Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 29 Januari 2014

Ciri-ciri Orang Yang Hoby Menulis

TERASWARTA – Opini | Penulis itu adalah orang yang hoby dengan yang namanya tulis menulis,  dari mulai curhatan diri sendiri, sampai curhatan orang lain, mungkin orang suka gosip dalam berbicara tapi penulis orang yang bergosip dalam nada kata dan kalimat yang sempurna tanpa diucapkan. Tapi orang yang hoby menulis adalah orang yang memiliki ciri sebagai berikut :
1. Suka menyendiri terutama di ruang yang sepi. Seperti kamar, atau tempat-tempat yang sejuk dan indah untuk mencari inpirasi yang banyak.
2. Suka melamun. Melamun baginya adalah khayalan yang bermanfaat. Jangankan ditempat sepi, dikeramaian saja dia bisa melamun, palagi tempat yang sepi.
3. Pergi kemana-mana suka sendiri. Orang yang ingin sukses adalah orang yang tidak ketergantungan oleh orang lain. Jika ada teman mau ditemani tapi jika tak ada teman, pergilah sendiri. Dari pada bermain dengan satu geng, yang satu tidak mau pergi dan semua juga ikutan gak pergi, gak punya pendiriankan orang seperti ini, jadi mainnya sama satu geng ajah. Kaya gak punya teman lain.
4. Memiliki banyak pengalaman. Memiliki banyak pengalaman dari 3 panca indera. Mata, telinga dan hati. Pengalaman melihat adalah si penulis dapat melihat pengalaman dari orang lain seperti dia sedang duduk namun dia melihat orang lain yang tidak dikenalnya namun memandangnya dengan indah dan mulai terinspirasi dari pandangan dia itu untuk melihat kisah orang lain untuk ditulis menjadi bahan tulisan. Jika dari telinga yaitu mendengarkan curhatan orang lain, dari curhatan teman, dari curhatan diradio dan dari pengalaman disekitarnya. Jika melalui hati yaitu pengalaman yang baginya sangat penting, dia bisa mengalaminya sendiri, seperti patah hati, pengalaman lucu serta apapun cerita dirinya yang membuatnya menarik itu akan tertulis dengan jelas di ingatannya dan tertuang didalam tulisannya untuk menjadikan drama disebuah novelnya.
5, Menjadi pendengar yang baik. Jika ada orang lain yang sedang curhat denganmu, maka biarlah untuk menjadi pendengar yang baik dan itu membuat dirimu lebih terinspirasi untuk menulis cerita temanku, ataupun kamu bisa melihat karakter orang lain pelan-pelan dengan mendengar ceritanya.
6. Sedikit berbicara namun lebih banyak diam. Karena diam itu baginya emas, diam itu cahaya untuk dia dapat menulis dibandingkan banyak bicara namun tak bisa menulis.
7. Lebih banyak bercermin namun berbicara sendiri, karena si penulis harus dapat membayangkan acting dalam peran novel yang dia tuliskan. Si penulispun harus menyanggupi acting tersebut.
8. Hoby mambaca. Orang yang memiliki hoby menulis, harus banyak hoby membaca, ada yang hoby menulis namun malas membaca. Ada yang hoby menulis namun malas beli buku inginnya meminjam saja dengan teman ataupun pinjam di perpustakaan. Meminjam sih gak apa-apa asal jangan kebanyakan minjam, gak modal sedikit banget. Kalau kamu jadi penulis terus gak ada yang beli buku kamu gimana? Cuma satu yang beli selain itu dipinjamkan ke semua orang. Jelas buku kamu gak laku.
9. Hoby nonton. Nonton layar lebar atau nonton sinetron atau hal-hal yang bermanfaat baginya.
Penulis adalah orang yang banyak bicara dalam fikiran, bukan banyak bicara dalam ucapan dia akan membisu bila salah dan dia akan berbicara bila itu benar. Orang yang hoby membaca sangat aku kagumi, segala apapun yang ada didepannya ingin dibacanya, maka semakin banyak baca orang lain akan semakin pintar. Menambah wawasan, menambah ilmu, meluaskan pengetahuan. Berbeda sekali dengan orang yang malas membaca karena apapun yang dia katakan belum tentu benar dan dia pasti akan mengatakan “kata orang….” Ataupun menggunakan bahasa “mungkin”, itu sangat tidak masuk akal dan kerjaannya tidak memiliki pendirian disuruh orang kesana mau, dan disuruh orang kesini juga mau, karena banyak tidak tau ya jadi mau-mau aja dan takutnya mudah dibohongi oleh orang lain, makanya orang selalu mengatakan bahwa buku itu kunci kepintaran. Guru tidak akan dapat mengajar kalau tidak ada buku, dosen tidak akan dapat mengajar jika tidak ada buku. Jadi kejarlah terus jiwa penulis anda agar terus terlatih walau perlahan. (khodijah).
http://www.teraswarta.com/2014/01/ciri-ciri-orang-yang-hoby-menulis.html#.Uuc0kJ-OiZ8.facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut