap ga bisa diam tetap aja nangis dan masih gemetaran. Tapi aku tak menghiraukan karna aku disini yang sebenarnya yang jadi korban.
Setelah beberapa saat aku duduk aku teringat tujuanku akan ke masjit ini yaitu untuk solat maka ku teruskan niatku untuk solat. Kuambil air wudu, kubasuh wajah, tangan dan kaki dan rasa sakit tak karuan terasa dan melandaku. Lalu aku solat, ketika sujut dan duduk masaallah… sakitnya kaki ini.

Setelah solat aku memutuskan segera pergi dari TKP tanpa mengurusi yang lain. Tapi yang terjadi, sepeda motorku ga bisa di setater. SIALLL…. Aku duduk kembali dan ku bilang kalau sepedaku ga bisa di nyalakan. Tapi untungnya keponakan tu kakek dengan baik hati mau membetulkan sepeda motorku.

Sambil menunggu sepeda motorku di perbaiki da seorang yang ada di masjit menawari bantuan untuk mengobati kakiku. Kupikir dengan alkohol atau revanol atau dengandengan betadin ataupun obat merah tapi ternyata dengan balsem. Jelas-jelas aku menolah mentah-mentah, bukan segera sembuh malah tambah infeksi nantinya. Tapi akupakai balsam itu di sekitar luka yang tidak ada luka perdarahan.

Setelah sepeda motorku bisa di nyalakan aku mengucapkan terimakasih pada orang-orang yang menolongku. Lalu aku segera pergi dari TKP agar rasa benci, dendam dan amarah ku segera pergi. Tanpa memikirkan ganti rugi dan sebagainya aku segera pergi. Kubiarkan orang-orang itu di sana, ku pergi begitu saja. Kubilang aku sedang sibuk memburu waktu untuk kuliah padahal itu hari minggu.

Dalam hatiku aku benar-benar benci dan dendam. Sampai sekarang aku masih merasakan rasa benci dan dendam itu. Tapi aku terus berusaha menghilangkan rasa itu. Aku berusaha menghilangka ingatan akan kejadiian itu, tapi ketika ku merasakan sakit dari kecelakaan itu dan kulihat luka di kakiku rasa dendam dan benci itu makin terasa.

Maafkan dendam dan amarah ini Tuhan….

Kamis, 22 September 2011

Enam Pertanda Bahaya Pasangan Selingkuh


Jangan langsung menuduh pasangan selingkuh dan menjadi seorang paranoid.
KAMIS, 22 SEPTEMBER 2011, 10:12 WIB
Anda Nurlaila
VIVAnews - Ketika Anda melihat terjadi perubahan perilaku pasangan dan merasa kemungkinan ia berselingkuh, jangan langsung menuduhnya. Usahakan jangan menunjukkan sikap paranoid. Anda harus bersikap seperti tenang bila tidak mau disebut hanya membuat tuduhan palsu kepadanya. 

Pada saat yang sama, berhati-hatilah agar tidak membiarkan rasa cemas tumbuh akibat paranoia. Karena bisa jadi, ini akan hanya akan mendorong kekasih meninggalkan Anda. Berikut adalah pertanda bahaya dan mungkin bisa dijadikan sinyal adanya kecurangan, seperti dikutip di laman Shine: Sulit memang untuk memastikan kecurangan yang dilakukan pasangan sekaligus melindungi diri dari perasaan negatif. Sebaiknya tingkatkan kewaspadaan dan perhatikan seksama perasaan dan hubungan kalian.

Gelisah saat menerima telepon dan SMS
Idealnya, kita akan terbuka membicarakan segala hal yang penting dengan pasangan. Sebagian besar orang juga merasa tak khawatir mengenai siapa yang menelepon atau mengirim pesan pendek. Tapi, jika Anda menyaksikan pasangan terlihat gugup dan menjauh saat menerima telepon atau pesan pendek, itu mungkin pertanda bahaya. 

Dia sering 'menghilang' tiba-tiba
Jika dia menghilang, bepergian, atau tidak bersedia mengatakan kemana tujuannya, wajar saja Anda mulai bertanya-tanya apakah ia sedang tertarik pada sesuatu. Bila si dia cenderung melakukannya dengan pola tertentu, bisa menjadi tanda bahaya. Karena memang sulit membuat sesuatu yang tak terjadwal terutama hal-hal rahasia.

Aktivitas seks berkurang
Hanya sedikit orang yang dianugerahi kekuatan lebih sehingga memiliki hasrat seksual tinggi. Bila telah melakukannya dengan orang lain atau kecanduan porno --meski tak selingkuh, penurunan hubungan seks merupakan masalah serius dalam hubungan.

Sering berbohong
Jika Anda menangkap basah dia tengah berbohong, kepercayaan Anda padanya secara otomatis akan berkurang. Jangan menyimpan dendam dan memberi maaf merupakan hal terbaik. Tetapi, bila dia seringkali berbohong kecil maupun hingga membentuk pola perilaku, menunjukkan ia memang menyimpan sesuatu.
Insting 
Jangan abaikan indra keenam Anda. Sebagian orang bahkan memiliki bakat merasakan bila ada sesuatu yang salah. Terlepas dari hubungan yang terlihat sekarang baik-baik saja atau memang ada pertanda bahaya, jangan abaikan perasaan Anda. 

Biasanya perasaan menyatakan sesuatu dengan benar, dan insting ini bisa membuat Anda mencari semua permasalahan yang mungkin tak Anda sadari sebelumnya.
• VIVAnews

Rabu, 21 September 2011

Lima Kota Paling Hijau di Indonesia

Taman Persahabatan di Surabaya
RABU, 21 SEPTEMBER 2011, 10:28 WIB
Arfi Bambani Amri
VIVAnews - Lima kota dinobatkan yang sebagai daerah terhijau di Indonesia untuk 2011. Lomba bertajuk Indonesia Green Region Award (IGRA) ini diselenggarakan oleh Kantor Berita Radio KBR68H bersama Majalah SWA untuk kedua kalinya tahun ini.


Dari 36 peserta IGRA 2011, dihasilkan 10 finalis yakni Kota Surabaya (Jawa Timur), Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta), Kota Denpasar (Bali), Kota Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Kota Banda Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam), Kota Payakumbuh (Sumatera Barat), Kabupaten Kuningan (Jawa Barat), Kabupaten Berau (Kalimantan Timur), Kabupaten Jepara (Jawa Tengah), dan Kabupaten Gorontalo (Gorontalo). Dari hasil seleksi yang dilakukan dewan juri, lima kota/ kabupaten yang menjadi pemenang adalah Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palangkaraya, dan Banda Aceh.


Para finalis ini sebelumnya diundang untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Sayangnya, satu perwakilan dari finalis tidak bisa hadir. Sonny Keraf, salah seorang juri IGRA 2011, berharap semoga ajang ini dapat meningkatkan keseriusan pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan yang juga melibatkan masyarakat.


“Hal yang menarik saya tangkap dalam berbagai kasus di ajang ini adalah upaya hukum dalam arti pemaksaan yang top down ternyata tidak efektif. Hukum hanya bisa efektif kalau bottom up yang mana melalui proses kesepakatan pemerintah dengan masyarakat yang kemudian bisa diformalkan menjadi aturan bersama,” kata mantan Menteri Lingkungan hidup ini.


Kalau dilihat 5 terbaik dalam IGRA 2011, tampak keseriusan mereka dalam mengeksekusi program yang terkait pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup. Surabaya misalnya, di tangan Walikota  Ir. Tri Rismaharini, Kota Pahlawan ini yang tadinya hanya memilik ruang terbuka hijau 9,6% dari total wilayah kota, kini bertambah menjadi 20, 24%. Taman-taman dibangun, aktivitas warga dipusatkan pada lokasi wisata terbuka ini. Hal menarik yang layak dicatat lainnya, ia berhasil mengembalikan 2.500 hektar lahan di kawasan Surabaya Timur yang dijadikan lokasi usaha sesuai dengan fungsi awalnya sebagai kawasan konservasi.

Kemudian Denpasar, Sony menilai, kota itu benar-benar melaksanakan program sebagai kota sepeda. “Itu bisa menjadi kebijakan Denpasar yang mengutamakan sepeda daripada motor atau kendaraan lainnya,” tutur Sony. Denpasar pun cukup maju dalam pengolahan sampahnya. Hal ini bisa dilihat, Pemkot Denpasar sudah cukup lama mewajibkan hotel-hotel di kota ini mengelola sampahnya, termasuk karena partisipasi masyarakat.

Demikian juga dengan Kota Yogyakarta, prestasi yang diraih dalam rangka penyelamatan lingkungan, di antaranya, melalui program 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle) mampu mengurangi sampah sebesar 28,3% dari total sampah harian kota ini sebanyak 242 ton per hari, sudah merealisasikan pembuatan kurang lebih 250 ribu lubang biopori di seluruh Kota Yogyakarta dari target 1 juta lubang biopori, melakukan pembebasan tanah 25 kelurahan (55% dari 45 kelurahan) untuk public space (taman kota), masing-masing seluas 500 m2, dan merevitalisasi kawasan sungai sebagai wisata air.

Sementara itu, Pemkot Palangkaraya berhasil menjadikan hutan kota rawa gambut alami yang terluas di Indonesia, menyediakan kawasan hutan sebagai laboratorium hutan alam gambut yang dikelola oleh Universitas Palangkaraya, menjalankan program Hutan Kelola Masyarakat Lokal, pencadangan hutan kelurahan dan membentuk tim serbu api kelurahan.



• VIVAnews

puisi sahabat

Katakan Rahasiamu Sahabat

Hatiku tak bisa tenang hari ini
Pikiranku melayang bagaikan layang-layang
Pandanganku menerawang tak karuan
Jiwaku terpaku menunggumu

Mengapa kau datang terlambat hari ini?
Tak biasanya kau seperti ini
Diam dan termenung
Menerawang jauh di alam
Dan seperti ada pikiran yang jauh diasana

Mengapa kau tak mengatakan apapun padaku
Tak biasanya kau diamkan aku seperti ini
Tak biasanya kau termenung denganku
Apa kau mempunyai masalah yang kau rahasiakan?

Sobat.
Katakana apa yang ada
Jangan kau rahasiakan padaku
Kita telah lama saling mengenal
Tak seharusnya kita menjauh

Tidak semua masalah itu perlu dihadapi sendiri
Berbagilah untuk meringankannya
Katakana pada sobatmu ini
Agar ku bisa membantumu
Sungguh aku tak tega melihatmu
Yang berubah tak seperti biasanya
Katakanlah…
Bicaralah…
Jangan kau pendam sendiri

Mungkin kamu ingin merahasiakknya padaku
Atau kau ingin ku tak mengetahuinya?
Tapi aku tetap akan menunggu pintu rahasiamu
Yang bisa ku buka atas kemauanmu
Kan kutunggu hatimu
Untuk mendekat padaku
Agar aku bisa merasakan apa yang kau rasa

Satu jam
Semalam
Sehari
Atau setahun
Kau akan merahasiakan ini
Yang pasti ini akan membuatku tak tenang
Tak tenang karena sikapmu

Katakanlah
Akan kudengan dengan jelas
Kan kita bagi bersama bebanmu
Biar hatiku tenang melihatmu

Senin, 19 September 2011

Dua Wanita Yang Ku Cinta

Dua wanita pujaan hatiku
Hari ini kalian benar-benar mengisi hari ku
Sejuta puisi memenuhi memoriku
Baratus sms tertulis namamu,
Kalian berdua
Apa gerangan yang membuat kalian dekat denganku hari ini?

Ku akui ku mendua pada kalian
Tapi tak ada sedikit rasa tuk menyakiti kalian
Dua rasa ini tak seharusnya ada
Tapi ini muncul begitu saja

Dulu ku mengenalmu sebagai teman baikku
Sebagai sahabat kecilku
Sebagai saudara sebangsa setanah airku
Sebagai cinta yang terpendam begitu dalam

Dulu ku mengenalmu sebagai temanku
Teman berbagi dan membagi
Sebagai orang yang sama-sama menghormati
Dan orang yang membuatku langsung jatuh hati

Kalaian memang cinta Hawa ku
Yang tlah membawa sebagian hatiku
Tapi tak satupun kalian yang tahu
Bahwa aku mendua di blakang kamu-kamu

Maafkan aku yang tlah berbohong
Tapi tak sepantasnya aku bengong
Seharusnya ku pilih satu dari kalian
Tapi hati ini masih belum bisa berbohong
Bahwa aku masih mencintai kalian berdua
Dari lubuk hati
Dari dalam diri

Maafkan aku kawan
Aku takkan memilih kalian
Karna hariku masih ingin mendua
Diantara dua wanita
Yang sama-sama kucinta
Yang seharusnya tak ada

Kubiarkan waktu terus berlalu
Kubiarkan waktu yang memilih
Kubiarkan rasa cinta ini mengalir
Kubiarkan ini berjalan apa adanya
Kawan…

Minggu, 18 September 2011

Pelangi Hidup 18September2011

Pelangi indah karna warnanya
Manusia indah karna perbedaannya
Memang dunia indah karna berjuta warna yang dimilikinya
Tetapi tetap saja ada warna yang tak disukai tiap manusia
Dan ada pula warna yang sangat disukai oleh manusia melebihi  warna-warna lain

Hal ini sama hanya diriku akan kalian semua
Kalianlah warna hidupku ini
Ada yang kusuka dan ada yang kubenci
Tapi itu semua yang membuat hidupku berarti

Kalian lah yang membuat lukisan hidup ini menjadi indah
Indah karna suka, duka, benci, cinta, dendam, amarah dan kasih sayang
Buakan berarti aku benci lalu tak menganggap kalian
Bukan dendam yang dapat meluluhkan hidup kalian
Bukan juga amarah yang dapat membunuh kalian dari hidupku
Tapi benci yang ahirnya membuat cita kita
Dendam yang mempersatukan kita
Dan amarah yang menyejukkan hati kita

Bagaikan hitam dan putih
Merah biru
Dua warna yang berbeda
Tapi jika salah satu warna tak ada
Apalah arti satu warna yang lain

Begitu juga hidup ini
Ada suka ada duka
Ada benci ada cinta
Yang kan selalu mengisi hidup ini
Dan akan selalu ada di sisi hidup ini

Kau memang membuat hari ini berantakan
Kau yang juga membuatku tak bisa tidur semalaman
Tapi dibalik hari ini
Pasti suatu saat ku akan tahu apa yang kau inginkan
Dan kita akan bisa hidup berdampingan

Semoga waktu itu cepat datang
Agar aku bisa hidup dengan tenang
Ku doakan agar kau segera tahu apa yang ku katakana
Agar kita bisa saling menghargai sebagai mahluk tuhan
Amin…

Sabtu, 17 September 2011

pergi dan semoga kembali


dua manusia yang selalu menghebohkanku hari ini telah meninggalkanku
bukan berarti mereka pergi karana membenciku
tapi mereka pergi untuk mencari jalan hidup masing-masing
memang awal kami dulu sangatlah buruk
tapi setelah itu semuanya menjadi luar biasa
kutahu merekalah sahabat sekaligus sodaraku
yang akan selalu mengisi hari-hariku
dan aku tahu suatu saat kita akan berpisah
berpisah karena masa depan masing-masing
sekarang satu telah ke Riau dan satu telah ke Tanggerang
kami berpisah demi masa yang kami inginkan

ya Allah ya Tuhan Kami...
jika kita berjodoh pertemukan kami berenam suatu saat nanti
pertemukan kami untuk mengenang masa-massa kami
mengenang yang tlah terjalin di antara kami
mungkin memang semuanya sulit terjadi
tapi kuharap suatu saat nanti kami dapat bertemu kembali

untuk yang di Riau ingat pesan kami
untuk yang di Tanggerang jangan lupa hubungi kami
dan yang masih ada di sini jangan lupakan mereka disana
jangan sampai hubungan kita terputus sampai disini saja

hidup akan terus berjalan sesuai rencana yang ada
kadang semuarencana tak sejalan yang diharpkan
tapi jangan pernah kita menyerah
ingat, Tuhan yang akan selalu menjaga kita
menjaga umat yang taat kepadaNya.

17  September 2011
22.15 wib

Kamis, 15 September 2011

Cerpen: rokokku

Udara malam ini begitu dingin. Angin yang cukup kencang menambah dinginnya udara di malam ini. Padahal ini bukan daerah pengunungan yang udaranya dingin, di sini juga bukan daerah pantai yang berangin.  Tapi malam ini benar-benar udara terasa dingin hingga terasa menusuk tulang. Padahal tadi siang udara terasa panas sekali tapi malam hari terasa dingin. Langit yang berbintang tanpa mendung serasa tersenyum menatapku yang sedang asik duduk di teras kamarku ini sambil menggigil kedinginan.
Ku ambil sebatang rokok di laci almari di kamarku. Kunyalakan api dan rokok mulai ku sedot. Kepulan asap keluar dari hidung dan bibirku. Rasa hangat dan segar mulai terasa di paru-paruku. Lalu aku keluar lagi ke teras kamar yang memang berada di lantai dua rumahku. Ku pandang hektaran sawah berada di hadapanku gelap dan sunyi. Rumahku memang berada di pinggiran kota yang persis berhadap-hadapan dengan sawah. Yang memisahkan rumahku dengan sawah hanya halaman depan dan jalan yang cukur untuk dua mobil.
Berkali-kali asap rokok keluar dari mulut dan hidungku. Aroma tembakau sering tercium di indraku. Sambil mendengar MP3 yang menyanyikan lagu Hingga Ahir Waktu milik Nineball ku nikmati malam sendiri ini. Semua orang di rumah sedang pergi. Orang tuaku sedang ada acara keluarga dan kakakku sedang ada tugas kantor di luar kota.
Tak ada orang yang tau aku seorang perokok, aku merokok secara diam-diam. Belum peranah aku merokok di depan umum apalagi di depan anak kecil. Bukannya aku takut ketahuan orang rumah kalau aku merokok, mereka tak melarangku untuk merokok. Orang tuaku memberikan kebebasan untukku karena aku sudah di anggap dewasa. Aku seorang mahasiswa semester empat yang sudah cukup umur untuk mengetahui apa yang baik dan tidak, tahu yang benar dan salah jadi hidupku adalah hidupku sendiri. Hidupku sebagian besar sudah menjadi tanggung jawabku sendiri.
Biasanya aku merokok ketika tak ada seseorangpun di sekitarku dan lebih seringnya aku merokok ketika otakku sedang setres. Setres memikirkan ujian, tugas atau memikirkan ulah si Septy kekasihku. Dalam sebuah situs internet dikatakan di dalam rokok terdapat Nikotin sebagai obat gangguan kejiwaan. Merokok dianggap sebagai salah satu bentuk terapi untuk gangguan kejiwaan. Sudah tiga tahun aku melakukan kegiatan ini merokok secara diam-diam. Ada beberapa hal yang membuatku melakukannya. Dan yang paling utama karena rasa malu. Dulu ketika SMA kelas satu ada kegiatan diskudi tentang rokok dan pada saat itulah aku menolak mentah-mentah penggunaan rokok. Dan di depan umum itulah aku melarang keras penggunaan rokok di sekolah. Dan sekarang aku malah ketagiah oleh rokok itu sendiri. Makanya aku sangat malu kalau ketahuan merokok. Apalagi kalau sampai yang mengetahuinya teman sekelasku waktu SMA.
Lalu alasanku yang kedua karena keluargaku. Di keluargaku tidak ada seorangpun yang merokok. Ayahku, kakakku, kakek dan pamanku tak ada yang merokok. Karena itu aku merasa malu jika aku ketahuan merokok yang aku kawatirkan kalau aku dianggap anak yang urakan di keluargaku, di anggap negatif oleh saudaraku, oleh sepupuku ataupun orang lain. Keluargaku sangat jauh dari yang namanya rokok kecuali aku dan kakakku. Kalau aku jelas karena aku seorang poerokok tapi kalau kakakku beda dia lumayan dekat dengan yang namanya tembakau bahan baku rokok. Kakakku adalah seorang pekerja kantoran yang bekerja di sebuah perusahaan rokok yang sangat ternama di Indonesia. Makanya aku bilang kakakku cukup dekat dengan yang namanya rokok karena dia bekerja di perusahaan rokok.
Entah mengapa aku dulu merokok sehingga membuatku ketagihan seperti ini. Pada awalnya dulu aku Cuma ingin mencoba saja. Aksi merokok ku yang pertama adalah ketika aku mendapat rokok dari tetanggaku yang sedang punya acara pernikahan dan aku diminta menjadi penerima tamunya. Dan seperti biasanya kita yang di minta bantuan di kasih rokok satu pak. Setiba di rumah aku bingung mau di apakan rokok itu. Lalu entah setan dari mana membawa pikiran untuk mencobanya. Ketika semua sudah tidur aku diam diam keluar rumah dan mencoba merokok yang pertama kalinya. Pada hisapan pertama kurasakan kesegaran di dadaku lalu rasa sedikit hangat di badan. Lalu ketika sebatang rokok telah ku hisap kurasakan sesansi yang unik. Ada rasa asin, manis, asam, pahit dan sedikit pedas di mulutku. Rasanya semua indra perasa di mulutku saat itu aktif secara bersamaan. Dan itulah yang membuatku ketagihan. Sedangkan yang membuatku merasa anah saat itu adalah mengapa aku tidak batuk-batuk. Padahal semua orang pada waktu merokok pertama kali pasti batuk-batuk.
Beberapa menit setelah menghabiskan tiga batang rokok untuk yang pertama kalinya perutku merasa melilit. Perutku terasa agak sakit seperti sakit mag. Ini diakibatkan tubuhku belum terbiasa menerima zat-zat yang baru pertama kali di terimanya. Efek samping ini baru aku ketahui beberapa bulan setelah aku mencari tahu lewat internet. Dan efeksamping itu hampir membuatku kapok untuk tidak mencoba nya lagi. Tapi karena sensasi pada waktu merokok sangat nikmat hingga kenikmatan dari sensasi itu masuk dalam bunga tidurku aku menjadi mencoanay lagi. Tapi rasa mual itu sudah tak ada lagi. Sehingga membuatku merokok lagi dan lagi.
Aku tahu rokok itu tidak baik untuk tubuh. Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan aku dan pengguna rokok lain sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok. Selain itu merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.
            Aku juga tahu dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini. MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Tapi entah mengapa aku dulu sampai berani untuk mencobanya. Padahal aku sudah tahu bahaya-bahaya itu sejak dulu sejak aku masih SMP.
            Pada dasarnya aku memang ingin sekali untuk berhenti merokok tapi rasanya sulit sekali. Dulu aku pernah berusaha untuk tidak merokok. Tapi nyatanya aku hanya dapat bertahan selama seminggu tidak lebih mungkin malah kurang karena tidak sampai 168 jam. Rokok telah membuatku benar-benar ketagihan. Dia bagaikan setan yang menghantuiku setiap waktu. Setiap aku mencium aroma asap tembakau dari orang lain lidahku mulai terasa gatal. Setiap aku melihat asap yang keluar dari mulut orang lain tenggorokanku terasa mulai mengering. Dan setiap kali ada udara dingin yang lewat membuatku teringat padanya. Karena itu aksi berhenti merokokku gagal total. Dan karna seringnya aku melihat seorang perokok aku menjadi selalu menginginkannya.
 Aku tidak mau ada orang yang merokok atau mencoba merokok. Aku takut kalau orang yang aku sayangi menjadi perokok sepertiku. Cukup aku saja yang menjadi perokok. Cukup aku saja yang kecanduan rokok. Makanya aku sembunyi-sembuni merokok. yang aku takutkan kalau aku ketahuan merokok dapat membuat orang lain menjadi ingin merokok sepertiku. Ini alasanku yang ketiga mengapa aku merokok secara sembunyi-sembunyi.
Dulu aku juga pernah mengikuti saran teman kuliahku untuk mengganti aktifitas merokok dengan mengunyah permen karet. Agar rasa rokok tetap ada di dalam mulut aku di anjurkan membeli permen karet yang mempunyai rasa dan aroma yang mendekati rokok walaupun harganya lebih mahal dari permen lain. Tapi saran itu sangat tidak berguna. Jelas saja, karena rokok dan permen karet itu sabgat berbeda. Walaupun permen karet itu rasanya dan aromanya hampir sama dengan rokok tapi cara penggunaanya sangat berbeda. Rokok itu cara menggunakannya di hisap sedangkan permen karet di gigit. Sedangkan kegunaan permen karet itu tidak bisa menggantikan peran rokok dalam hidupku. Permen karet tidak bisa menenangknku saat aku sedang setres.
Lagu Hingga Ahir waktu milik Nineball  telah berganti dengan lagu milik Ressa Herlamnang menyesal. Lagu itu membuatku semakin menyesal di malam ini karena telah mencoba merokok tiga tahun yang lalu. Penyesalan itu selalu menyelimutiku ketika aku melihat anak kecil yang sudah merokok. Anak itu bernama Andri. dia tetanggaku usianya baru 15 tahun tapi dia sangat fasih merokok. Kalau boleh di bilang aku kalah dengannya soal rokok. Dia bisa habis tiga pac sehari sedangkan aku sehari maksimal tiga batang. Aku tak pernah mau lebih dari itu.
Anak itu sebenarnya bukan dari keluarga yang brokenhome ataupun dari keluarga yang kaya yang suka menghambur-hamburkan uang. Aku pun memperkirakan karena di salah pergaulan di lingkungan sekolah. Kalau lingkungan rumahku tak mungkin. Karena kebiasaan di kampungku ketika merokok mereka menjauh dari anak-anak. Aku berpikir bagai mana dia bisa mendapat tiga pac rokok sehari? Mana mungkin uang sakunya dapat membeli rokok sebanyak itu. Aku saja yang sudah mahasiswa hanya dapat membeli rokok yang murahan tiga hari sekali. Itupun kalau tugas tidak menumpuk.
Aku pernah taksengaja melihat anak itu mencuri jam tangan. Ceritanya waktu itu aku sedang ke salon untuk memotong rambut. Dan pemilik salon itu adalah pamanya Andri. Kadang andri sering main ke situ sambil membantu pamannya. Lalu ada seorang pelanggan salaon yang ingin potong rambut seperiku. Entah dengan alasan apa paman itu melepas jam tangannya dan menaruhnya di meja salon itu. Dari pantulan di cermin depanku aku melihat kejadian selanjutnya. Andri berpura-pura membersihkan meja tersebut lalu ketika si empunya jam tangan itu memejamkan mata untuk sekejam jam tangannya sudah masuk dalam kantong si Andri.
Bukannya aku menghiraukannya atau membiarkannya mengambil jam itu tapi karena si empunya jam tangan aja membiarkannya saja. Malahan si empu bilang “jam murahan aja hilang juga ga papa!” jadi aku juga membiarkannya. Yang punya aja tidak mencarinya aplagi aku yang bukan pemiliknya.
Walau keadaan memang begitu tapi aku masih ada rasa bersalah karena membiarkannya. Lalu pada suatu malam aku menemui Andri untuk membicarakan masalah itu. Aku memilih tempat di masjid kampung kami. Setelah sholat Isak aku menemuinya. Biar dia tidak merasa tersinggung aku mengajaknya bicara macam-macam mulai masalah bola yang sedang hebok sekarang hingga masalah cewek. Lalu pada masalh utama yaitu masalah pengambilan jam itu.
Aku mengatakan padanya semua yang telah aku liat saat hari itu. aku mengatakannya secara santai biar dia tidak tertekan. Pertama-tama diamemang mengelak semua yang ku bicarakan. Tetapi setelah ku yakinkan dan aku berjanji padanya dia mengatakan semuanya dan juga mengakuinya. Dan seperti yang telah aku duga alasannya adalah rokok. Dia ketagihan rokok padahal dia tidak mempunyasi unang.
Ketika kutanya padanya alasna dia merokok dia malah menjalaskan padaku panjang lebar. Menurutnya pertama sebagai cemilan sebelum makan. Katanya rokok bisa dibilang jajanan yang super rendah kalori, rendah lemak, rendah apa aja yang bisa bikin badan melar. Karena waktu itu dia sedang diet untuk pdkt dengan si korban. Kedua sebagai teman belajar. Menurutnya rokok berfungsi sebagai motivator dan penghilang stress dan aku mengakui kalau masalah ini. Lalu setelah itu dia mulai ngacu dengan alasan-alasannya. Katanya sebagai teman kopi panas atau teh poci plus gosip plus lagu dangdut belum lengkap kalo ga ada rokok. Sebagai pengganti uang tips lah. Lalu buat gaya menurutnya rokok bisa berfungsi buat memikat para cewek. Kayak di film-film, cowok yang lumayan bisa disebut perokok yang elegan dan profesional pasti keliatan keren. “Bayangin kalo si cowok pegang lolipop. Ga lucu kalii…” katanya padaku sambil tertawa terbahak-bahak.
Mungkin rokok bisa membuat orang bertindak kriminal. Harga rokok yang cukup mahal dan efek ketagihan membuat orang bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan rokok. Akibat kronik yang paling gawat dari penggunaan rokok adalah ketergantungan. Sekali seseorang menjadi perokok, akan sulit mengakhiri kebiasaan itu baik secara fisik maupun psikologis. Merokok menjadi sebuah kebiasaan yang kompulsif, dimulai dengan upacara menyalakan rokok dan menghembuskan asap yang dilakukan berulang-ulang.
Karena sifat adiktifnya (membuat seseorang menjadi ketagihan) rokok dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM IV) dikelompokkan menjadi Nicotine Related Disorders. Sedangkan WHO menggolongkannya sebagai bentuk ketagihan. Proses farmakologis dan perilaku yang menentukan ketagihan tembakau sama dengan proses yang menimbulkan ketagihan pada obat, seperti heroin dan kokain.
Nikotin mempunyai sifat mempengaruhi dopamin otak dengan proses yang sama seperti obat-obatan tersebut. Dalam urutan sifat ketagihan zat psikoaktif, nikotin lebih menimbulkan ketagihan dibanding heroin, kokain, alkohol, kafein dan marijuana. Menurut Flemming, Glyn dan Ershler merokok merupakan tingkatan awal untuk menjadi penyalahguna obat-obatan (drug abuse). Mencoba merokok secara signifikan membuka peluang penggunaan obat-obatan terlarang di masa yang akan datang.
Berdasarkan data epidemiologi diketahui kurang lebih 20% dari perokok memiliki risiko delapan kali menjadi penyalahguna NAPZA, dan berisiko sebelas kali untuk menjadi peminum berat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Perhatian khusus mengenai masalah ini dikaitkan dengan meningkatnya jumlah perokok remaja.
Kebanyakan perokok adalah dari kalangan ekonomi rendah. Sudah tahu ekonomi mereka rendah tapi mereka tetep membeli rokok. Jika uang untuk membeli rokok di gunakan untuk membeli mekanan mungkin cukup membantu. Sebungkus rokok harganya sekitar Rp 6000 – Rp 13.000 dan bila beli batangan Rp500 - Rp1000 per batang. Tapi begitulah manusia apapun yang menurutnya enak untuk di nikmati dia beli walau harganya mahal.
            Tiga batang rokok telah aku selesaikan. Tiga batang adalah batas yang maxsimal yang ku buat sediri untuk urusan rokok dalam sehari. Aku berusaha tidah merokok lagi setelah habis tiga batang. Dan semoga ini adalah rokok terahirku dalam hidupku semoga besok atau nanti aku tidak tergiur rokok lagi. Doakan aku. 

Selasa, 13 September 2011

Penyakit Pada Ternak Scabies



BAB I PENDAHULUAN


  LATAR BELAKANG
Salah satu hambatan dalam rangka meningkatkan produktivitas ternak adalah adanya berbagai penyakit yang merupakan faktor yang langsung berpengaruh terhadap kehidupan ternak. Penyakit pada ternak dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.  Karena selain merusakkan kehidupan ternak, juga dapat menular kepada manusia (zoonosis). Kerugian ekonomi akibat serangan penyakit dapat ditekan jika diagnosa dan pengobatan dilakukan sedini mungkin, secara cepat dan tepat agar penyakit tidak menyebar ke ternak lain.
Scabies  merupakan  penyakit  parasit  menular pada kulit yang disebabkan oleh tungau parasit Sarcoptes scabei. Penyakit Scabies adalah penyakit pada ternak yang dikenal oleh masyarakat petani peternak disebut Kudis.  Ternak yang terserang penyakit ini  akan mengalami penurunan kondisi terutama berat badan,  penurunan kualitas daging atau karkas, kerusakan dan penurunan nilai kulit. Selain  kerugian ekonomis tersebut, penyakit ini juga sangat merugikan karena  bersifat zoonosis yaitu penyakit yang dapat menular kepada manusia. 

BAB II PEMBAHASAN

A.      Nama Penyakit dan Penyebabnya
Di Indonesia nama penyakit scabies sering disebut kudis, penyakit gudig wesi (jawa tengah), buduk (jawa barat), katalu kabusu (sulawesi selatan). Disebut juga gatal agogo atau disko, hal ini kemungkinan karena penderita menggaruk badanya yang gatal menyerupai orang yang menari.
Scabies merupakan penyakit kulit dengan jumlah kasus yang relatif tinggi pada hewan ternak, hewan piaraan dan beberapa hewan liar. Gejala khas penyakit ini berupa gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei (Walton  et al., 2004). Tungau  Sarcoptic pada hewan piaraan pada dasarnya adalah sama dengan pada manusia. Sebagian besar infestasinya adalah pada bagian tubuh yang tidak ditumbuhi rambut atau bagian tubuh dengan rambut yang pendek. Infeksi sekunder oleh bakteri umum terjadi dan menyebabkan gejala penyakit menjadi lebih parah (Schmidt dan  Robert, 2000). Scabies  adalah  penyakit  zoonosis  yang  menyerang  kulit, mudah  menular  dari  manusia  ke  manusia,  dari  hewan  ke  manusia atau sebaliknya, dapat mengenai semua ras dan golongan di seluruh dunia  yang  disebabkan  oleh  tungau  (kutu  atau mite) Sarcoptes scabiei (Buchart, 1997; Rosendal 1997).
Tungau Sarcoptes scabei ini besarnya 0,2-0,24 mm untuk yang jantan, sementara betina 0,33-0,6mm. Perkembangbiakan tungau terjadi dengan cara bertelur, sekali bertelur mencapai 40-50 butir. Kutu betina masuk ke bawah kulit dengan merusak kulit bagian atas (Masanto, R; Agus, A 2010). Siklus hidup tungau ini sebagai berikut. Setelah kopulasi (perkawinan) yang terjadi di atas kulit, yang jantan akan mati, kadang-kadang masih dapat hidup beberapa hari dalam terowongan yang digali oleh betina. Tungai betina yang telah dibuahi menggali terowongan dalam stratum korneum (lapisan tanduk), dengan kecepatan 2-3 mm sehari dan sambil meletakan telurnya 2 atau 4 butir sehari (dalam kelompok-kelompok) sampai mencapai 40-50. Bentuk betina yang dibuahi ini dapat hidup sebulan lamanya. Telur akan menetas, biasanya dalam waktu 3-5 hari, dan menjadi larva yang mempunyai 3 pasang kaki. Larva ini dapat tinggal dalam terowongan, tetapi dapat juga keluar. Setelah 2-3 hari larva akan menjadi nimfa yang mempunyai 2 bentuk, jantan dan betina, dengan 4 pasang kaki. Seluruh siklus hidupnya dari mulai telur sampai bentuk dewasa memerlukan waktu antara 8-12 hari (djuanda, Adhi. 2007).
 Penyakit Scabies dapat menyerang ternak kambing yang dipelihara pada kandang yang sangat kotor akibat kurang terawat, pada kondisi lingkungan yang tidak hygienes dan pada ternak yang mempunyai kondisi tubuh jelek. Gejala klinis dari penyakit scabies ini adalah gatal-gatal pada daerah yang terserang, kulitnya merah menebal, berkeropeng-keropeng, bulunya rontok, dan badannya kurus. Rasa gatal biasanya dimulai dari bagian kepala, bibir, dan berlanjut pada bagian tubuh lain yang terserang. Selanjutnya efek yang ditimbulkan berupa kerusakan kulit, kekurusan dan kalau tidak segera diobati, ternak akan mati merana (Sarwono, 2002). Penyakit ini banyak terjadi pada sapi, kambing, kelinci, dan babi pada segala umur. Pada umumnya muncul pada kandang lembab dan kotor. Karna kegatalan kemudian digosok-gosokan pada tempat tertentu, apabila ada ternak lain yang menempel pada tempat gosokan, maka kutu akan terbawa dan berkembang biak pada ternak yang baru. Bagian tubuh. Yang sering diserang adalah muka, telinga, leher, dan pangkal ekor. Karena merasa gatal maka ternak akan gelisah menggosok-gosok dan menggigit-gigit, sehingga nafsu makan berkurang sehingga kurus, lemah, dan mati (Subagyo, 2009).
Kelainan kulit dapat disebabkan tidak hanya oleh tungau scabies, tetapi juga oleh penderita sendiri akibat garukan. Gatal yang terjadi disebabkan oleh sensitasi terhadap sekreta dan ekskreta tungau yang memerlukan waktu kira-kira sebulan setelah infestasi. Pada saat itu kelainan kulit menyerupai dermatitis dengan ditemukanya papul, vesikel, urtika dan lain-lain. Dengan  garukan dapat timbul erosi, ekskoriasi, krusta dan infeksi sekunder (djuanda, Adhi. 2007).
A.      Gejala klinis
1.         Menggaruk dan menggosok pada benda keras
Karna kegatalan kemudian digosok-gosokan pada tempat tertentu, apabila ada ternak lain yang menempel pada tempat gosokan, maka kutu akan terbawa dan berkembang biak pada ternak yang baru.
2.         Kerusakan kulit pada moncong, leher, bahu, telinga, permukaan paha, punggung, kaki dan pangkal ekor.
Sebagian besar infestasi Tungau  Sarcoptic  adalah pada bagian tubuh yang tidak ditumbuhi rambut atau bagian tubuh dengan rambut yang pendek. Kemudia ditemukan terowongan (kunikulus) pada tempat penderita berbentuk garis lurus atau berkelok, rata-rata panjang 1 cm, pada ujung ditemukan papul atau vesikel
3.         Pada hewan muda pertumbuhan terganggu
Karena merasa kegatalan maka ternak akan gelisah menggosok-gosok dan menggigit-gigit menyebabkan nafsu makan berkurang dan pertumbuhan terganggu
4.         Ditemukan tungau
Merupakan hal yang paling diagnostik. Dapat ditemukan satu atau lebih stadium hidup tungau ini. Cara menemukan tungau diantaranya : 1) carilah mula-mula terowongan, kemudian pada ujung yang terlihat papul atau vesikel dicongkel dengan jarum dan diletakan diatas sebuah kaca obyek, lalu ditutup dengan kaca penutup dan dilihat dengan mikroskop. 2) dengan cara menyikat dengan sikat dan ditampung diatas selembar kertas putih dan dilihat dengan kaca pembesar (djuanda, Adhi. 2007).
A.      Pencegahan dan pengobatan
1.         Pencegahan
a.    Biosecurity
Biosecurity adalah usaha untuk menjaga lingkungan peternakan dari masuknya agen penyakit, menjaga tersebarnya agen penyakit dari daerah tertentu, dan menjaga agar suatu penyakit tidak menyebar di dalam daerah tersebut. Program ini direncanakan untuk membatasi timbulnya penyakit menular kedalam kelompok ternak dan penyebaran penyakit dari bahan-bahan dari luar dan juga dari kelompok ternak itu sendiri. Tahapan biosecurity antara lain :
·         Pembelian ternak yang baru dari peternakan secara langsung tanpa perantara.
·         Alat pengangkut ternak haruslah bersih dan harus sudah didesinfektans.
·         Ternak yang baru datang dapat perlu dikarantina selama satu bulan sebelum masuk ke kelompok lama.
·         Pengamatan dilakukan secara periodik untuk kutu, kuku dan berat badan.
·         Pemberian vaksinasi dan obat cacing pada ternak yang baru datang sebelum dimasukan karantina.
b.    Kebersihan
Pencegahan untuk menghindari penyakit skabies adalah dengan membersihkan kandang dan memandikan ternak secara periodik, kemudian jangan biarkan kotoran menumpuk, serta membuang sisa hijauan. Sebelum digunakan kandang perlu disemprot dengan desinfektan dan dibiarkan kosong selama kira-kira 15 hari.
2.         Pengobatan
Kambing yang terserang scabies harus segera diasingkan dan dirawat di tempat yang hangat dan diberi ransum yang bergizi dan diobati. Kandang dibersihkan dengan desinfektan sampai bersih supaya tidak menular ke yang lain. Salah satu cara pengobatan yang biasa di dilakukan pemilik dengan menggunakan wormectin injeksi. Mula-mula dilakukan pencukuran bulu rambut disekitar luka, kemudian bersihkan dengan kapas yang dikasih alkohol lalu dilakukan injeksi subkutan (dibawah kulit). Biasanya setelah beberapa hari dengan penanganan yang tepat maka penyakit ini akan sembuh.
Pengobatan lain dapat dilakukan secara topikal. Mula-mula dilakukan pencukuran rambut didaerah yang terserang luka. Kemudian borok-borok luka dibersihkan dengan air hangat, selanjutnya dimandikan dengan air yang telah diberikan bubuk Neguvon. Pengobatan luka dapat menggunakan (salep) caviam atau scabec kemudian oleskan secara teliti karena bibit penyakit ini suka bersarang di tempat tersembunyi. Pengobatan bisa diulangi 14 hari kemudian (Sarwono, B. 2002).
BAB III KESIMPULAN

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penularannya dapat melalui Kontak langsung dengan penderita atau benda tercemar.
Gejala klinis scabies seperti Menggaruk dan menggosok pada benda keras; Kerusakan kulit pada moncong, leher, bahu, telinga, permukaan paha, punggung, kaki dan pangkal ekor; Pada hewan muda pertumbuhan terganggu; Ditemukan tungaul.
Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan biosecurity dan kebersihan. Pengobatan diantaranya dengan cara injeksi dan topikal. 

Pengikut