Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 05 Januari 2012

Tips Cegah Mata Kering

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Mata kering atau Keratokonjungtivitisika adalah suatu keadaan dimana air mata tidak dapat melapisi mata dengan baik. Air mata ini dihasilkan oleh kalenjar mata (kalenjar lakrimal), yang seharusnya berfungsi untuk membersihkan mata dan mengeluarkan benda-benda asing.

Jika mata kering tidak segera diatasi dapat merusak jaringan di permukaan mata yaitu kornea sehingga mengganggu penglihatan.

VIVAnews - Jika mata Anda sering terasa gatal, disertai rasa perih dan kemerahan bisa jadi dalam kondisi kering. Pemicunya antara lain alergi, polusi, terlalu lama di depan komputer atau cuaca panas.
gejalanya: 
  • Mata sering terlihat merah
  • Mata terasa kering, panas, pedih dan berpasir
  • Tidak tahan bila tekena angin atau terlalu lama membaca
  • Pandangan sering terasa kabur namun akan membaik setelah berkedip
  • Terasa tidak nyaman setiap kali usai menatap layar komputer, televisi atau setelah membaca
Hormon juga sangat berpengaruh. Wanita yang berusia di atas 40, produksi air matanya akan berkurang secara signifikan, karena perubahan hormon. Untuk mencegahnya atau mengurangi 'siksaan' mata kering, lakukan saja lima hal berikut, yang dilansir dari Prevention.com.

1. Pilih lensa kontak bebas pengawet
Jika Anda menggunakan lensa kontak, pilih yang tidak mengandung bahan pengawet. Itu karena, bahan pengawet bisa menimbulkan reaksi pada mata berupa rasa perih, kering dan gatal. Jadi, cobalah lebih selektif dalam memilih lensa kontak.

2. Hindari penggunaan obat tetes mata
Jangan segera mengggunakan obat tetes mata jika mata terasa kering tapi tidak merah. Obat tersebut mengandung decongestan yang bisa mengecilkan pembuluh darah mata.

"Lagipula, fungsi obat tetes mata adalah mengatasi kemerahan dan iritasi, bukan mata kering," kata Silvia Orengo-Nania, asisten profesor klinis optalmologi di Baylor College of Medicin, Houston, AS.

3. Buat suhu di ruangan lebih lembab

Pendingin ruangan dalam ruang kerja Andajuga bisa memicu mata kering. Untuk itu, tingkatkan kelembaban di ruangan kerja dengan menempatkan alat pelembab atau jika memungkinkan, sesekali bukalah jendela.

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol bukan hanya membuat mulut kering, tetapi juga mata Anda. Jika memang Anda suka minum-minuman beralkohol, sebaiknya kurangi konsumsinya agar terhindar dari risiko mata kering. 

5. Perawatan sebelum tidur

Seringkali saat bangun pagi mata terasa kering, perih dan gatal? Anda bisa mencegahnya dengan mengenakan salep pelembab mata yang banyak tersedia di apotek. Aplikasikanlah sebelum tidur. Karena membuat penglihatan agak tidak jelas, sebaiknya hanya digunakan pada malam hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut