Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 10 September 2011

Tips Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

          Berat badan yang ideal dan proporsional memang merupakan hal yang di idam-idamkan oleh sebagian besar manusia. Dengan berat yang ideal, seseorang akan senantiasa memiliki kepercayaan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan seseorang yang overweight. Seseorang yang gemuk biasanya terkesan minder, kurang PD bila dibandingkan dengan yang langsing-langsing,  Selain itu, orang yang gemuk juga rawan terkena beberapa jenis penyakit, seperti kolesterol tinggi, Diabetes Mellitus, dll. Berbagai cara dilakukan oleh sebagian besar manusia agar memiliki berat badan yang ideal, entah itu dengan cara diet yang sehat, yang dengan biaya besar (sedot lemak), ataupun dengan cara yang menyiksa (sangat tidak dianjurkan).
    Tips Yang paling popular dalam menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet secara alami, jika anda ke dokter pasti anda akan direkomendasikan untuk diet alami ketimbang harus mengkonsumsi berbagai macam “produk” yang bisa membahayakan. Karena mengkonsumsi suplemen atau bahan-bahan kimia lainnya untuk nenurunkan berat badan sangat berbahaya bagi tubuh, terutama pada hati untuk mencegah terjadinya toksinasi dalam tubuh.
       Sekeras apapun usaha anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan tanpa mengetahui tips-tipsnya  dan dengan niat yang sungguh-sungguh dan yakin kalau diet akan berhasil, rasanya tidak akan maksimal hasilnya. Tips-tips diet menurunkan berat badan sebenarnya sangat banyak, disini akan saya  tulis beberapa tips yang relatif berperan penting dalam diet menurunkan berat badan Anda.
1.Hindari lemak dan kurangin karhobidr
Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang program menurunkan berat badan, jadi jangan hilangkan asupan karbohidrat ini. Makanlah dengan jumlah karbodihrat yang dikurangin. Perbanyaklah makanan yang berupa rebusan, dan hindari makanan gorengan, ataupun yang menggunakan banyak minyak. Jangan melupakan bahwa ikan bakar dan ayam bakar kadang kadang diolesin minyak, jadi tetap hindarin juga makanan ini karena selain berlemak juga mengandung minyak.

2.Kurangin gula dalam minuman anda dan perbanyak minum air putih.
makanan
Soft drink mengandung gula yang tinggi, berhentilah mengkonsumsi soft drink. Selalu biasakan mengkonsumsi air mineral jika Anda sedang berada di luar. Jika Anda ingin minum teh manis, sesekali tidak apa apa, apabila Anda gemar meminum teh, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hijau ketika diet, karena teh hijau selain menyehatkan badan, juga sangat baik dan mendukung seseorang dalam upaya menurunkan berat badan. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk program menurunkan berat badan.  Selain itu Sebelum makan makanan berat, usahakan meminum dua gelas air putih terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk mengenyangkan kita saat makan, sehingga makan pun jadi tidak perlu terlalu banyak. Jika Anda hobi meminum susu, pilihlah susu yang rendah lemak.

    
3.Makanlah minimal 3x sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif.
Tetaplah untuk makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan menjadi 2x sehari karena justru akan memperlambat metabolisme, bisa-bisa justru terkena maag. Sarapan itu penting, jadi, makanlah di waktu sarapan, bisa nasi ataupun bisa juga diganti dengan roti gandum. Sarapan sangat penting buat menjalani aktivitas seharian, jadi apabila ketika diet orang tersebut tidaklah sarapan, maka hal tersebut dapat menyebabkan rasa LEMAS yang sungguh menyiksa. Tetaplah makan minimal 3x sehari, dengan tentu saja porsi yang sedikit. Melewatkan makan utama merupakan kesalahan dalam diet.  Ketika makan siang tiba, makanlah secukupnya nasi, perbanyaklah buah-buahan serta sayur-sayuran, meminum jus juga dapat dilakukan. Jus yang sangat mendukung diet dapat berupa jus nanas.

4.Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.
Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori. Usahakan makan malam untuk makanan yang berat adalah sebelum jam 18.00 . Perbanyaklah buah dan sayuran setiap kali makan.
5.Olahraga
Banyak yang menganggap bahwa olahraga itu ribet, mahal, dan menyita banyak waktu. Padahal kita bisa berolahraga dengan fleksibel, seperti berlari, aerobic, bersepeda, berenang dan banyak lagi yang tentunya dapat kita lakukan dirumah sekalipun. 

Berlari adalah salah satu aktivitas kardiovaskular terbaik untuk mengurangi berat badan. Orang dengan berat badan 68 kg bisa membakar 893 kalori per jam dengan berlari delapan menit per mil. Sementara berlari selama 10 menit per mil bisa membakar sekitar 731 kalori. Namun olahraga lari belum tentu cocok untuk setiap orang, terutama mereka yang punya masalah disorientasi dan sensitif terhadap aktivitas olahraga keras
Aerobik juga efektif mngurangi berat badan karena mampu membakar banyak kalori berlebih sekaligus memperindah bentuk pinggul dan paha. Orang dengan berat badan 68 kg bisa membakar sekitar 357 kalori lewat latihan aerobik selama satu jam. Namun hasilnya bisa berbeda, tergantung seberapa tinggi aktivitas yang Anda lakukan saat aerobik.  Dengan bersepeda Orang dengan berat 68 kg bisa membakar kalori antara 560 sampai 850 per jam, dengan bersepeda sekitar 15 sampai 18 mil per jam. Bersepeda adalah olahraga menurunkan berat badan yang hampir bisa dilakukan semua orang karena kecil kemungkinannya menyebabkan cidera pada otot.

6.Pagi hari  untuk berolahraga.
Berlatih pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran yang utama akan mengambil dari lemak anda. Selain itu olah raga di pagi hari juga mempunyai banyak manfaat diantaranya      

  • Polusi udara & suara di pagi hari jauh lebih rendah. Ini sangat baik untuk paru-paru, pernapasan, & peredaran darahTemperatur lebih sejuk
  •  Sedikit gangguan dan interupsi yg terjadi akibat pekerja
  • Stamina lebih kuat, konsentrasi & daya tahan tubuh jauh lebih lama. Kebugaran terasa hingga 4-10 jam setelah olahraga
  • Akan memiliki kebiasaan yg tercipta dalam tubuh, seperti bangun sebelum jam latihan tiap paginya. Ini disebabkan kita terpajan matahari yg sama tiap paginya
  •  Membantu meningkatkan denyut nadi & metabolisme, serta membakar kalori dalam tubuh
  • Lebih berenergi secara fisik terutama bagi para ibu yg masih melakukan pekerjaan rumah & mengurus anak sehari penuh
  • Banyak orang yg rajin berolahraga pagi menyebutkan, nafsu makan mereka di siang hari surut, bahkan rasa lapar berkurang.




7. Selalu memilih jalan kaki daripada eskalator.
Pilihlah berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. jika di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

8. Menikmati hidup.
Aturlah semua diet yang meliputin pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan diet .

9.Istirahatlah secukupnya .
Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari, pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur berlebih meningkatkan resiko kematian.

10. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan buffet.
jangan mencoba semua menu makanan saat ada jamuan buffet. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan salad, ingatlah bahwa Anda sedang mencoba cara menurunkan berat badan .

Masih banyak tips diet menurunkan berat badan yang lain yang tentu saja tidak akan muat untuk saya tulis disini. Tips tips diatas katanya tips diet yang berperan besar dalam diet menurunkan berat badan anda.
Masih banyak tips diet menurunkan berat badan yang lain yang tentu saja tidak akan muat untuk saya tulis disini. Tips tips diatas katanya tips diet yang berperan besar dalam diet menurunkan berat badan anda.






by: Alik to kakakku tercinta Dina Septariasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut