Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 05 Desember 2012

ES Krim



Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin danprotein. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.
Salah satunya adalah Es krim. Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim susu (atau sejenisnya), digabungkan denganperasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik bekuair murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut. Hampir semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai jenis Ice cream (es krim). Makanan yang berbahan dasar susu ini, kaya akan sumber nutrisi karena susu merupakan sumber protein dan energi.
Dengan semakin berkembangnya industri es krim termasuk teknologi pembuatannya, memungkinkan orang semakin mudah mebuatnya. Hasilnyapun lebih baik secara kualitas dan lebih bervariasi. Jika dicermati, mulai dari rumah dengan modal yang tidak telalu besar usaha ini sangat berpeluang untuk dikembangkan.







PEMBAHASAN

Menteri Pertanian Suswono mengatakan tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia sampai saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. “Tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya 11 liter per kapita per tahun,” kata Suswono usai Peringatan Hari Susu Nusantara 2011 di Kompleks Tarubudaya, Ungaran, Kabupaten Semarang, Ia menyebutkan tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia itu masih sepertiganya dari Malaysia yang konsumsi susunya sudah 36 liter/kapita/tahun. Apalagi dibandingkan Amerika Serikat dan Belanda.
Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat  tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Tetapi, sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada, misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino danasam pantotenat. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh Anda.
Karena memiliki kandungan nutrisi tersebut, maka susu memiliki manfaat yang tidak sedikit, diantaranya:
·         Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
·         Menurunkan tekanan darah.
·         Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
·         Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
·         Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
·         Mencegah diabetes tipe 2.
·         Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
·         Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatoninyang akan membuat tubuh mengantuk.
Jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran juga bermacam-macam. Ada istilah-istilah yang dikatakan sebagai zat yang terkandung dalam susu yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa istilah tersebut yaitu:
·                   Full cream : Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak mengandung vitamin A dan vitamin D.
·                   Low fat : Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream.
·                   Skim : Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%.
·                   Susu evaporasi : Yaitu susu yang telah diupkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.
·                   Susu Pasteur : Susu yang melalui proses pasteurisais (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.
·                   Flavoured : Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.
·                   Calcium enriched : Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.
·                   UHT : Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.
·                   CLA : Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.
Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi banyak orang yang enggan minum susu. Ini terlihat dari minimnya konsumsi susu masyarakat Indonesia per tahunnya. Salah satu alasan yang sering dikemukan adalah mahalnya harga susu. Untuk harga susu, sebenarnya ada banyak susu yang harganya telah disesuaikan. Dan mengingat banyak nutrisi yang dikandungnya, maka yang diperlukan adalah menanamkan kesadaran akan manfaat susu agar masyarakat dapat mengkonsumsi dan tidak menganggapnya sebagai barang mahal.
Alasan lainnya adalah tidak suka minum susu karena membuat mual atau sakit perut sehabis minum susu. Bila merasa sakit perut setelah minum susu, kemungkinan  menderita intoleransi laktosa. Penyebabnya karena kurangnya produksi laktase dalam tubuh. Laktase adalah enzim yang dihasilkan usus kecil yang berfungsi memecah laktosa yang terkandung dalam susu agar dapat diserap oleh tubuh. Tetapi bagi penderita intoleransi laktosa, proses pemecahan laktosa tidak berlangsung sempurna sehingga laktosa yang tidak tercena akan masuk dalam usus besar dan dicerna oleh bakteri yang ada di dalamnya sehingga menyebabkan perut kembung, berisi banyak gas, dan diare.
Sebagai solusi dari perasaan mual atau sakit perut dapat mengganti susu dengan produk olahan susu seperti keju, yoghurt, es krim, susu evaporasi atau susu kedelai yang tidak mengandung laktosa. Beberapa produsen susu juga telah membuat susu tanpa laktosa yang dapat dikonsumsi oleh pendeita "intoleransi laktosa".
Untuk membuat seseorang menyukai susu perlu adanya kebiassaaan mengkonsumsi susu sejak kecil. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi membiasakan mengkonsumsi susu dan olahan susu sepeti keju, yoghurt dan es krim. Kebiassaan mengkonsumsi susu di tujukan pada anak-anak sehingga kebiasaan mengkonsumsi susu dapat melekat sampai dewasa. Untuk itu seorang ibu setidaknya memberikan susu pada anaknya juga memperkenalkan susu olahan seperti es krim. Sebaiknya seorang ibu juga dapat membuat olahan susu untuk anaknya agar tidak memerlukan pengeluaran biaya yang besar. Salah satu olahan susu yang mudah adalah es krim.
Penyuluhan ialah salah satu teknik upaya untuk meningkatkan kebiasaan konsumsi susu terutama susu yang telah di buat es krim. Untuk teknik penyuluhan, tidak ada aturan baku mengenai hal ini. Namun teknik penyuluhan harus disesuaikan dengan target penyuluhan dan budaya masyarakat setempat. Teknik penyuluhan untuk anak-anak berbeda dengan remaja dan dewasa. Bagi anak-anak merupakan masanya bermain. Untuk itu perlu didesain penyuluhan yang menarik perhatian mereka. Intinya ialah bermain sambil belajar. Penyuluhan kepada anak-anak dapat dilakukan melalui berbagi cerita, menonton film, ataupun bermain dalam games.
Penyuluhan untuk remaja biasanya bersifat lebih ilmiah tanpa meninggalkan fun. Bisa digunakan berbagai jenis metode penyuluhan. Diantaranya ialah menghadirkan pakar kesehatan/gizi, menonton pertunjukan seni, film documenter, dan lain sebagainya. Sedangkan penyuluhan bagi orang dewasa harus dijelaskan secara jelas antara benefit dan cost yang mereka keluarkan untuk hal tersebut. Penyuluh harus dapat meyakinkan bahwa meminum susu sangata baik untuk kesehatan dan berpengaruh terhadap aktifitas ekonomi. Di sisi lain, tentu saja akan lebih menarik jika yang menyampaikan ialah yang ahli di bidangnya.



















MATERI DAN METODE
Materi :
·         100 ml air kelapa muda
·         700 ml susu segar  
·         pewarna merah muda
·         1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air 
·         3 kuning telur ayam, kocok 
·         200 g daging kelapa muda, keruk halus
·         100 ml krim kental
Metode :
·         Campur air kelapa dan susu. Aduk rata.
·         Beri beberapa tetes pewarna merah muda, aduk rata.
·         Jerangkan di atas api kecil sambil aduk hingga panas.
·         Tuangi larutan maizena, aduk hingga kental dan mendidih.
·         Ambil sedikit adonan, aduk dengan kuning telur. Tuangkan kembali ke dalam adonan.
·         Masak hingga mendidih. Angkat, aduk-aduk hingga uapnya hilang dan menjadi hangat.
·         Tambahkan kelapa muda dan krim aduk rata. Tuangkan ke dalam wadah.
·         Simpan dalam freezer hingga setengah beku. Keluarkan, aduk rata.
·         Simpan kembali dalam freezer hingga beku.
·         Sendoki dalam gelas-gelas saji. Sajikan dingin.

DAFTAR PUSTAKA
Nugroho, Galih. 2009. Kebutuhan Konsumsi Susu dan Tehnik penyuluhan Konsumsi Susu di Wilayah jawa Barat. http://nugrohogalih.wordpress.com/2009/04/06/kebutuhan-konsumsi-susu-dan-teknik-penyuluhan-konsumsi-susu-di-wilayah-jawa-barat/
Adhitya Chan, Levi. 2010. Peluang Usaha dan Serba Serbi Pembuatan Es Krim. http://binaukm.com/2010/04/peluang-usaha-dan-serba-serbi-pembuatan-es-krim/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut