Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 14 Mei 2012

Tips Berbagai Liburan



Liburan
 harus menjadi aktivitas menyenangkan. Karena itu agar sukses melewatinya, Anda harus menyiapkan beberapa hal terkait agenda liburan. Apa saja?

# yang harus diperhatikan saat Anda berlibur
1. Siapkan mental dan fisik
Memahami jenis petualangan yang akan Anda lakukan dan apa tujuan hal tersebut. Kemudian, siapkan mental dan fisik untuk tantangan yang Anda pilih untuk berpetualang. Pilihlah tempat yang sesuai dengan kondisi Anda.

2. Aktivitas yang akan dilakukan
Putuskan apakah Anda ingin melakukan beragam aktivitas dalam satu area, atau berbagai aktivitas di tempat yang berbeda.

Tentukan seberapa banyak kegiatan yang akan Anda lakukan. Buatlah semacam daftar berisi kegiatan apa yang hendak dilakukan, dan tempat mana yang Anda pilih.

3. Membawa perlengkapan P3K
Baik berpetualang menjelajahi hutan atau sebuah pulau, jangan pernah lupa untuk membawa peta, senter, dan peralatan P3K. Ini akan sangat membantu Anda. Peta sebagai petunjuk, senter untuk penerangan, dan P3K sekiranya Anda terluka.

4. Pakaian tepat
Cocokkan jenis pakaian dengan tempat yang akan Anda kunjungi. Memilih pakaian yang tepat sangat penting untuk menghindari rasa malu karena salah berpakaian dan juga untuk membuat perjalanan terasa nyaman.

5. Cari Info tempat yang dikunjungi
Cari informasi sebanyak-banyaknya seputar tempat yang akan dikunjungi dan kebutuhan apa saja yang harus Anda bawa.


6. Cuaca

Perhitungkan cuaca waktu kamu merencanakan untuk berlibur. Jika di Indonesia hanya ada dua musim yaitu musaim hujan dan kemarau. Berliburlah di musim kemarau biar liburanmu lebih memuaskan lagi. Jika berlibur di musim hujan banyak resiko yang kamu hadapi seperti: banjir, longsor, dan macet. 



7. Souvenir/Cindra Mata

Aturlah pembelian souvenir sesuai kebutuhan karena jika terlalu banyak membeli souvenir maka akan menghabiskan banyak uang. Jadi, jika tidak terlalu penting sebaiknya jangan dibeli.
   





Tapi bagaimana dengan Anda yang memiliki anak kecil. Jangan sampai hasrat berlibur Anda padam karena masalah kecil ini.


Jangan sampai karena Anda ingin bersenang-senang menikmati liburan, lantas meninggalkan anak di rumah. Anda pasti membutuhkan waktu berkualitas bersama keluarga lengkap bukan?Berikut tips bepergian bersama anak- anak. Silahkan liburan dengan senang bersama anak anda!


1. Siapkan barang bawaan
Siapkan semua kebutuhan anak dengan detil. Jangan sampai ada yang tertinggal. Pakaian renang, jika Anda bertujuan ke pantai, atau menginap di hotel, dan sunblock.


Botol minum, makanan ringan, dan obat-obatan adalah hal yang juga penting. Bawa serta juga mainan kesukaannya, ini untuk menghindari jika anak tidak suka dengan kegiatan liburannya. Boneka, krayon, atau buku menggambar.

Bagi Anda yang membawa bayi, jangan lupa carsit agar mereka nyaman di dalam mobil. Pastikan di dalam tas terdapat popok dan tas plastik untuk membuangnya, tisu basah, bedak, botol, susu, dan perlengkapan esensial lainnya. 

2. Cek fasilitas paket berlibur
Tidak perlu repot-repot membawa seluruh peralatan bayi yang bisa menghabiskan dua koper sendiri. Jika berlibur melalui paket wisata, cek dulu fasilitas yang ditawarkan. Tentu saja termasuk diskon untuk anak-anak. Mungkin juga, mereka menyediakan peralatan seperti kereta bayi dan boks bayi portable, sehingga Anda tinggal melengkapinya dengan perlengkapan pribadi anak-anak Anda.


3. Perhatikan kesehatan anak
Setelah menentukan tempat tujuan, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter anak, soal kondisi lingkungan di sana. Anda tentu tidak ingin anak-anak sakit dalam perjalanan maupun setelahnya bukan? Jika perlu vaksinasi tertentu untuk bayi, lakukanlah sebelum bepergian.

4. Selama di perjalanan
Anak-anak sering rewel selama dalam perjalanan. Jika Anda menggunakan transportasi udara, untuk menghindari sakit telinga akibat perbedaan tekanan udara di pesawat, bayi di atas 3 bulan bisa disusui sebelum landing dan take off. Atau, untuk anak-anak, beri permen dan makanan ringan untuk mengalihkan perhatian mereka.

Yang terpenting, cobalah untuk santai dan tidak terbawa dalam kepanikan mereka. Setiap dua jam sekali, bawa bayi berjalan-jalan, atau berhenti sebentar jika bepergian dengan mobil. Apabila dibutuhkan, Anda juga bisa menyiapkan obat-obatan yang membantu anak-anak mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh selama perjalanan.


5. Buat seperti di rumah sendiri
Segera setelah tiba di tempat tujuan, setting tempat itu semirip mungkin dengan rumah. Tidurkan bayi dengan boneka atau mainan kesayangannya. Atau mulailah dengan kegiatan bermain yang mereka suka sebagai transisi suasana rumah dengan tempat tujuan wisata.


6. Buat ruang bermain anak dan dapur darurat
Anak cenderung aktif mencari kegiatan bermainnya sendiri. Lebih baik sediakan "ruang bermain" untuk mereka. Dapur darurat di sudut kamar juga perlu untuk meletakkan peralatan bayi ketika sewaktu-waktu mereka haus atau lapar dan Anda harus membuatkannya susu.








bagi anda yang mempunyai anggaran pas-pasan tentu harus memperhitungkan dengan benar agar pengeluaran anda terkontrol disaat berlibur. beberapa tips agar liburan anda aman dan biaya liburan anda tidak besar pasak dari pada tiang:


1. Bawa perlengakapan secukupnya.
Hidarilah bawaan barang yang banyak karena bisa merepotkan anda nanti, kadang-kadang kita mempunyai kebiasaan buruk membawa barang-barang yang tidak perlu seperti membawa pakaian terlalu banyak di saat berlibur disarankan membawa pakaian sesuai kebutuhan saja.

2. Lupakan membeli suvenir.
sudah jadi kebiasaan kita jika berlibur kita akan membeli apa saja termasuk membeli suvenir, abaikan saja niat anda untuk membeli suvenir. Coba nikamati saja masa liburan anda tanpa harus mengeluarkan banyak pengeluaran.

3. Memilih Transportasi.
Maksud memilih transportasi bukanlah saat anda ingin pergi ke tempat tujuan wisata atau liburan, melainkan transportasi saat berada di tempat liburan tersebut. Disarankan menggunakan kendaraan umum saja dan hindarilah transportasi pribadi seperti taksi karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan umum.

4. Jangan berlibur saat Musim liburan.
Biasanya musim liburan tarif akan lebih tinggi dari hari biasanya. Disarankan anda menghindari liburan pada saat liburan sekolah, libur keagamaan dan atau libur Nasional.

5. Penginapan
Usahakan memilih penginapan yang tidak terlalu mahal, ingat anda berlibur bukan untuk tidur tapi cobalah fokus untuk menikmati liburan. Jika anda memilki keluarga atau teman di tempat tujuan anda berlibur, usahakan anda bisa memamfaatkan bantuan mereka dengan minta ijin terlebih dahulu. Misalnya anda menginap di rumahnya untuk memangkas pengeluaran yang lebih banyak lagi. Selain itu, dengan adanya keluarga atau teman, maka akan mendapatkan banyak rekomendasi tempat wisata. Jika tidak ada, pilihlah hotel yang lebih kecil atau vila jika jumlah orang yang ikut lebih dari lima.

6. Manfaatkan Paket Wisata
Bila Anda berencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman, cobalah untuk mencari paket liburan karena bisa memangkas biaya perjalanan, penginapan dan biaya hidup saat berlibur. Selain itu Anda tidak perlu repot mencari penginapan atau tempat wisata karena biasanya sudah termasuk berjalan-jalan hingga mencoba wahana atau permainan yang tersedia di sana.

7. Biaya Makan
Jika Anda melakukan perjalanan darat, sebaiknya bawalah bekal dari rumah. Anda akan kaget berapa biaya yang bisa dihemat jika menghindari jajan selama perjalanan. Pastikan juga Anda membawa cooler box agar minuman tetap dingin dan segar










sedangkan untuk berlibur di ahir pekan agar tetap hemat, Berikut sejumlah tips cerdik berhemat di akhir pekan:
1. Bicarakan dengan keluarga mengenai lokasi yang hendak dituju. Pergi berlibur di tempat yang terlampau jauh sih boleh saja, namun jangan terlalu sering.


2. Kreasikan bentuk acara yang menyenangkan. Akhir pekan tidak harus dihabiskan di luar rumah kok. Aktivitas seru lainnya seperti memasak bersama, menonton film, memancing, atau berolahraga bisa menjadi pilihan.


3. Cari alternatif menarik lainnya, misalnya Anda dapat mengajak si kecil untuk berkemah di taman depan rumah. Dengan begitu akan memberikan sensasi berbeda.


4. Hal lainnya, Anda bisa berkunjung ke rumah kerabat. Bukan hanya dilihat dari segi hematnya pengeluaran, dengan berkunjung ke rumah kerabat membuat anak Anda mengenal keluarga besarnya.


5. Ajak keluarga untuk berkegiatan sosial. Mengunjungi sebuah lembaga sosial bukan hanya sebagai bentuk peduli bagi mereka yang kurang beruntung namun juga bisa menjadi cara mengajarkan anak untuk tidak menghambur-hamburkan uang.
  



 Bagi anda yang ingin berlibur di tempat yang terpencil yang ingin merasakan sebuah alam yang belum terjamah turis lain, ini tipsnya:

1. Ketahui medan yang ingin dituju
Menghabiskan waktu di pantai yang sepi atau berdiam diri di kawasan pegunungan memang terasa menenangkan. Tapi jangan langsung datang ke tempat tujuan tanpa bekal informasi mengenai tempat tersebut. Jangan sampai Anda terdampar di tepi pantai karena tak bisa menemukan penginapan atau bingung bermalam di mana saat di gunung. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari buku atau situs travel yang terpercaya. Setelah mendapat data yang cukup, Anda pun bisa segera berangkat untuk berlibur.

2. Bawa cadangan makanan
Karena tempatnya yang terpencil atau belum terlalu dikenal banyak orang, ada baiknya Anda menyiapkan makanan lebih. Bawa bekal lebih untuk jaga-jaga jika tidak bisa menemukan restoran atau warung makan. Usahakan bawa makanan yang bisa tahan lebih dari 3 hari. Selain itu, bawalah makanan yang mengenyangkan dan bisa mengembalikan tenaga Anda. Makanan seperti roti, coklat, biskuit merupakan beberapa contoh makanan yang bisa dibawa.

3. Jangan lupa air bersih
Dengan asumsi tempat yang Anda datangi adalah tempat terpencil, sudah sewajarnya membawa air bersih untuk jaga-jaga. Bawalah dalam botol besar dan jangan buang botol jika air sudah habis. Anda bisa mengisi botol tersebut dengan air mentah yang bersih yang bisa digunakan untuk mencuci. Namun, jangan terlalu boros menggunakan air bersih. Anda tidak mau kan kehabisan air bersih?

4. Sediakan selalu tisu basah dan kering 
Meski terdengar sepele, kedua benda ini penting untuk dibawa. Tisu basah bisa digunakan saat Anda tak menemukan air bersih. Gunakan untuk mengelap bagian kotor yang tidak terlalu parah. Sedangkan tisu kering bisa jadi penolong di setiap saat. Eits, tapi jangan buang sampah tisu sembarangan, karena bisa merusak lingkungan. Biasakan untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya di tempat yang tepat.

5. Siapkan baterai cadangan untuk gadget
Memang, daerah terpencil tidak selalu berarti sulit listrik. Namun kebanyakan arus listrik di daerah ini memiliki jumlah pemakaian yang terbatas. Untuk menghindari matinya gadget Anda, ada baiknya membawa baterai cadangan. Jangan sampai Anda mati gaya menunggu listrik menyala.





Supaya liburan menyenangkan buatlah rencana yang baik dengan memperhitungkan berbagai faktor seperti yang di sebutkan tadi. Ingat! Liburan adalah sesuatu yang positif dan baik untuk menjernihakan pikiran dari berbagai masalah. Tapi ingat juga! Liburan bukan untuk menghabiskan uang dengan begitu saja.





Untuk mengabadikan kenangan ketika berlibur bawahlah kamera seperti kamera digital dan handycam. Menurut saya, liburan adalah moment yang bagus karena pada waktu kita berlibur kita sedang bahagia. Selamat berlibur.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut