Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 29 Februari 2012

Perlukah Bulu Kemaluan Dicukur?




 
Manusia memiliki beberapa tempat tumbuhnya rambut. Rambut kepala, alis, kumis, jenggot, ketiak, dan sebagainya. Tahukah Anda, semua jenis rambut tersebut memiliki fungsi meski mungkin tidak disadari. Termasuk di dalamnya, rambut kemaluan.
Rambut kemaluan bertindak sebagai penjaga kelembaban. Kemaluan manusia sangat sensitif. Dan, pada kemaluan manusia terdapat kelenjar yang penting bagi tubuh.
Fungsi rambut kemaluan ini sangat dirasakan ketika manusia belum mengenal pakaian. Kelembaban organ vital ditangani oleh rambut ini. Dari sisi estetika, rambut tersebut juga sebagai penutup kemaluan itu sendiri.
Namun zaman telah berubah. Dengan adanya pakaian, fungsi rambut kemaluan sebenarnya sudah bisa tergantikan sebagai penjaga kelembaban. Oleh karena itu, tidak mengapa bila rambut tersebut dicukur. Pakaian mampu melindungi tubuh dari masalah tersebut.
Untuk alasan kesehatan dan estetika, sebaiknya bulu kemaluan dicukur atau dipendekkan. Saat Anda berkeringat, bulu tersebut bisa menjadi tempat bersarangnya kuman yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Rambut kemaluan yang tidak dicukur memang berisiko sebagai tempat berkembangnya bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik. Tapi jika dibersihkan dengan benar, bakteri tidak akan berkembang di sana
Namun yang perlu diingat, janganlah member­sihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabut­nya. Sebab, apabila pencabutan hanya akan menimbul­kan lubang pada bekas cabutan tersebut, yang dapat digunakan untuk jalan masuk bagi kuman atau jamur, sehingga dapat menimbulkan iritasi dan penyakit kulit. Bulu kemaluan yang terlalu lebat (tidak pernah dirapikan) juga dapat menjadi tempat tumbuhnya kutu, bakteri, kuman, serta jamur, yang pada akhirnya akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Merapikan di sini mempunyai arti memendekkan sekitar setengah sentimeter dengan menggunakan gunting. Pada saat hendak mencukur, Anda dapat menggunakan busa sabun terlebih dahulu serta menggunakan alat cukur khusus yang lembut. Sebelum digunakan, alat cukur juga perlu untuk dicuci terlebih dahulu dengan sabun dan disiram denganair panas.
Tetapi menurut pasangan wanita terhadap pasangan laki-lakinya yang mencukur bulu tubuh perlu juga diketahui. berikut beberapa panduan mencukur bulu rambut bagi pria.

Sebaiknya rapikan bulu ketiak bukan mencukurnya habis

Untuk alasan kemaskulinan, wanita lebih menyukai pria yang masih mempertahankan atau merapikan bulu ketiaknya. Hindari juga bulu ketiak yang dibiarkan lebat dan tampak seperti hutan. Dengan merapikannya, tak hanya tampak bagus, tapi keringat dan aroma tubuh Anda akan jauh berkurang.

Rapikan bulu-bulu di area dada

Kebanyakan wanita menyukai bulu dada pria, tapi mereka tidak menginginkan bulu dada yang terlalu lebat dan berantakan. Usahakan untuk merapikan bulu dada dengan tetap membiarkan beberapa bulunya dapat terasa saat pasangan mengelus jemari tangannya di dada Anda. Jika pasangan lebih menyukai Anda tanpa bulu dada, sebaiknya bercukur secara rutin untuk membuatnya nyaman berada di dekat Anda.

Sebaiknya rapikan bulu kemaluan bukan mencukurnya habis

Tidak masalah untuk mencukur habis bulu kemaluan jika Anda adalah model busana renang. Tapi wanita menganggapnya sebagai tindakan yang terburu-buru dan sangat tidak oke. Merapikan bulu kemaluan akan membuatnya lebih bergairah untuk bercinta dengan Anda. Lagipula dengan mempertahankan bulu kemaluan, Mr P akan tampak lebih besar dan aroma kurang sedap pun berkurang.
Jika ingin mencukur gunakan gunting untuk mencukur bulu kemaluan, terkecuali jika anda ingin mencukur bersih bulu ini maka sebaiknya anda menggunakan pisau cukur khusus untuk bulu kemaluan. Untuk merapikan, potong perlahan dan hati - hati bulu kemaluan mulai dari area termudah  menurut anda ketika melakukannya. Pastikan gunting cukur yang anda gunakan bersih dan tajam. Perlu diperhatikan, jika anda mencukur bulu kemaluan di malam hari, jangan lupa gunakan penerangan yang cukup. Bila perlu, anda juga dapat menggunakan cermin untuk melihat sisi - sisi yang sulit dijangkau.

Cukur habis bulu punggung dan bahu

Kebanyakan wanita setuju bahwa bulu punggung dan bahu pria menjijikkan. Tak ada alasan logis baginya untuk menyapukan jemari tangannya di area tersebut.

Hindari membentuk pola saat merapikan bulu kemaluan

Guys, sebaiknya hindari semua jenis pola seperti tanda panah, segitiga maupun petir pada bulu kemaluan Anda. Anda tak perlu itu semua untuk mengarahkan pasangan untuk tahu letak Mr P Anda.

Aturan tersebut tidak mengikat karena pasangan yang akan melihat Anda bertelanjang. Sebaiknya konsultasikan kepadanya mana yang harus di pertahankan dan dihilangkan.

Senin, 27 Februari 2012

Zaman sekarang SETIA itu mahal

Seorang Suami (S) dan Gadis penggoda (G) : mereka kenal di sebuah kantin komplex perkantoran, setelah tukar pin, esoknya si gadis mulai bbm

G:Mas hebat ya. Punya usaha sendiri, sukses pula (y)

S:terima kasih ya:).
Esoknya
G menelpon S, sekedar" say halo, kapan ya mas, kita makan bareng lagi?♥♥
S : oke kapan aja boleh:)

Setelah itu mrk masih sering berhubungan melalui BBM n telecom, sesekali juga janjian pergi makan siang bersama.

Hari-hari berlalu, tiada hari tanpa kontak antara mereka. Sampai suatu hari, si gadis BBM, isinya adalah :”Mas.. Sebenarnya aku mencintaimu♥:*, aku tau kamu udah punya keluarga, tapi aku mau menerima kondisi sebagai isteri ke-2, aku siap mas.. dan maaf aku mengganggu perasaanmu..:*

Dengan berat hati S menjawab:
Dik, aku mengerti dan paham maksudmu..:( tapi dengan berat hati aku harus jawab

TIDAK!(y)

aku tau kamu memang cantik, dan aku yakin semua lelaki pasti mengatakan tubuh dan parasmu elok dan cantik.

Tapi.. taukah kamu kenapa aku bisa tampil baik dan sukses usahaku...,taukah kamu kalau dulu aku miskin dan tidak berdaya seperti sekarang..dan taukah kamu siapa yg berperan penting sampai aku mencapai kesuksesan ini ? ..

itu semua karena dorongan dan semangat istriku..

sungguh sangat berdosa

kalau aku harus berselingkuh dengan seseorang yang hanya mengagumiku, karena tau kalo aku sekarang udah sukses...kamu menyukai aku tidak ikhlas, kamu hanya melihat tampilanku semata... padahal ada orang - kesayangan di rumah yang telah bersusah payah mendorong aku agar selalu tampil sebaik mungkin, dia adalah isteriku tercinta,dia pernah di bawa hidup susah dan terhina selama bertahun-tahun,dia juga pernah merasakan kesedihan yg tidak sebentar dri kekurangan ekonomi..

kalau kamu menyukai aku, artinya kamu tinggal memetik hasilnya, dan cara ini tidak pernah abadi.

Taukah kamu bahwa aku memulai ini dari nol dan isteriku yang selalu mendampingiku dikala susah, terpuruk dan sukses seperti ini.

Taukah kamu bahwa isteriku yang selalu mendoakan kesuksesanku hingga aku bisa menjadi seperti ini.
istriku yang selalu menengadahkan kedua tanganya serta nasehati aku agar tetap kuat

Kamu memang cantik, tapi hati isteri ku lebih cantik...♥ ♥..kamu memang memiliki keindahan paras lebih dari istriku,,tapi istriku memiliki hati yang lebih luas semenjak dulu menerima kekuranganku (y)Terima kasih, walau bagaimanapun kau telah mengagumiku,namun aku takmampu mengagumimu karena sudh termiliki rasa kagumku oleh istri solehahku...

Sanggupkah ANDA BEGITU???

*Buat Pria+wanita wajib dibaca! *
silahkan Share ke yang lain yaaaa......

Add caption


dari facebook pak Zemarei Albakhin

Sejuta Manfaatan Protein

Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.
Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).
Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utamamakhluk hidup. Selain itu, protein merupakan salah satu molekul yang paling banyak diteliti dalam biokimia. Protein ditemukan olehJöns Jakob Berzelius pada tahun 1838.
Biosintesis protein alami sama dengan ekspresi genetik. Kode genetik yang dibawa DNA ditranskripsi menjadi RNA, yang berperan sebagai cetakan bagi translasi yang dilakukan ribosom. Sampai tahap ini, protein masih "mentah", hanya tersusun dari asam amino proteinogenik. Melalui mekanisme pascatranslasi, terbentuklah protein yang memiliki fungsi penuh secara biologi
Sebagai salah satu sumber energi utama, protein memiliki peran begitu penting bagi kesehatan tubuh. Sudah cukupkah kebutuhan protein harian Anda?

Protein mutlak diperlukan tubuh selama masa pertumbuhan. Protein berperan dalam proses regenerasi sel, penyembuhan luka, produksi antibodi dan haemoglobin untuk menjaga kesehatan tubuh, serta mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

Protein umumnya diperoleh dari makanan. Protein hewani yang dikategorikan sebagai sumber protein lengkap, berasal daging, ikan, telur, dan susu. Meski mengandung semua asam amino esensial, protein hewani biasanya mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi.
Sedangkan sumber protein tidak lengkap yang mengandung sebagian asam amino esensial, umumnya diperoleh dari protein nabati seperti sayur- sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
Protein Kedelai dan Manfaatnya
Meski tergolong protein nabati, kedelai mengandung asam lemak tak jenuh dan menjadi sumber protein lengkap yang setara dengan daging, susu, dan telur. 
Demi memenuhi kecukupan protein, lembaga pangan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) bahkan menganjurkan konsumsi protein kedelai minimal 25 gram setiap hari. Protein kedelai memiliki kandungan isoflavon cukup tinggi, di mana di dalamnya terdapat fitoestrogen yang mengimitasi fungsi hormon wanita, estrogen.
Manfaat isoflavon antara lain: 
• Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. 
• Sebagai estrogen replacement therapy bagi wanita menopause hingga membantu mengurangi gejala hot flush dan mengurangi night sweat. 
• Membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan penyerapan mineral, menjaga kepadatan tulang, meningkatkan massa tulang. 
• Pada anak-anak, isoflavon membantu mempercepat pembentukan tulang. 
Tak heran jika muncul beragam suplemen protein kedelai di pasaran. Demi menyempurnakan kebutuhan harian protein Anda, pilih suplemen dengan tambahan ekstrak green tea. Namun sebelum mengonsumsinya, perhatikan kualitas daya cerna suplemen yang diukur dengan PDCAAS*. 
Nutrilite(TM) menghadirkan produk baru minuman sehat kaya protein dengan rasa green tea yang klasik. Mengandung sembilan asam amino esensial dan kalsium dari susu sapi dan kedelai. 
Manfaatnya: 
• Membantu menjaga daya tahan tubuh

• Membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi karena mengandung isoflavon kedelai dan kalsium
• Membantu pertumbuhan anak
• Membantu mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit
• Sangat dianjurkan bagi penderita demam berdarah dan diabetes karena membantu meregenerasi sel-sel tubuh.
Dengan daya cerna PDCAAS = 1, Nutrilite(TM) Hi Protein with Green Tea menunjukkan bahwa protein tersebut mudah dicerna. Dengan demikian, asam amino akan terserap sempurna oleh tubuh. Nutrilite(TM) Hi Protein with Green Tea juga rendah kalori, sehingga sesuai bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. 
Nutrilite(TM) Hi Protein with Green Tea juga dapat dicampurkan sebagai bahan untuk membuat adonan kue, dipanaskan atau dimasak. 

Senin, 20 Februari 2012

Pemicu komedo dan cara menghilangkannya


Ketahui apa saja yang bisa memicu timbulnya komedo, agar Anda bisa menghindarinya.
 Bintik putih dan hitam yang terlihat menonjol di area dagu dan hidung, memang sangat menjengkelkan. Berbagai cara pun dilakukan untuk membersihkannya, mulai dari menggunakan pembersih mahal, scrubbing, pore strips hingga facial.

Mungkin Anda banyak yang tak tahu apa pemicu bintik yang kita kenal dengan komedo ini. Daripada sibuk membersihkannya, lebih baik mencegah kemunculannya dengan menghindari empat hal berikut.
Makanan berminyak
Apa yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kulit. Makanan yang digoreng, mengandung gula serta karbohidrat tinggi memang bisa berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kulit.
Coba perhatikan, jika setelah Anda makan makanan berminyak dan muncul komedo atau jerawat, berarti Anda harus segera mengurangi konsumsinya.
Tidur tanpa membersihkan wajah
Membiarkan riasan masih menempel di kulit wajah dan Anda tidur, merupakan sebuah 'kejahatan' untuk kulit. Kebiasaan buruk ini biasanya dilakukan dengan alasan kelelahan.
Faktanya, tak membersihkan wajah sebelum tidur, berarti Anda membiarkan pori-pori kulit tersumbat kotoran serta bahan kimia dari riasan. Risikonya bukan hanya komedo akan bermunculan, tapi juga jerawat dan iritasi kulit.
Alkohol dan kafein
Anda selalu memulai hari dengan kopi? Atau, suka sekali minum alkohol? Penelitian menunjukkan kalau kopi dan alkohol dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit.
Stimulan kafein ternyata merangsang kelenjar minyak pada kulit lebih aktif. Ini salah satu pemicu munculnya komedo, terutama di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan alkohol akan memengaruhi pola tidur Anda. Ini juga berpengaruh buruk pada kondisi kulit.
Rokok
Tak hanya merusak paru-paru, rokok juga merusak kecantikan kulit. Menurut ahli kulit, asap rokok mengandung partikel halus dari abu bekas pembakaran serta bahan berbahaya lainnya. Ini akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyumbat. Efeknya tentu saja komedo dan jerawat, termasuk merusak sel-sel kulit sehat dan membuat keriput lebih cepat muncul.

Kalu sudah terkena komedo ada cara untuk menghilangkannya. Beberapa bahan alami bisa menjadi solusi komedo. Ikuti cara-caranya, seperti dilansir:
Garam
Cuci wajah Anda sehari sekali menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.
Pasta gigi
Oleskan sedikit pasta gigi di daerah berkomedo untuk mengurangi bengkak akibat minyak berlebihan.
Jeruk lemon
Peras jeruk lemon dan balurkan airnya di atas komedo, biarkan semalam. Sifat asam jeruk lemon akan mengurangi minyak di area berkomedo dan membantu menghilangkan komedo.
Lidah buaya
Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.
Es batu
Usapkan es batu di sekitar area berkomedo sekira 10 menit. Cara ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.
Putih telur
Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.
Bit
Campurkan buah bit dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan sekali sepekan untuk kulit halus bebas komedo.
Air putih
Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.

PEMBUATAN PAKAN TERNAK


1. Pembuatan Premix
Premixed (premix) adalah suatu campuran permulaan dengan bahan pengencer (diluent) atau pembawa (carrier) yang kemudian akan digunakan dalam pembuatan konsentrat atau ransum. Didalam perdagangan istilah premix ini adalah gabungan bermacam-macam vitamin dan mineral dengan komposisi/imbangan yang dengan cermat telah diperhitungkan termasuk dosis pemakaiannya dalam setiap pencampuran konsentrat atau ransum
Dalam industri pakan ternak yang terkandung dalam premix ini menjadi salah satu rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain selain petugas khusus. Premix ini biasa terdiri dari bahan sumber vitamin makro dan mikro, mineral makro dan mikro serta additives yang dibuat dalam jumlah yang sedikit dan harus terdistribusi merata dalam ransum atau konsentrat yang akan dibuat.
Pembuatan premix di pabrik pakan, biasanya berbagai macam vitamin, mineral dan bahan bahan lain yang akan digunakan dalam jumlah sedikit, terlebih dahulu dicampurkan sebelum dimasukan kedalam mesin pencampur (mixer).
Contoh Premix
Nama dagang : Customix
Produksi : PT. Vetindo Citrapersada
Komposisi/kg                        Kandungan
Vitamin          A                     2.000.000. iu Zinc 5000 mg
Vitamin D3                400.000 iu Antioxidant qs
Vitamin E                  1.200 mg
Calcium                                 180.000 mg Dosis: Sapi 1-1.5 kg/ton
Phosphor                  5.000 mg Kuda 1 kg/ton
Cobalt                                    10 mg
Copper                                   1000 mg
Iodine                                     15 mg
Iron                             5000 mg
Manganese               6000 mg
Selenium                  20 mg
Langkah-langkah Pembuatan Premix
1. Siapkan wadah untuk menyimpan premix
2. Timbang wadah dan premix (macam-macam vitamin dan mineral) yang jumlahnya sedikit menggunakan timbangan duduk
3. Timbang bahan lain yang akan kita campurkan dalam pembuatan konsentrat jumlah yang kecil
4. Campurkan No 2 dengan No 3 dengan hati-hati
5. Ambil bahan baku yang jumlahnya besar dalam susunan konsentrat misalnya pollar atau dedak sebanyakn 5 kg
6. Campurkan hasil No 4 dengan bahan No 5 dalam wadah datar dengan hati-hati sampai tampak campuran tersebut betul-betul merata (warnanya seragam)
7. Campuran No 6 siap digunakan untuk pembuatan konsentrat
2. Pembutan Konsentrat Sapi Perah
Makanan utama dari ternak sapi perah dan sapi potong adalah hijauan seperti rumput lapangan., rumput gajah, jerami jagung. Untuk memenuhi kebutuhan gizi ternak yang sedang produksi baik susu maupun daging, pemberian hijauan saja belum bisa memenuhi guna memperoleh produksi optimal.
Guna melengkapi kebutuhan gizi sapi perah atau sapi potong perlu mendapat tambahan pakan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Para peternak melengkapinya dengan pemberian satu atau lebih campuran bahan pakan.
Campuran bahan pakan itu umum dikatakan konsentrat, setelah ada formula (susunan komposisi bahan pakan) pembuatan konsentrat ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan hanya memanfaatkan lantai gudang atau bangunan yang rata dengan bantuan alat singkup dan timbangan
Pembuatan Pakan Bentuk Pellet
Pabrik pakan yang skala usahanya sudah besar, dilengkapi dengan peralatan yang lebih komplit, setiap bahan bahan baku biasanya ditempatkandidalam silo-silo atau bin yang mampu menampung 50 sampai 150 ton, dengan mengoperasikan tombol kontrol secara otomatis bahan mengalir sesuai dengan kebutuhan kedalam mesin penghancur (hammer mill) dengan bantuan elevator bahan masuk kedalam mesin pencampur (mixer), dalam waktu yang sudah ditentukan lubang mixer terbuka dengan tenaga hidrolik.
Pakan atau konsentrat yang sudah homogen didisimpan dalam silo atau bin, dengan auger yang dapat diatur kecepatannya membawa bahan baku ke mesin pellet, pada watu yang bersamaan steam dialir kedalam auger sehingga kondisi pakan kadar air meningkat dan temperaturnya jadi panas .
Setelah melewati mesin pellet bentuk pakan berubah dan temperaturnya panas masuk ke vibrator conditioner, panas yang terjadi didalam ruangan diisap oleh penghisap blower hingga pellet menjadi dingin. Setelah pellet dingin masuk kedalam saringan yang telah ditentukan ukurannya, bagian yang hancur diangkut dengan elevator kesilo dan siap
untuk dibuat pellet kembali. Pellet yang sudah jadi masuk kedalam silo dan siap untuk dipacking dengan melalui auger langsung ditimbang.
Contoh
Formula konsentrat sapi perah dengan kandungan protein 16 – 17% dan Total Digestible Protein 66 - 68%, dengan susunan sebagai berikut :
1. Dedak padi 190 kg
2. Pollard 187 kg
3. Bungkil kapok 180 kg
4. Onggok 60 kg
5. Bungkil kelapa 150 kg
6. Kulit kopi 100 kg
7. Kulit coklat 50 kg
8. Tetes tebu 50 kg
9. Kapur 20 kg
10. Garam 3 kg
11. Urea 1 kg
12. Premix 2 kg
Teknik Pencampuran Sederhana
1. Setelah formula bahan pakan ternak tersedia,
2. Timbang semua bahan pakan yang diperlukan sesuai formula.
3. Lakukan pencampuran awal untuk bahan-bahan yang jumlahnya sedikit dengan bantuan carrier (pembawa) seperti yang telah dijelaskan terdahulu.
4. Bahan dihancurkan dengan mesin penghancur (hammer mill)
5. Bahan yang jumlahnya paling banyak ditebarkan terlebih dahulu diatas lantai, kemudian dilapisi dengan bahan yang jumlah lebih kecil.
6. Lakukan secara berurutan pelapisan bahan pakan sampai semua bahan membentuk lapisan, secara berurutan dari yang paling banyak hingga yang paling sedikit jumlahnya.
7. Tumpukan bahan-bahan tersebut diaduk secara merata menggunakan sekop.
8. Lakukan pengecekan dengan cara dilihat bahwa bahan telah tercampur dengan baik.
Teknik Pencampuran dengan Mesin (Bentuk Mash)
1. Timbang bahan baku sesuai dengan formula.
2. Buat campuran bahan baku yang jumlahnya sedikit secara merata (premix)
3. Bahan baku bongkahan dihancurkan terlebih dahulu dengan hammer mill yang dilengkapi dengan saringan 4 atau 8 mm tergantung permintaan konsumen.
4. Selanjutnya bahan No 2 dan bahan yang telah dihancurkan dimasukkan ke dalam mixer.
5. Biarkan bahan dalam mixer diaduk selama 15 sampai 20 menit.
6. Setelah tercampur dengan baik (homogen), buka tutup pengeluaran dari mixer, lakukan pengarungan sesuai dengan kapasitas karung (40 atau 50 kg)
7. Lakukan penimbangan sesuai yang ditetapkan oleh pabrik
8. Setelah selesai, karung dijahit untuk selanjutnya dilakukan penumpukan didalam gudang bahan jadi.
9. Pakan yang sudah jadi bentuknya tepung (mash).
Teknik Packaging (pengarungan) dan Pergudangan
Prinsip penangan produk setelah bahan-bahan pakan dimixing (tercampur homogen), bagaimana agar produk mudah ditangani, disimpan dan terhindar dari kerusakan. Setelah pencampuran selesai dilakukan, produk biasanya dibawa dengan
bantuan auger atau conveyer dan ditempatkan pada silo atau bin yang merupakan tempat penampungan sementara produk sebelum dikemas dalam karung.
Produk dalam silo atau bin dengan gaya gravitasi dapat turun melalui lubang
bawah yang dilengkapi dengan katup yang dapat mengatur flow turunnya produk sesuai dengan yang dikehendaki.
Langkah-langakah Packaging (Pengarungan)
1. Tempatkan karung pada lubang katup pengeluaran pada tempat penyimpanan produk
2. Pilih jenis dan ukuran dan kapasitas karung
3. Buka katup penyimpanan pelan-pelan sehingga aliran (flow) produk dapat dikendalikan dalam proses pengisian karung
4. Lakukan pemadatan dengan cara diangkat karungnya dan dijatuhkan kelantai dengan ujung karung dipegang oleh kedua tangan, lakukan beberapa kali jangan sampai tercecer.
5. Bila sudah dianggap cukup padat, lakukan penimbangan sesuai dengan berat yang biasa diperdagangan (40 atau 50 kg/karung). Setelah selesai ditimbang, ujung karung dijahit dengan mesin jahit
6. Karung dibawa dengan alat anggkut atau oleh pekerja ketempat penyimpanan barang jadi
7. Tempatkan palet (alas kayu) diatas lantai. Hal ini digunakan agar karung produk tidak langsung kontak dengan lantai untuk menghindari kelembaban yang akan berakibat tumbuhnya jamur, menggumpal atau ketengikan
8. Tempatkan karung diatas palet dengan cara penempatan silang dua dua, hal ini dimaksudkan agar tumpukkan tidak mudah jatuh
9. Upayakan ruangan dalam gudang tidak lembab dan sirkulasi udara baik

tanpa judul

Semakin aku menjauh darimu semakin ku merindukanmu. Merindukan saat-saat berdua, bercanda, tertawa, saling mengingatkan, bertukar pikiran dan saling menghormati. Sudah hampir tiga bulan aku berusaha menjauh darimu.
Menjauhimu bagaikan jiwaku masuk jurang. Semakin lama semakin dekat dengan bumi bukan malah menjauh dari bumi tetapi makin mendekat. Itu lah rasa yang sedang kualami. Semenjak ucapan kata itu aku menjadi takut dekat denganmu. Seolah-olah kata-kata itu adalah sebuah larangan dari bapakmu yang melarangmu dekat denagnku.
Kata-kata itu berusaha menunjukkan kehidupan masa depanmu. Menginginkan kamu bahagia di sisi orang yang lebih pantas dariku. Menginginkanmu untuk menjadi wanita yang akan selalu dilindungi oleh seorang malaikat yang selau dapat kau andalkan.
Setelah itu rasanya runtuhlah jiwa-jiwa ku untuk memilikimu. Ingin rasanya aku melupakan semua harapan yang kucapai. Melupakan dirimu, bayangmu, dan semua hal yang membuatku suka padamu.
Tetapi…. Ketika aku mulai menjauh darimu. Sebagian jiwa-jiwa ini malah menginginkanmu. Menginginkan kasih lebutmu menjamahinya. Rasanya susah sekali aku menghilangkanmu dari hidupku. Telah banyak goresan yang tertulis di ingatanku. Dan ketika ku benar-benar menjauh darimu kau sangat kurindu.
Setiap malam aku hampir selalu memikirkanmu. Ingin rasanya aku menelfonmu, meng-sms kamu, chat denganmu, tapi aku tak berani. Aku takut nanti menjadikanku ingin kembali padamu. Kadang kala kau menyapaku, dan saat itulah rinduku ini benar-benar meledak. Meledak bagaikan bom atao yang membuat sebagaian tubuhku bebasa dan sisanya mersakan kesedihan yang mendalam.
Mengapa sampai sekarang aku tak bisa melupakanmu? Paling tidak, bisakah aku melupakan rasa cinta ini padamu? Mencri penggantimu yang dapat merajahi roh-rohku.
Kadang semuanya tak begitu selaras dan serasi. Tapi aku ingin sekali melaraskanku denganmu. Menyersakian langkah kita dan melangkah bersama beriringan. Tapi sampai sekarang itu tak mungin. Aku takmungkin bisa memilikimu, tak mungkin bisa dekat denganmu, tak mungkin membuat gambaran masa depan denganmu.
Bukannya aku takut dan pecundang. Tetapi dalam pikiranku semuanya telah pasti kalu tak mungkin. Semuanya telah ku hitung, semua nya telah ku perhitungkan. Dan kemungkinan benarnya adalah pasti. Aku hanya dapat berharap suatau saat aku bisa memiliki wanita sepertimu yang bisa membuatku hidup dalam belaian-belaian indah pada jiwa-jiwaku.
Trimakasih kamu telah menjdai goresan di roh-rohku. TRIMAKASIH.

Sabtu, 18 Februari 2012

PENGADAAN DAN PENIMBANGAN BAHAN PAKAN


1. Pengadaan Bahan Pakan
Pengadaan Bahan Pakan Ternak
Pengadaan bahan pakan ternak merupakan hal yang wajib sifatnya, karena salah satu tuntutan dari suatu pabrik adalah kontinuitas produksi. Terhambatnya pengadaan bahan baku akan mengakibatkan menurunnya produktivitas pabrik, hal ini akan meyebabkan produktivitas mesin dan tenaga kerja menjadi menurun yang pada gilirannya bukan hanya ternak yang tidak mendapat pasokan pakan tetapi pengusahapun akan mengalami kerugian.
Perencanaan Pengadaan Bahan Baku
Perencanaan yang matang untuk pengadaan bahan pakan yang akan digunakan menjadi hal yang sangat penting. Perencanaan meliputi banyaknya bahan yang akan dipesan, waktu pemesanan, jenis bahan yang akan dipesan, darimana bahan akan dipesan, bagaimana cara pemesanan, bagaimana pola bayarnya, bagaimana transportasinya. bahan pakan yang akan dipesan ini didasarkan pada kebutuhan untuk memenuhi tuntutan formula, kapasitas gudang, kadar air bahan, rencana produksi dan kemampuan finansial serta kebijakan stock yang ditentukan oleh manajer.
Waktu pemesanan ini perlu memperhatikan musim, karena ketersedian bahan dilapangan untuk bahan pakan ternak ruminansia sangat besar dipengaruhi oleh kondisi musim. Banyak bahan pakan yang pengeringannya menggunakan sinar matahari. Pada musim hujan bahan jenis ini biasanya langka kalaupun ada harganya tinggi. Harga beras murah biasanya dedak dipasaran sulit, karena banyak orang yang tidak mau menggiling gabahnya. Kondisi-kondisi ini perlu diamati untuk setiap tahunnya, sehingga kita tidak kekurangan bahan.
Pertimbangan lokasi pengambilan bahan juga meriupakan strategi khusus dalam rangka mensiasati mendapatkan barang yang biaya transportasinya murah, makin jauh barang diangkut makin mahal biaya perkilogram bahan. Sumber bahan baku, sudah menjadi tugas bagian produksi untuk mengetahui dari mana suatu bahan dapat diperoleh, cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan informasi mengenai bahan baku adalah dengan cara mengenali nama bahan yang akan digunakan, apakah bahan itu suatu produk atau hasil ikutan pabrik, telusuri pabriknya, atau tanya pada orang yang mengetahui tentang seluk beluk pakan ternak. Sumber bahan baku bisa produsen (pabrik) atau suplier (orang kedua).
Cara pemesanan
Untuk mendapatkan bahan baku sampai dilokasi pabrik ada beberapa cara yang umum dilakukan oleh para pelaku usaha pabrik pakan. Cara yang paling sederhanan biasanya suplier datang ke pabrik dan menawarkan bahan baku lengkap dengan harga dan kualitasnya dan apabila terjadi kecocokan baik harga maupun kualitasnya maka terjadi transaksi. Teknis pengiriman dan pola pembayaran disepakati bersama.
Guna melengkapi pengadaan bahan baku yang tidak dapat diperoleh dengan pedagang perantara, kita dapat melacaknya mencari informasi apakah dengan bertanya pada rekanan suplier, pabrik lain atau sopir truk yang biasa mengangkut bahan baku. Setelah tempat bahan diketahui biasanya kita mengajukan surat untuk mendapatkan informasi kualitas, harga, kontinuitas pasokan dan cara pembayaran. Bila informasi sudah kita dapatkan baru kita mengeluarkan purchasing order (order pembelian). Untuk ketertiban administrasi semua surat baik penawaran maupun permintaan pengiriman perlu dilakukan pengarsipan yang baik. hal ini penting karena berkaitan dengan besarnya uang yang harus dibayar atau banyaknya barang yang dikirim masuk kegudang sebagai stock.
Pengisian Purchasing Order (PO)
1. Tulis nama dan alamat pabrik yang memesan bahan baku
2. Tulis nama dan alamat lokasi pengiriman
3. Tulis tanggal pemesanan
4. Tulis Cara pembayaran dan No Rekening
5. Barang yang dipesan meliputi banyak unit, harga, jumlah harga
6. Nama jelas penerima pesan
7. Nama jelas pembeli
Informasi diatas sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepentingan legalitas transaksi.
Pengadaan Bahan Baku dan Cara Pembayaran
1. Ada penawaran (berikut sample dan spesifikasi) dari Para Supplier ke Bagian Produksi (Pengadaan).
2. Bila penawaran disetujui (diterima) bagian produksi (pengadaan) mengajukan pembelian kepada bagian keuangan untuk melakukan pemesanan.
3. Bagian keuangan memberikan instruksi kepada bagian administrasi umum untuk membuat Purchase Order kepada Supplier.
4. Apabila barang yang dipesan telah datang, diperiksa kesesuaiannya dengan pesanan, bila sesuai dapat dibongkar dan disimpan di Gudang
5. Bagian keuangan pada waktu jatuh tempo yang telah ditentukan membayar kepada supplier berdasarkan nilai yang tercantum dalam bukti timbang.
2. Penimbangan Bahan Pakan
Pentingnya penimbangan
Sifat dari bahan pakan ternak ada yang padat , likuid dan bulky (amba), keadaan ini sangat berpengaruh besar terhadap handling, transportasi dan pergudangan yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap harga bahan dan keuntungan yang diperoleh oleh pabrik. Handling (penanganan) bahan yang sifatnya bulky, memerlukan tenaga, tempat dan waktu yang banyak. Baik pada saat pengangkutan dari truk maupun dalam gudang. Ini akan mengakibatkan ongkos yang harus dibebankan pada bahan pakan jadi lebih mahal.
Pengangkutan bahan pakan sifat yang bulky ini harus memperhitungkan jarak tempuh kendaraan. Karena bila jarak angkut terlalu jauh biaya angkutan akan tinggi, karena truk tidak maksimal sesuai dengan daya angkut, pembayaran angkutan sangat ditentukan oleh jarak tempuh angkutan. Biaya yang dikelurkan akan di bebankan pada bahan yang
terangkut, hal ini mengakibatkan harga bahan jadi lebih mahal disbanding dengan bahan yang lebih padat.
Daya tampung gudang sangat dipengaruhi oleh densitas bahan, makin tinggi densitas persatuan luas tempat makin baik. Ini berarti kapasitas gudang bisa lebih maksimal. Pada pembuatan pakan ternak ruminansia, kita perlu secara cermat menghitung kapasitas gudang dengan terlebih dahulu dengan cara mengetahui berat bahan persatuan luas (w/v).
Keuntungan kita mengetahui berat bahan persatuan luas selain untuk kepentingan efisiensi pembelian dan pergudangan juga dapat dijadikan alat deteksi terhadap bahan yang kita beli. Dengan adanya standar berat persatuan luas untuk setiap bahan, kita dapat mengetahui apakah bahan yang kita beli ini dipalsu atau tidak.
Pengetahuan ini sangat bermanfaat dalam menjaga efisiensi usaha dan kualitas produk yang dihasilkan oleh pabrik. Akibat pemalsuan bahan ini selain harga menjadi mahal, yang lebih berbahaya adalah adanya penambahan bahan lain yang tidak dapat dimamfaatkan oleh tubuh ternak atau bahkan dapat menyebabkan kematian pada ternak.
Kegiatan pencatatan berat bahan baku yang masuk kedalam suatu pabrik harus dilengkapi dengan bukti timbang yang disaksikan oleh petugas dari pengirim barang dan penerima barang. Penimbangan bahan dapat dilakukan untuk setiap karung bila kondisi memungkinkan atau menggunakan timbangan truk.
Untuk lebih dapat dipahami oleh para siswa, perlu dilakukan penimbangan berulang-ulang pada bahan baku dan sekaligus untuk lebih mengingatkan lagi bentuk dan warna bahan baku yang telah dipelajari dari modul sebelumnya.
Tehnik Penimbangan
Untuk kepentingan di lapangan, prinsip penimbangan adalah untuk mengetahuai berat bahan atau ransum yang dibeli, akan dicampur atau dijual. Macam alat timbang yang umum digunakan dipabrik-pabrik ada yang mekanik dan digital, untuk keperluan menimbang bahan baku dalam jumlah yang sedikit, tidak dibutuhkan timbangan analitis, cukup menggunakan timbangan kue, untuk bahan dalam jumlah yang besar digunakan timbangan watangan atau timbangan duduk sedang untuk penimbangan yang jumlahnya sangat besar, dimana bahan ada didalam truk, digunakan jembantan timbang.
Prosedur Penimbangan
1. Sebelum melakukan penimbangan sebaiknya alat-alat timbang terlebih dahulu ditera atau diperiksa oleh Badan Metrologi.
2. Bila sudah dinyatakan layak timbangan tersebut tempatkan pada bidang yang datar
3. Lakukan kesetimbangan dengan cara mengatur bagian yang ada berdasarkan petunjuk dari pabrik pembuat timbangan
4. Yakinkan bahwa timbangan ada dalam keadaan balance
5. Timbang bahan bahan bersama tempatnya dengan cara menggeser batu timbangan kearah kanan dari titik 0 kilogram
6. Amati pada batas mana batu digeser seimbang dengan berat bahan ini (lihat bila ujung besi penunjuk tepat berada ditengah-tengah)
7. Cara sederhana penimbangan bahan baku yang akan masuk kedalam gudang dengan menggunakan timbangan duduk jumlahnya banyak
8. Lakukan penimbangan terlebih dahulu berat badan para pekerja yang akan mengangkut bahan (untuk koreksi berat)
9. Lakukan penimbangan bahan baku dan pekerja dengan menggeser batu timbangan kearah sebelah kanan dari titik 0 kilogram
10. Bila batu timbangan yang digeser misalnya sudah mentok dan belum seimbang
11. Lakukan penambahan batu timbangan misal yang beratnya 1 kg pada tempat yang sudah tersedia diujung tangan sebelah kanan
12. Timbangan yang memiliki skala 100 kg dengan penempatan batu timbangan 1 kilogram jumlahnya sama dengan 100 kg
13. Bila bahan baku dan berat badan orang yang menggendong melebihi berat 100 kg, Geserkan batu timbangan yang menempel pada besi yang berskala sampai arah penunjuk kesetimbangan ada ditengah-tengah
14. Jumlahkan berat total batu timbangan
15. Berat bahan dapat diketahui dengan cara mengurangi berat total dengan berat badan pekerja yang menggendong.
Timbangan Truk (Truck Weighing)
Timbangan jenis ini memerlukan tempat dan ruangan yang cukup luas, karena peralatan ini menggunakan elektronik maka untuk menginstal peralatan ini diperlukan kehati-hatian dan design yang baik.Untuk memasang timbangan ini diperlukan dana yang cukup besar.
Kelebihan dari timbangan ini dapat menghemat waktu penimbangan dan tenaga kerja. Jumlah bahan baku yang masuk kedalam gudang atau penampungan dan dapat ditimbang bisa lebih banyak persatuan waktunya. Penentuan berat bahan baku yang tertimbang dapat dihitung dengan cara mengurangi berat total (truk + sopir + Bahan baku) dengan berat (truk kosong + sopir). Penimbangan dilakukan dua kali yaitu pertama menimbang truk dengan muatan bahan baku, kedua berat truk kosong.

Pengikut