Senin, 12 Maret 2012

Bikin Kentang Goreng Renyah

kentang goreng


Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.
Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistikhamburgerfish and chips dan currywurst.
Di Britania Raya dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip french fries disebut chips. Di Amerika Utara, istilah "chips" berarti keripik kentang (potato chips), sedangkan di AustraliaSelandia Baru dan Afrika Selatan, "chips" bisa berarti kentang goreng atau keripik kentang.
Kentang goreng populer ke seluruh dunia berkat rumah makan siap saji seperti McDonald's dan Burger King. Di awal tahun 1950-an, Jack Simplot yang memiliki perusahaan bernamaJ.R. Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan-potongan kentang yang sudah dikupas dan dibekukan. Sebelum perusahaan J.R. Simplot memasok bahan baku kentang goreng, kentang perlu dikupas dan dipotong-potong secara manual di semua cabang McDonald's. Kentang beku produksi J.R. Simplot berhasil menyingkat waktu penyiapan makanan dan ikut mendorong ekspansi waralaba McDonald's.
Kentang goreng adalah makanan ringan yang kerap dikonsumsi dengan cocolan saos sambal dan tomat. Rasanya yang asin, gurih dan renyah bisa membuat siapa saja tidak rela berhenti mengunyahnya.
Namun sayang, harga sekantungkentang goreng lumayan mahal, sementara isinya tidak cukup untuk memuaskan selera ngemil Anda bukan?
Nah, ada baiknya Anda mencoba membuat sendiri, sebab selain lebih murah, kebersihannya juga terjaga dan Anda akan lebih trampil di dapur. Berikut tips membuatkentang goreng agar renyah mirip dengan yang ada di restoran cepat saji.
·         Jenis Kentang
Pilih jenis kentang yang halus permukaan kulitnya, tidak memar dan banyak luka. Warna kentang pilih yang coklat muda segar, jangan yang kehijauan, sebab kulit kentang yang kehijauan berarti mengandung racun solanin. Besarnya cukup yang sekepal tangan orang dewasa. Jangan terlalu kecil, sebab akan merepotkan saat mengupas dan memotong.
·         Rebus Dahulu
Untuk mendapatkan kentang goreng dengan warna putih yang cantik, maka ada baiknya dilakukan proses blansir(rebus sebentar dalam air mendidih, lalu angkat). Kentang yang sudah dikupas dan dipotong, rebus dalam air mendidih selama 2 menit saja, lalu angkat, tiriskan, dan rendam dalam air dingin selama 10 menit.
·         Minyak banyak
Gunakan minyak goreng baru(bukan jlantah), yang cukup banyak hingga menutupi seluruh potongan kentang dalam wajan. Seringlah mengaduk kentang di wajan, agar panas merata. Gunanya juga mencegah warna menjadi coklat tua.
Pemberian perasa kentang goreng sebaiknya dilakukan setelah kentang matang. Jangan sebelum menggoreng kentang. Ini juga mempengaruhi warna kentang, agar tetap putih dan renyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut