Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 20 Februari 2012

Pemicu komedo dan cara menghilangkannya


Ketahui apa saja yang bisa memicu timbulnya komedo, agar Anda bisa menghindarinya.
 Bintik putih dan hitam yang terlihat menonjol di area dagu dan hidung, memang sangat menjengkelkan. Berbagai cara pun dilakukan untuk membersihkannya, mulai dari menggunakan pembersih mahal, scrubbing, pore strips hingga facial.

Mungkin Anda banyak yang tak tahu apa pemicu bintik yang kita kenal dengan komedo ini. Daripada sibuk membersihkannya, lebih baik mencegah kemunculannya dengan menghindari empat hal berikut.
Makanan berminyak
Apa yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kulit. Makanan yang digoreng, mengandung gula serta karbohidrat tinggi memang bisa berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kulit.
Coba perhatikan, jika setelah Anda makan makanan berminyak dan muncul komedo atau jerawat, berarti Anda harus segera mengurangi konsumsinya.
Tidur tanpa membersihkan wajah
Membiarkan riasan masih menempel di kulit wajah dan Anda tidur, merupakan sebuah 'kejahatan' untuk kulit. Kebiasaan buruk ini biasanya dilakukan dengan alasan kelelahan.
Faktanya, tak membersihkan wajah sebelum tidur, berarti Anda membiarkan pori-pori kulit tersumbat kotoran serta bahan kimia dari riasan. Risikonya bukan hanya komedo akan bermunculan, tapi juga jerawat dan iritasi kulit.
Alkohol dan kafein
Anda selalu memulai hari dengan kopi? Atau, suka sekali minum alkohol? Penelitian menunjukkan kalau kopi dan alkohol dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit.
Stimulan kafein ternyata merangsang kelenjar minyak pada kulit lebih aktif. Ini salah satu pemicu munculnya komedo, terutama di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan alkohol akan memengaruhi pola tidur Anda. Ini juga berpengaruh buruk pada kondisi kulit.
Rokok
Tak hanya merusak paru-paru, rokok juga merusak kecantikan kulit. Menurut ahli kulit, asap rokok mengandung partikel halus dari abu bekas pembakaran serta bahan berbahaya lainnya. Ini akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyumbat. Efeknya tentu saja komedo dan jerawat, termasuk merusak sel-sel kulit sehat dan membuat keriput lebih cepat muncul.

Kalu sudah terkena komedo ada cara untuk menghilangkannya. Beberapa bahan alami bisa menjadi solusi komedo. Ikuti cara-caranya, seperti dilansir:
Garam
Cuci wajah Anda sehari sekali menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.
Pasta gigi
Oleskan sedikit pasta gigi di daerah berkomedo untuk mengurangi bengkak akibat minyak berlebihan.
Jeruk lemon
Peras jeruk lemon dan balurkan airnya di atas komedo, biarkan semalam. Sifat asam jeruk lemon akan mengurangi minyak di area berkomedo dan membantu menghilangkan komedo.
Lidah buaya
Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.
Es batu
Usapkan es batu di sekitar area berkomedo sekira 10 menit. Cara ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.
Putih telur
Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.
Bit
Campurkan buah bit dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan sekali sepekan untuk kulit halus bebas komedo.
Air putih
Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.

1 komentar:

  1. saya memiliki masalah pada muka....
    di hidung saya ada komedo tapi dia berbentuk benjolan.... dan untuk menghilangkannya sampai sekarang belum bisa?

    BalasHapus

Pengikut