Jumat, 04 Mei 2012

Pijat Refleksi Penyembuhan Praktis




Cara penyembuhan tradisional pemijatan yang ditemukan orang-orang Timur (Cina) itu disebut secara modern sebagai pijat refleksi. Disebut demikian karena penyembuhan itu hanya dengan memijat titik-titik refleksi yang tertentu dari bagian tubuh yang sakit. Jika sakit kepala, maka dipijatlah titik refleksi dari sakit kepala itu yang salah satu diantaranya terdapat di ujung jari telunjuk tangan. Maka sembuhlah sakit kepala itu.

Mengapa itu dapat sembuh ? ilmu pengetahuan tak bisa menjawab dengan pasti. Juga mengapa titik refieksi itu terdapat di situ ? Tak dapat dijawab. Tuhanlah yang telah menciptakannya. Sebab Alloh-lah yang memberi sakit, dan Dia pula yang meletakkan penyembuhannya. Dan orang-orang Cinalah yang diberi karunia menemukannya.

Menurut teori penyembuhan pijat refleksi ini, dalam tubuh manusia terdapat jaringan-jaringan syaraf ke seluruh bagian tubuh. Organ tubuh satu sama lain dihubungkan jaringan seperti sarang laba-laba, jika salah satu titik simpul itu dipijat maka langsung berhubungan dengan organ-organ tertentu dalam tubuh yang lain.


Cara Memijat
1.            Alat memijat kita pakai ujung jari tangan atau ujung ruas jari yang ditekuk atau alat kayu yang berujung sebagai jari.
2.            Kondisi badan dukun (pemijat) harus prima, jangan waktu lelah sebab memijat refleksi membutuhkan tenaga dan melelahkan.
3.            Memijat harus di tempat yang nyaman, hangat dan tidak ada arus angin langsung, seperti di depan pintu atau jendela.
4.            Setelah memijat jangan langsung mencuci tangan karena tangan saat itu panas sekali. Jika terpaksa cuci tangan pakailah air hangat.
5.            Dukun (pemijat) sering haus, jangan minum es. Minumlah air hangat setelah memijat. Jika pemijat banyak minum waktu memijat maka pemijat akan banyak berkeringat dan akan mengganggu waktu memijat.
6.            Pasien ambil tempat yang leluasa dengan duduk selonjor kaki. Hal ini memberi keleluasaan pada pasien, sebab pasien bisa menggeliat waktu dipijat. Usahakan pasien dalam posisi nyaman.

Tempat titik Refleksi
Titik-titik refleksi tempatnya tertentu, terdapat terutama di kaki, di tangan dan bagian tubuh lainnya. Titik-titik ini mempunyai hubungan dengan organ atau bagian tubuh yang sakit. Jika titik ini dipijat maka secara otomatis bagian tubuh yann sakit akan sembuh kembali. Jika bagian tubuh kita sakit, titik refleksi sakit bila dipijat. Karena itu dengan memijat titik refleksi kita bisa tahu bagian mana pula bagian tubuh kita yang sakit, dan sekaligus menyembuhkannya.

Yang paling penting titik-titik refleksi ini adalah yang terletak di kaki. Karena itulah orang.jaman dahulu tak biasa pakai sepatu tapi jarang sakit. Sekarang banyak orang memakai sepatu dan jarang berjalan kaki telanjang (misalnya para pegawai) tapi sering mengeluh kurang enak badan, sakit-sakitan, pucat dan sering masuk angin. Hal ini disebabkan karena titik-titik kesehatan di kakinya tak pernah dipijat secara alami. Lihat saja berapa macam titik refleksi yang terdapat di jari-jari kaki. Macam-macam penyakit sesuai titik refleksi di situ dapat diderita oleh para pemakai sepatu.

Dianjurkan agar pemakai sepatu jangan hanya mementingkan mode, tapi kenyamanan, kesehatan kaki harus diperhatikan. Jangan memakai sepatu yang menumpuk jari-jari kaki ! Dan seringlah berjalan kaki telanjang di kerikil-kerikil. Kerikil-kerikil itu dapat berfungsi sebagai alat pijat. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut