Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 27 Mei 2012

Cara Hemat BBM Dari Gaya Mengemudi


Rumor kenaikan harga BBM membuat banyak warga ngos-ngosan. Bayangkan saja jika harga BBM naik maka segalanya akan ikut naik. Ini saja masih sekedar rumor semua harga sudah mulai naik dan tak mau turun.

Sebenarnya harga BBM naik karena penggunaan BBM yang berlebihan sehingga menaikkan pengeluaran negara.  BBM itu bisa dihemat dari cara mengendarai mobil. Anda mungkin bisa mengandalkan modifikasi mesin untuk menghematnya. Tapi, jika dibarengi dengan cara ini, efisiensi pemakaian bahan bakar bisa lebih ditingkatkan.
PT Shell Indonesia memberikan saran untuk ini lewat program Shell Fuel Economy. Dikutip Antara, penghematan BBM bisa dilakukan dengan cara berikut:
·         Hindari pengereman dan akselerasi mendadak. Untuk itu, jaga jarak Anda dengan kendaraan lain di jalan.
·         Pemakaian gigi tinggi sesuai kebutuhan dan optimalkan putaran mesin di angka 2.000 RPM.
·         Pendingin udara (AC) akan membebani kerja mesin. Matikan bila tidak terlalu dibutuhkan.
·         Hindari bawa banyak barang berat karena memboroskan bahan bakar akibat kerja mesinterbebani.
·         Hindari berbagai titik kemacetan di jalan raya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda pantau terus kondisi kemacetan jalan lewat informasi di radio untuk mendapatkan info terbaru. Atau, Anda tentukan rute alternatif lebih cepat menuju tujuan.
·         Menggunakan kecepatan di atas 80 km/jam bisa menguras 10-20 persen BBM lebih banyak. Jadi, bijaklah mengambil batas kecepatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut