Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 28 Desember 2011

ngomongin calon istri

Bicara soal calaon istri… em… gimana ya??? Padahal cewek aja aku belum punya hahahaaa…..
Bukannya aku ga pernah merasakan cinta atau selalu di tolak cewek sehingga sampai umur ini aku ga pacaran. Aku cuma emang ga mau pacaran, walaupun aku sedang dekat dengan seorang wanita. Aku pengennya suatu saat nanti langsung menikah atau langsung melamar gadis pujaanku. Entah nanti di terima atau tidak yang penting niatku baik.. Wkwkwkww….
Pacaran. Gimanaya…. Menurutku pacaran itu ribet banget. Dah hubungannya Cuma pacaran, tanpa setatus yang pasti, tanpa terikat janji suci dan yang paling ku benci kalau saat-saat berduaan lalu ada setan yang lewat. Wah… gawat tuh. Saya bukannya takut sama setan yang lewat itu, yang saya takutkan saya yang ga bisa nahan.
Istri. Calaon isti yang ku pengen tu yang pasti adalah setia, baik hati, sabar, penurut, cantik dan tidak membosankan. Ditambah kaya (tipe cowok matre), ber d*d* waw (tipe cowok klas tinggi), pandai membuat anak dan kalu bisa beriman (kalau bisa sih).
Kalau di pikir-pikir lagi aku pengen punya istri yang bekerja sebagai seorang guru. Guru itu pekerjaan yang sangat mulia, pandai dan dapat di andalkan soal mengurus anak. Apalagi kalau anknya seperti aku waktu kecil yang mengidap diseleksia yaitu kelainan pada seseorang yang menyebabkan seseorang sulit untuk belajar menulis atau membaca. Hahaha…. Dulu aku bukannya bodoh. Cuma aku susah memahami setiap huruf, seing aku salah menulis huruf-huruf yang bunyinya sama atau bentunkya yang serupa seperti m dan n lalu b dan d, P dan q, W dan M, U dan V. Ya aku baru sada akan keanaehanku ini sehabis nonton film india Taare Zameen (kalau belum nonton silahkan nonton film yang memperoleh 81 penghargaan tetapi di telok masuk piala Oscar karena durasinya yang terlalu panjang). Atas kesabaran ibuku yang seorang guru ahirnya aku bisa terbebas dari semua itu dan aku bisa di sini sampai sekarang (trimaksih ibu).
Mempunyai istri seorang guru itu sangatlah menyenangkan bagiku karena pertama dia pasti bisa menjaga anak dan mengurus rumah karena pekerjaan seorang guru tidak sampai sore seperti pekerja kantoran. Kedua kalau anak kita mulai sekolah di saat yang sama sang ibu juga libur jadi ketika anak libur sekolah anak-anak masih ada yang mengawasi, kalu waktu libur sekolah pergi ke rumah sodara lebih mudah karna hanya ayahnya yang izin kerja. Yang ketiga ketika anak mengalami kesulitan belajar terutama pelajaran dasar yang menurut saya sangat penting untuk mandiri di masa depan anak sang ibu pasti lah tahu cara-cara memudahkan anak dalam belajar (jelas saja, kalu ga bisa ngajar anak ga usah jadi guru saja masak ngajar anak orang lain bisa ngajarin anak sendiri ga bisa).
Yang keempat dan yang terahir alasanku ingin mempunyai istri yang bekerja sebagai guru adalah aku ingin anak-anak ku sekolah di sekolah yang bagus (karna dari pengalamanku sekolah yang bagus itu bukan sekolah yang mahal dan terkenal tetapi yang berprestasi), seorang guru pastilah mempunyai teman-teman seorang guru dari situ pasti dia tahu mana sekolah yang bagus dan mana yang tidak. Jangan sampai anak ku masuk sekolah yang memang berprestasi tetapi tingkat kecelakaannya tinggi (hamil diluar nikah), atau sekolahan yang mengatasnakanan sekolah internasional dan biayanya mahal tetapi anak didiknya sombong-sombong, tidak tahu diri, dan ternyata sekolahan itu didak ada apa apanya di kelas dunia.
Tapi yang ga kusuka jika mempunyai istri seorang guru hanya satu yaitu dia berangkat kerja pagi-pagi sebeum sang suami berangkat kerja. Coba banyangkan kita kerja jam 8.00 tetapi seorang guru berangkat seperti anak sekolah jam 7.00 pagi malah kadang-kadang sebelum jam segitu dah berangkat. Menyebalkan bukan!!..
Itulah cita-cita ku soal calon istri. Semua cewek yang berminat silahkan hubungi saya saja, tapi di usahakan lahir di tahun 1991 keatas, nati tuaan kamu donk…. Hehehe….

Selasa, 27 Desember 2011

anak Punk

Hari ini ketika makan siang di warung aku bertemu seorang anak berusia sekitar sepuluh tahunan. Anaknya dekil, kotor, bau, bajunya masih bagus tapi seperti tak pernah dicuci, rmbutnya mohawk dicat merah dan wajah anak itu seperti tak pernah di cuci sama sekali, ini terbukti kulit wajahnya lebih kotor dari tangannya. Yang membuatku benar-benar muak melihatnya adalah dia membeli rokok di warung makan itu padahal usianya baru 10 tahun. Pemilik warung dan aku hanya menggeleng-geleng saja. Lalu anak itu menyalakan rokok di depan kami, setelah menghisap asap rokok itu dalam-dalam adalah saat dia menyemburkan asap rokok itu kearah ku.  “Bajingan…!!! masih kecil dah mainin orang dewasa!” gumalku dalam hati. Rasanya saat itu ingin ku pukul dia dengan botol kecap didepanku. Untungnya aku ini orang yang sabar dan tahu diri jadi ku biarkan dia pergi.
Menurutku dia salah satu anak pank yang ahir-ahir ini sering dibicarakan. Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.
Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun kadang-kadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.
Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka. Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.
Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambutmohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.
Psikolog brilian asal Rusia, Pavel Semenov, menyimpulkan bahwa manusia memuaskan kelaparannya akan pengetahuan dengan dua cara. Pertama, melakukan penelitian terhadap lingkungannya dan mengatur hasil penelitian tersebut secara rasional (sains). Kedua, mengatur ulang lingkungan terdekatnya dengan tujuan membuat sesuatu yang baru (seni).
Dengan definisi diatas, punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian. Gaya hidup dan pola pikir para pendahulu punk mirip dengan para pendahulu gerakan seniavant-garde, yaitu dandanan nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni dan kenyataan hidup, memprovokasi audiens secara terang-terangan, menggunakan para penampil (performer) berkualitas rendah dan mereorganisasi (atau mendisorganisasi) secara drastis kemapanan gaya hidup. Para penganut awal kedua aliran tersebut juga meyakini satu hal, bahwa hebohnya penampilan (appearances) harus disertai dengan hebohnya pemikiran (ideas).
Punk selanjutnya berkembang sebagai buah kekecewaan musisi rock kelas bawah terhadap industri musik yang saat itu didominasi musisi rock mapan, seperti The Beatles, Rolling Stone, dan Elvis Presley. Musisi punk tidak memainkan nada-nada rock teknik tinggi atau lagu cinta yang menyayat hati. Sebaliknya, lagu-lagu punk lebih mirip teriakan protes demonstran terhadap kejamnya dunia. Lirik lagu-lagu punk menceritakan rasa frustrasi, kemarahan, dan kejenuhan berkompromi dengan hukum jalanan, pendidikan rendah, kerja kasar, pengangguran serta represi aparat, pemerintah dan figur penguasa terhadap rakyat.
Akibatnya punk dicap sebagai musik rock and roll aliran kiri, sehingga sering tidak mendapat kesempatan untuk tampil di acara televisi. Perusahaan-perusahaan rekaman pun enggan mengorbitkan mereka.
Gaya hidup ialah relatif tidak ada seorangpun memiliki gaya hidup sama dengan lainnya. Ideologi diambil dari kata "ideas" dan "logos" yang berarti buah pikiran murni dalam kehidupan. Gaya hidup dan ideologi berkembang sesuai dengan tempat, waktu dan situasi maka punk kalisari pada saat ini mulai mengembangkan proyek "jor-joran" yaitu manfaatkan media sebelum media memanfaatkan kita. Dengan kata lain punk berusaha membebaskan sesuatu yang membelenggu pada zamannya masing-masing.
Sedangkan di Indonesia perkembangan scene punk, komunitas, gerakan, musik, dan lainnya, yang paling optimal adalah di Bandung, disusul Malang, Yogyakarta, Jabotabek, Semarang, Surabaya, dan Bali. Parameternya adalah kuantitas dan kualitas aktivitas, bermusik, pembuatan fanzine (publikasi internal), movement (gerakan), distro kolektif, hingga pembuatan situs.Meski demikian, secara keseluruhan, punk di Indonesia termasuk marak. Profane Existence, sebuah fanzine asal Amerika menulis negara dengan perkembangan punk yang menempati peringkat teratas di muka Bumi adalah Indonesia dan Bulgaria. Bahwa `Himsa`, band punk asal Amerika sampai dibuat berdecak kagum menyaksikan antusiasme konser punk di Bandung. Di Inggris dan Amerika, dua negara yang disebut sebagai asal wabah punk, konser punk yang sering diadakan disana hanya dihadiri tak lebih seratus orang. Sedangkan di sini, konser punk bisa dihadiri ribuan orang. Mereka kadang reaktif terhadap publikasi pers karena khawatir diekploitasi. Pers sebagai industri, mereka anggap merupakan salah satu mesin kapitalis. Mereka memilih publikasi kegiatan, konser, hingga diskusi ide-ide lewat fanzine.
Tapi banyak anak muda yang di Indonesia yang salah kaprah tentang punk. Mereka berpikir adalah menjadi anak punk itu bebas, bebas dalam arti sebebas-bebasnya. Padahal sebenarnya punk itu maksutnya bebas berekpresi. Gara-gara arti kebebasan ini banyak anak punk Indonesia yang suka asal –asalan, semaunya sendiri, dan mengganggu kehidupan orang lain. Lebih jauh lagi anak punk di Indonesia di anggap negative karena karena arti kebebasan yang salah  itu mereka berbuat kejahatan seperti mencopet, penjarahan dan hal-hal yang mengganggu lainnya. Hal ini dikarenakan mereka ingin bebas dari beben-beban hidup, mereka ingin benar-benar hidup bebas tanpa ada tanggungan hidup sehingga mereka ahirnya hidup dengan seadanya yang penting hidup, yang penting sekarang bisa makan dan yang penting bisa berkumpul dengan teman-teman. Mereka tidak berpikir tenang masa depan, tidak mau berpikir “besuk makan apa?” ataupun berpikir “besuk kira-kira ada uang ga ya…?” yang merka inginkan adalah bebas. Benar-benar bebas yang penting bisa makan sekarang, besuk dipikir besuk, jika tidak punya uang besuk untuk beli makan ya ngamen, ga cukup minta, ga cukup lagi main kasar.
Padahal menurut saya namanya manusia itu tidak ada yang bebas. Sejak dalam kandungan manusia itu sudah tak bisa bebas, ia hanya bisa hidup di dalam rahim saja. Setelah di lahirkan ketidak bebasan itu semaikn banyak, manusa tidak bisa lepas untuk ini itu. Ketidak bebasan itu dimulai dari ayah dan ibu yang mendidik anak mereka untuk belajar tentang hidup mulai makan, tidur, ke kamar mandi dll. Jika sejak lahir manusia dah di beri kebebasan mungkin dia akan makan menggunakan kali atau malh tidak memakai apa-apa seperti anjing atau mereka akan membuang kotoran semau mereka dan menimbulkan lingkungan yang jorok. Ketidak bebasan itu ditambah lagi dengan system kehidupan bermasarakat entah itu di lingkungan dalam rumah, lingkungan rumah hingga Negara dan dunia.
Dari rumah terjadilah ketidak bebasan itu dengan adanya aturan-aturan di rumah. Di lingkungan rumah itu apa lagi. Lalu di Negara yang pastilah setiap Negara memiliki peraturan yang berbeda-beda. Peraturan-peraturan itu sebenarnya untuk kenyamanan masarakat sekitar, etapi ketika satu saja yang melanggara kan menimbulkan kekacauan seperti yang sering terjadi di dunia ini. Apakah ada Negara yang tidak memiliki peraturan? Jawabannya tidak ada. Di hutan dan di lautan sekalipun yang tidak ada manusianya memiliki hokum yaitu hukum rimba apalagi yang terdapat berjuta-juta manusia.
Memang tidak semua anak punk yang seperti itu. Mereka yang seperti itu adalah anak-anak pung yang salah paham dan tidak mengetahui arti anak pung sendiri. Mereka asal ikut-ikutan saja.  Saya lihat ada anak-anak punk yang mengerti arti kebebasan mereka, dimana kebebasan itu kebebasan berexpresi.  Temanku ada yang menjadi anak pung, tetapi dia tetap beribdah, mempunyai usaha sendiri sebagai pengengembangan bakat mereka, tidak mementingkan diri sendiri, dan yang paling aku suka mereka tidak pernah meresahkan masarakat sekitar kami.
Aku percaya anak punk itu tidak senegativ yang orang tua saya katakana. Hanya anak-anak jalanan yang tak tahu diri saja yang mengatasnamakan anak punk yang melakukan tindakan tak terpuji itu. Seperti anak berusia 10 tahun yang saya temui hari ini.  Mungkin sebenarnya anak itu orang tuanya mampu tetapi dia tidak mau mengikuti perintah orang tuanya dan lebih memilih hidup sesua keinginannya. Nyatanya baju dan celananya bagus dan bermerek. “soal merek baju dan celana gw kalah besar olehnya hahahaaa….”.

Selasa, 20 Desember 2011

Tanda Pria Mabuk Asmara


”Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.

Cinta memang penuh warna. Tidak sedikit orang yang mabuk kepayang setelah merasakan asiknya cinta. Orang jatuh cinta bahkan berani mengorbankan apapun demi mendapatkan perhatian dari orang yang dicintainya.
Pria adalah sosok yang lebih cepat merasakan jatuh cinta kepada wanita. Dilihat dari perilakunya, ternyata mudah mengindikasikan apakah pria sedang tergila-gila. Dan, seperti dilansir Glamour,  inilah sinyal yang ditunjukkan pria saat mabuk asmara:
·         Bersikap gentleman
Pria akan menunjukkan bahwa dia seorang pria sejati di hadapan wanita yang dicintainya. Dia ingin menunjukkan eksistensi di mata pasangannya.
·          Cepat balas sms
Pria tidak akan menyiakan sedikit pun perhatian dari orang yang dicintai. Begitu sang wanita mengirim pesan pendek, maka secepatnya dia akan meresponnya. Pokoknya seperti kata politisi, “lebih cepat lebih baik.
·          Mengenalkan pasangan kepada keluarga, kerabat, dan kolega
Kemantapan hati seorang pria kepada pasangannya, membuatnya tidak ragu memperlihatkan hubungan cintanya kepada siapa pun.
·         Menyukai kekasihnya apa adanya
Seorang pria mampu menerima apa pun kondisi wanita pujaan hatinya. Dia tidak memandang segi fisik, pemikiran, atau tindakan. Dia menyadari terhadap kekurangan yang pasti ada dalam diri seseorang. Dan, dia berusaha menjadi pengayom atas ketidaksempurnaan itu.
·          Saat melakukan seks, dia berusaha menyenangkan pasangan.
Begitu pula sampai urusan ranjang. Pria yang jatuh cinta mampu membuat suasana menjadi sangat romantis. Kemauannya memuaskan pasangan juga besar.

Sabtu, 17 Desember 2011

Mitos Salah Tentang Olahraga

"Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur)."


1. Anda telah berolahraga dengan maksimal bila sudah merasa sakit.
Salah. Anda tak perlu sampai sakit ketika berolahraga. Merasa sakit pada saat melakukan gerakanbaru memang wajar-wajar saja. Tapi sakit dengan merasa sakit berbeda, lo. Agar program olahraga Anda berhasil, Anda tak perlu memaksa otot-otot sampai sakit. Bila itu terjadi, Anda justru harus berhenti.
2. Aerobik adalah olahraga yang terbaik.
Salah. Program latihan yang baik adalah yang seimbang, sehingga Anda perlu juga melatis keluwesan tubuh dan juga stretching.
3. Tubuh Anda akan tampak berotot bila melakukan latihan penguatan otot.
Salah. Anda tak perlu khawatir. Wanita pada umumnya tidak memiliki hormon testosteron yang cukup yang menyebabkan otot terbentuk seperti yang terjadi pada kaum pria.

4. Anda harus melakukan olahraga berat agar program latihan Anda berhasil.
Salah. Anda tidak perlu memaksa diri agar mendapatkan manfaat berolahraga. Anda justru terancam overtrained jika terlalu bernapsu berolahraga. Latihan dengan intensitas sedang, misalnya jalan kaki 5 km per jam dengan menggunakan treadmill, sudah membuat tubuh Anda lebih bugar.
5. Satu-satunya cara untuk sehat adalah berolahraga di pusat kebugaran.
Tidak selalu. Gerakan apa pun baik. Untuk sehat, Anda dapat melakukan dansa, bersepeda, jalan cepat, atau mengangkat beban yang tidak terlalu berat sambil menonton televisi.
6. Latihan abdominal dapat mengecilkan perut.
Salah. Latihan abdominal seperti sit-up penting untuk menguatkan otot-otot perut dan memperbaiki bentuk. Otot adalah otot dan lemak adalah lemak. Seberapa banyak sit-up yang telah dilakukan tidak berarti otot perut dapat berkurang. Untuk mengurangi lemak, Anda juga tetap harus memperhatikan pola makan dan mengurangi kalori.
7. Latihan aerobik dapat membantu mengurangi berat badan secara permanen dan dapat mempercepat metabolisme.
Tidak seluruhnya benar. Metabolisme memang menjadi lebih cepat dan bertambah selagi berolahraga, tetapi hanya untuk waktu yang pendek. Tetapi bila Anda menambah beban ketika beraerobik, latihan itu akan membakar kalori pada otot yang berarti memberikan manfaat pada metabolisme untuk jangka waktu yang agak panjang.
8. Olahraga selalu membuat lapar.
Salah. Olahraga yang intens memang menambah selera makan. Olahraga juga dapat membantu Anda mengontrol selera makan, hingga Anda menjadi lebih peka dengan apa yang dirasakan oleh tubuh. Dengan begitu, Anda akan bisa memberikan tubuh hanya apa yang dibutuhkannya.

9. Anda dapat makan apapun yang diinginkan asal cukup berolahraga.
Tidak betul. Bila tubuh Anda lebih banyak menerima kalori daripada apa yang sudah dibakar, berat badan akan bertambah. Aturan kebugaran yang baik termasuk keseimbangan yang peka antara cukup berolah raga dan pola makan yang benar.
10. Berolahraga membuat Anda tidak tidur semalaman.
Salah. Bila Anda berolahraga pada malam hari, hal itu memang betul. Tapi bila Anda berolahraga pada jam-jam yang normal, maka Anda akan tidur lebih nyenyak dan membuat Anda lebih segar dalam menjalani kegiatan keseharian.

11. Dengan menambahkan beban di tangan dan pergelangan kaki pada saat melakukan jogging, Anda dapat melakukan latihan penguatan otot dan aerobik pada saat yang bersamaan.

Salah. Lakukan kedua latihan tadi pada saat yang berbeda. Paling tidak, lakukan aerobik terlebih dahulu baru kemudian jogging. Jangan digabung. Bila melakukannya pada saat yang bersamaan, dapat menekan jaringan-jaringan otot dan menimbulkan masalah pada otot serta persendian.

Selasa, 13 Desember 2011

Humor mahasiswa baru


Riris adalah seorang ibu rumah tangga ddengan dua anak. Karena anak-anaknya sudah bersetatus pelajar SMA dan mahasiswa, semantara suaminya masih aktif bekerja, ia merasa punya banyak waktu luang yang terbuang percuma. Ahirnya, ia memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah, mengejar gelar yang ia impikan sejak muda.
Dari pertama kuliah, seorang dosen menjelaskan silabus yang digunakan serta syarat yang harus dipenuhi agar lulus dari  matakuliah yang ia ajarkan. Riris mendengarkan penjelasan sang dosen dengan penuh semangat sekaligus penuh rasa gugup karena ia sudah belasan tahun meninggalakn dunia kampus.
sambil berdiri di depan kelas sang dosen berkata, hal mendasar yang harus kalian lakukan, kalu kalian tidak ingin bertemu saya lagi semester depan, adalah mengumpulkan semua tugas dan membaca semua buku wajib. Kalian akan saya beritahu nama-nama pengarang buku wajib dan aka nada kius minggu depan untuk menguji sejauh mana kalian memahami buku itu.”
Sang dosen lantas melangkah mendekat meja dosen, mengambil kertass di ats meja, lalu berkata lantang, “Pujo Basuki, Tanti Ramadhan, Eleonora sembiring…”
Mendengar nama-nama disebutkan, dengan sigar Riris mencatat kareana tidak ingin gagal dalam matakuliah tersebut hanya karena ia tidak mengetahui buku mana yang harus di baca. Ia sangat sibuk dan gugup, jantungnya berdetak lebih kencang ketika tiba-tiba pundaknya ditepuk seorang mahasiswa yang duduk di sebelahnya.
Kata mahasiswa tersebut, yang lebih cocok menjadi anaknya daripada teman kuliahnya, “tenag aja, Bu. Pak dosen Cuma ngecek presensi aja koq.

Poin penting
Memperoleh energy baru.
Apakah anda merasa loyo dan menganggap hidup anda terasa sungguh membosankan? Jika jawaban anda ya, anda tidak sendirian. Banyak orang yang merasa sudah terjebak dalam rutinitas dan merasa sudah tejebak dalam rutinitas dan merasa hidup sudah tidak menarik lagi.
Banyak hal yang bisA DILAKUKAN AGAR ANDA DAPAT KELUAR DARI BELENGGU RUTINITAS. PERTAMA, COBALAH untuk lebih aktif secara fisik agar anda merasa energik. Pergilah berjalan-jalan, mampirlah kerumah teman anda, tekuni hobi baruyang mampu memancing minat anda, atau kunjungi tempat-tempat menarik. Tempat baru, pemandangan bary,dan interaksi sosoal tidak hanya menghangatkan jiwa anda, tetapi juga mengalirkan energy baru ke dalam tubuh anda. Kegiatan tersebutmembuat waktu sanggang anda menjadi lebih menarik. Tidak itu aja, hanya memikirkan kegiatan itu sendiri sudah memberikan kesenagan bagi pikiran anda.
Kedua, cobalah untuk meningkatkan pengetahuan anda. Pelajari ilmu-ilmu atau kemampuan baru. Kurangi kegiatan menonton tv dan carilah kegiatan lain yang lebih menantang. Cobalah untu mengutak atik dan membetulkan barang rusak di rumah rumah meskipun anda tidak terlahir sebagai boring yang teampil menggunakan berbagai alat. Kalaupun barang tersebut menjadi semakin rusak, anda jadi lebih tahu cara kerjanya atau cara pembuatanya. Pengetahuan yang tampak sepele itu mungkin bisa berguna di masa depan. Lihatlah sisi positifnya: jika ternyata anda mampu membetulakan barang tersebut, anda punya cerita yang bisa dibanggakan di depan anggota keluarga anda.

penyakit ternak: TRICHONIASIS

Nama lain: Bovine trichomoniasis
                bovine Genital trichomoniasis
Bovine trichomonias abortus
Salah satu diantara penyakit kelamin yang menciri dengan menurunnya daya reproduksi (infertility), rahim berdarah (pyometra) dan kekurangan pada tingkat kebuntingan yang masih sangat muda.
Penyebab: protozoa berflagel yang disebut trichomonias Foetus
-hewan yang renta à sapi jantan dan sapi betina ( yang tertular melalui sapi etina), kelinci, marmot.
Cara penularan:
·         Melalui perkawainan
·         Melalui inseminasi buaran
Gejala:
·         Sukar ditentukan karena kurangjelas dan tidak spesifik
·         Hampir 40% sapi yang terserang penyakit ini menunjukkan siklus birahi yang tidak teratur
·         Keguguran terjadi antara 1-16 minggu masa kandungan
·         Diantara 10% sapi yang terjangkit ditemukan adanya radang rahimn(pyometra). Sapi betina yang menderita pyometra jarang birahi.
·         Pada sapi jantan, penyakit ini bersifat menahan tanpa memperlihatkan gejala klinis yang jelas
·         Selaput lender preputium membengkak disertai sekresi muscopurulen dari alat kelamin.
·         Peradangan pada scrotum dan penisnya
·         Pembuluh limpa dan folikel membengkak serta membentuk nodulin berwaran merah
·         Sekali hewan / sapi jantan ini terinfeksi, maka seumur hidup sapi tersebut mengandung parasit.
Pencegahan:
Untuk pencehahan penularan trichomonosiasis ke suatau daerah perlu diambil tindakan pencegahan seperti:
1.       Mengetahui asal usul dan fertilitas sapi yang akan dimasukkan
2.       Memeriksa terlebih dahulu sapi jantan ataupun betina yang akan dibeli
3.       Jangan mengawinkan sapi jantan yang baru dibeli dengan sa[I betina yang ada, sebaiknya perkawinan dengan IB.
4.       Bila sapi jantan sakit, jangan dikawinkan untuk semwentara sekurang-kurangnya 90 hari
5.       Bila sapi jantan sakit , sebaiknya diotong saja
Pengobatan :
·         Paa sapi yang mengalami abortus, pertama2 harus dilakukan pembersihan sisa-sisa plasenta
·         Kemudian dilakukan irigasi dengan lugol 1% atau ½% tripoflavin atau 1-3 larutan chlor
·         Setelah bersih dimasukkan bubuk sulfanilamide ke dalam uterus, karena memungkinkan terjadi luka
·         Berikan juga suntikan antibiotika untuk mencegah infeksi sekunder

penyakit ternak: DIPHTERIA AVIUM

Nama lain: Fowel fox
                Yurkey fox
                Conary fox
                Pigeon fox
                Avian diphtheria
                Cacar unggas
Penyakit menular yang akut pada unggas
-Penyebab: virus yang disebut Borrelia avium atau borel bodies.
-Bangsa2 unggas yang peka terhadap penyakit ini ayam, kalkun, burung dara, itik, angsa, ayam mutiara, burung kuao.
Gejala:
·         Jejas2 keputih2an pada paruh, sinus pharynk à bila dikupas keluar darah
·         Jejas2 pada pial, jengger dan kaki
·         Paruh penuh lender, kadang cairan tersebut keluar dari mata dan hidung (karena iritasi) nafas terganggu.
·         Nafsu makan berkurang (karena pada sekitar mata terlalu banyak bintil-bintil sehingga menutup mata)
·         Malas berkokok suara tidak nyaring
·         Mula2  jejas berbentuk bintil kecil warna merah, membesar warna kekuningan, kemudian merah hitam, selanjutnya lapisan luar tertutup selaput keputih-putian.
Penyebaran:
·         Kontak langsung dengan ayam yang berpenyakit cacar
·         Melalui makan dan minum dan peralatan kandang yang tercemar virus cacar unggas
·         Melalui hewan lain seperti nyamuk, lalat, itik, angsa, kalkun, merpati, dan burung lainnya.
Pencegahan:
·         Sanitasi, kebersihan kandang dan tata laksana perkandangan harus baik.
·         Semprot kandang dengan disenfektan 2 minggu sekali (kalau perlu perlu seminggu 2x bila terjadi wabah)
·         Makanan yang diberikan harus bergizi baik (cukup protein, mineral, vitamin) dan jumlah yang cukup.
·         Program vaksin cacar unggas dilakukan dengan baik.
Penanganan: jika sudah muncul bintil-bintil à dikelupas kemudian di tetesi dengan Methlene blue pada bekas yang terkelupas
Pencegahan: dengan vaksinasi à ditusuk/digores pada bagian bawah sayap yang kelihatan kulitnya.

penyakit ternak: FOWL CHOLERA

Nama lain: Cholera pada unggas
                Penyakit berak hijau
·         Serangan ganas dan dapat mengakibatkan kematian dengan waktu yang relative singkat
·         Angka kematian tinggi & menyerang ayam dalam segala umur
Penyebab:
·         Bakteri gram negative yang disebut Pasteurlla multocida
·         Dalam keadaan normal, bakteri ini terdapat di dalam saluran pernafasan tanpa menimbulkan gejala-gejala penyakit
·         Bakteri ini akan jadi pathogen (penyebap penyakit) apabila keadaan resistensi (daya tahan) tubuh menurun akibat makanan jelek, cuaca buruk, pemeliharaaan yang tidak baik
Cara penularan:
·         Melalui udara, alat makan, dan minum, makan dan minum.
·         Melalui kotoran ayam yang terjangkit colera
·         Melalui binatang carier, seperti ayam, tikus, burung merpati dll.
Beberapa macam bentuk cholera
1.       Bentuk Pre-akur. Mati sekonyong-konyong  tanpa menunjukkan gejala dan kematian menjalar cepat dalam jumlah tinggi.
2.       Bentuk akut. Masa inkubasi berlangsung 4-9 hari, kematian terjadi setelah terlihat gejala sakit 1-3 hari.
3.       Bentuk sub-akut. Terutama menyerang pernafasan.
4.       Bentuk kronis. Jarang terjadi kematian pada bentuk ini.
Gejala:
·         Nafas sesak, terengah-engah, bersin, batuk, ngorok.
·         Enggan berkokok dan salurannya tidak jernih
·         Hidung dan paruh mengeluarkan cairan kental, air liur menggantung.
·         Nafsu makan berkurang.
·         Lemah, lesu, bulu kusam, sayap menggantung
·         Jengger dan pial bengkak, berwarna kebiruan
·         Kotoran mula-mula mencret putih, kemudian kekuningan, akibatnya hijau/kecoklatan
·         Suhu badan naik
·         Kelumpuhan bisa terjadi jika parah dan diikuti dengan kematian
Pencegahan:
·         Tata laksana peternakan dilakukan dengan baik
·         Sanitasi kandang baik, minimum 1 minggu sekali disemprot disinfektan
·         Cegah binatang carier memasuki kandang
·         Diberi makanan dan minuman bergizi
·         Ayam yang sakit harus diisbilir dan ayam mati harus segera dimusnahkan
·         Vaksinasi pada ayam saat umur 7-12 minggu dan revaksin 4-5 minggu setelah vaksinasi 1
Pengobatan: yang sakit diisolir dan diobati secara intensif

penyakit ternak: INFECTIOUS CORYZA

NAMA LAIN: SNOT
 PILEK
HEMOPILLUS  GALLINARUM INFECTION
·         Penyakit yang akut pada unggas
·         Tidak menimbulkan kematian, tetapi menurunkan berat badan, bagi ayam petelur produksi telurnya menurun.
Penyebab:
·         Bakteri yang disebut Haemophillus Galinarum
·         Tipe bakteri yang lemah, tetapi sangat mudah menyebar dari unggas ke unggas lainnya
·         Masa inkubasi 1-3hari
Gejala:
·         Menyerang ayam pada segala umur
·         Ayam terlihat haus, nafsu makan berkurang, malas, gerakan lambat.
·         Pernafasan terganggu, tenggorokan, paruh dan hidung berair
·         Malas berkokok dan suaranya serak
·         Batuk-batuk, bersin, ngorok
·         Kadang mata bengjkak & mengeluarkan cairan
·         Kadangkala pial dan jenggernya bengkak
·         Pada hidung ada cairan kental berwarana kuning (sxudate) keluar bila ditekan juga ada pada mata
·         Karena kondisinya ayam yang terserang Coryza mudah kena penyakit lain (komplikasi) misalnya: radang mata, padang paru-paru, radang selaput kantung.
Penyebab:
·         Ada 2 cara penyebap penyakit ini
1.       Melalui air minum
2.       Melalui udara
·         Sifat penularannya sangat cepat dan dapat menimbulkan wabah
Pencegahan:
·         Kebersihan kandang harus di jaga
·         Ayam yang sudah sembuh dari sakit coryza. Sebaiknya dipisahkan dan ayam yang sehat, sebab ayam ini dapat menjadi carier.
·         Bila udara buruk, sebaiknya kandang dilindungi dengan karung goni, tikar dll. Tetapi jangan plastic karena akan menimbulkan panas.
·         Selama musin pancaroba, makan dan minum harus dijaga dengan baik
·         Program vaksinasi dengan CRD inaktif agar dilakukan dengan baik

PENYAKIT TERNAK : INFEKTIUS BRONKITIS (IB)

NAMA lain Gasping Disease, penyakit sesak nafas, Bracnchitis.
·         Penyakit yang perlu diwaspadaia pada ayam karana berpengaruh pada kokokanya
·         Penyakit pernafassan pada ayam yang akut dan sangat cepat menular
·         Ditandai dengan batuk, bersin, dan sesak nafas.
Penyebab:
·         Virus yang tergolong dalam grup carona
·         Virus yang tahan terhadap antibiotic dan dapat dikembangkan dalam embrio ayam umur 9-11 hari
Sifat dan cara pencegahnya:
·         Sifat menular sangat cepat
·         Menyerang saluran pernafasan dan berpengaruh pada pita suara sehingga pita suara sulit untuk pulih kembali seperti sedia kala
·         Penularahn lewat kontak langsung, lewat makanan dan minuman lewat alat-alat peternakan, lewat carier.
·         Ayam yang baru sembuh dari IB masih dapat menularkan penyakit ini
·         Melalui bekas kandang ayam yang kena IB
Gejala:
·         Ngorok, sesak nafas, bersin, batuk.
·         Mata berair, hidung mengeluarkan lender cair
·         Mata kadangkala bengkak dan berair
·         BB menurun
·         Produksi dalam breeding buruk
·         Angka kematian tinggi terutama pada naka ayam
Pencegahan:
·         Vaksin Ib dilakukan dengan ketat
·         Sisa pakan dan tata laksana perkawinan dilakukan dengan baik, kandang tidak lembab, cukum SM, disemprot disinfektan min 2 minggu sekali.
·         Diberi ransum yang baik
·         Mencegah carier mendekati kandang
·         Mengisolasi ayam yang sakit untuk mencegah penularan pada ayam yang sehat
Vaksiansi:
·         Diteteskan dalam mata
·         Berupa spray
·         Dalam air minum

Pengikut