Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 29 November 2011

Kalau Binatang Punya Facebook

Kalo binatang punya FB,kira2 statusnya kaya gini kali yaaa...

Anjing pudel : Nunggu di jemput majikan, mo ke salon neeh...

Kecoa : Baru aja slamet dri injekan maut...fiuhh..

Sapi : HuH sebel susuku di raba2 lg oleh majikanku, dikiranya gw jablay apa, edan!!

Kucing : Anak gw yg ke7 barusan nanya sapa bapaknya, gw bingung mau jwb apa, gw sendiri lupa bpknya siapa..

Nyamuk : Gw positif HIV AIDS, gara2 salah isep, hiks..X_X

Ayam : Teman2 klo besok gw ga update, berarti gw di goreng, luv u all..:'(

CumiCumi : Abis isi ulang tinta neeh...

Babi : Gw difitnah nyebarin flu, sialan...

Giliran kutu : salah masuk rambut nih..brekele amat..

Kambing : Jngn kluar rumah friends, bentar lg idul adha...

Babi komen status Kambing: untung gw haram *yes!!

Kambing bales komen:
abis idul adha khan imlek bro, lo lupa? *skak mat!

Senin, 28 November 2011

KUTUKAN

"Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan istilah kutukan atau laknat atau apa lagi istilah yang memiliki arti hampir sama dengan kutukan. Kutukan adalah sejenis mantra atau ucapan yang akan memberikan dampak/ musibah bagi pihak yang dikutuk."

Sewaktu kecil ketika masih umur 10 tahunan aku memiliki masalah sama teman-teman sebayaku. Masalahnya cukup serius. Yaitu aku di jahui oleh teman-temanku. Buakan karna aku nakal ataupun jelek, bau, apalagi jorok. Aku bukan orang seperti itu.
Aku di jahui oleh teman-temanku karan aku memiliki sebuah kutukan. “KUTUKAN” ya itu kalimat yang ku buat untukku saat itu. Karna setiap mainan temanku yang aku sentuh pasti langsung rusak. Contohnya ketika bermain sepatu roda karena yang punya sepatu roda hanya satu orang kita bermain bergantian ketika tiba giliranku, saat akan ku pakai tiba-tiba roda depan sepatu roda itu patah. Padahal aku belum sempat berdiri dan mencobanya. Aku merasa bersalah dan segera minta maaf. Lalu berlanjut ke video game, ada satu temanku yang memiliki video game baru. Karna ingin mencoba aku meminjamnya, belum sempat ku mainkan, baru saja ku nyalakan tombol on/off-nya entah kenapa tiba-tiba alat itu layarnya menjadi buram. Dalam pikiranku saat itu mungkin layarnya memang begitu karena video game punyaku yang lama layarnya memang tidak secerah punyaku yang baru. Lalu aku bermain, ketika di tengah permainan temanku melihat video gamenya dan melihat layarnya yang redup dia bilang kalau aku merusakkannya. Yang jelas waktu itu aku mebrontaknya karna jelas-jelas sejak aku bermain tadi layarnya emang begitu. Setelah itu dia menagis dan pulang.
Kejadian-kejadian seperti itu berlanjut hingga berminggu-minggu. Semua mainan temanku (teman rumah bukan teman sekolah. teman rumahku tidak semuanya satu sekolah kami ber delapan terbagi menjadi lima sekolah dasar yang berbeda saat itu) rusak ketika baru aku pinjam atau aku sentuh. Entah itu mainan elektronik maupun non elektronik semuanya rusak.
Pada ahirnya di suatu siang setelah pulang sekolah aku mau bermain. Ku cari teman-temanku dari satu rumah ke rumah lain. Tapi tak ada balasan panggilanku pada mereka. Ahirnya siang itu aku bermain sendiri. Menjelang sore aku mencari mereka lagi, satu-persatu temanku ku datangi di rumah mereka masing-masing tapi mereka tidak ada.
Ke esokan harinya setelah pulang sekolah aku mencari teman-temanku lagi. Dan mereka tidak ada. Lalu aku mulai berpikir sejenak. Dalam pikiranku saat itu mungkin teman-temanku sedang rahasaiaan-rahasiaan denagku sehingga mereka tidak mau menemuiku (biasa permaina anak kecil saat itu).
Selidik-punya selidik aku mengikuti permain mereka. Mereka main rahasiaan-rahasiaan padaku akupun berubah menjadi ditektif cilik yang akan membokar rahsia mereka. Siang itu aku seharian bersembunyi di atas pohon mangga depan rumah menunggu teman-temanku kalu mereka datang atau lewat.
Sekitar satu jam an, temanku dengan sembunyi-sembunyi seperti bermain petak umpet tengok kanan kiri berdiri di belakang pagar rumah salah satu tetanggaku. Di atas pohoon itu aku melihatnya. Dan ternyata bukan satu orang saja yang ada di sana semua teman rumahku ternyata ada disana dan ikut-ikutan temanku yang pertama. Ketika akan melewati depan rumahku teman-teman ku dengan berjinjit-jinjin dan berjalan  pelan pelam seerti kucing sedang siap-siap memangsa seekor tikus. Dan kecurigaan ku saat itu benar kalau mereka memiliki rahsaia tanpa aku. “ku ikuti mermainanMu” kataku dalm hati.
Setelah melewati depan rumahku mereka berlari sekencang-kencangnya menuju sebuah perkarangan kosong milik etangga kami. Di pekarangan itu tumbuh banyak tumbuhan mulai ketela, tebu, pisang, jambu, mangga, nanas dan beberapa pohon yang tak kuketahui namanya.  Di sana lah mereka berkumpul lagi. Membentuk sebuah barisan kecil anak-anak usia 10 tahuan.
Setelah mereka masuk pekarangan tersebut aku mulai turun dari pohon mangga. Dengan pelan-pelan seperti yang mereka lakukan tadi berjinjit-jinjit agar tidak terdengar suara langkah kakiku, aku menuju ke tempatmereka. Ku lihat mereka sedang duduk-duduk di belang pekaranag itu. Dengan hati-hati, denga bersembunyi di balik setiap pohon nangka dan mangga yang aku lewati aku berusaha mendekati mereka. Karna tubuhku yang dulu sangatlah kecil dengan mudah aku bersemunyi di tiap pohon-pohon tersebut hingga aku dapat mendekati teman-temanku yang hingga jarak aku bisa mendengar percapakan mereka.
Lalu dengan santai dan sedikit senyum puas aku mulai duduk dan mendengar pembicaraan mereka. Tanpa curiga mereka mulai bicara. Dan yang mereka bicarakan adalah “AKU”. Aku yang selalu merusakkan mainan mereka, aku yang mereka salahkan, aku yang mereka benci, aku yang jadi olok-olokan meka. Dan aku yang mendengarkan mereka bicar ini hanya bisa menangis dalam hati saja di persembunyian. Aku ingin marah dan memukul mereka satu-persatu tapi dalam pikiranku mana mungkin aku menang satu lawan ber tujuh?
Hingga setengah jam an aku mendengarkan mereka bicara yang mengolok-olok aku, membenci diriku dan dendam denganku. Lalu meka mengatakan tidak akan mengajakku bermain apapun karna mereka takut semua barang mereka rusak karna sentuhan tanganku. Sebagai penutup mereka melakukan sumpah bersama kalau mereka tak akan pernah mengajakku bermaina lagi. Sekali lagi, aku menagis dalam persembunyian.
Lalu setelah puas membicarakan aku mereka bilang kalu mereka akan bermain game sega terbaru milik temanku. Mereka pergi tanpa tahu kalau aku dari sejak tadi mendengarkan mereka bicara. Mereka pergi lewat pekarangan belakang yang langsung mengarah ke rumah salah satu temanku.
Walaupun rasa sakit di hati setelah mendengar mereka membicarakan aku tapi rasa penasaranku akan permainan baru itu lebih besar dari rasa sakit hatiku pada mereka. Denagan hati-hati aku aku mengikuti mereka lagi. Di salah satu rumah temanku mereka masuk kedalam. Pintu di tutup dari dalam sehingga rumah terlihat kosong tertutup.
Lalu aku mendekati rumah temanku itu. Aku tahu mereka ada di dalam, lalu lewat lubang jendela yang kecil aku intip mereka. Kulihat mereka sedang asik bermain game dan bersenag-senag tanpa aku. Tanpa berpikir panjang aku panggil nama mereka satu-persatu di depan rumah itu. Sambil ku lihat jendela kulihat mereka lari terbirit-birit bersembunyi di belakang almari, belakang kursi ataupun berlari ke salah satu kamar. Mungkin dalam pikiran mereka yang penting mereka tidak terlihat olehku walaupun jelas-jelas aku melihat mereka.
Barulah aku ingat kalu mereka membenciku. Mereka takut kalau aku merusakkan mainan mereka lagi. Disitulah aku sadar kalau mereka tidak menginginkan aku. Lalu aku berlari pulang. Di rumah, di dalam kamar aku menagis. Walaupu cowok kalu begitu caranya pastilah menagis. Dan tak ada yang tahu kalu aku menangis. Seperti siang-siang biasanya sekitar rumahku kosong orang dewasa di saat itu sedang bekerja, yang ada hanya anak sekolah seusiakau dan para nenek-nenek pengangguran di beberapa rumah. Hal ini sudah biasa bagi kami anak-anak di sekitar rumahku.
Aku sadar kalu mainan temanku rusak saat aku yang pegang, aku sadar aku yang salah, tapi tak sepantsanya mereka meninggalkan aku. Berhari-hari sehabis pulang sekolah yang aku lakukan hanya memanjat pohon mangga dan mengamati teman-temanku bermainan. Kadang-kadang aku juga ikut tersenyum jika ada hal yang lucu pada mereka. Tapi itu bukan hal yang mampu membutatku ikut bermain dengan mereka.
Selama itu aku merasa akau aku di kutuk Tuhan kalau semua barang yang ku sentuh akan segera rusak. Seperti dalam sebuah film dimana semua yang di sentuh tokoh utama akan menjadi emas hingga keluarganya dan teman-temannya menjadi emas. Bedanya dia menjadi emas dan aku menjadi barang rusak. Dalam kesendirianku itu aku memohon pada tuhan agar hal itu tidak terjadi padaku.
Hampir dua minggu hal itu berlangsung. Sendiri, bosan, di jahui seperti menjadai sebuah kebiasaaan. Aku menjadi pendiam dan suaka bermain . orang tuakau memang tak curiga karna ketika di hadapan mereka sifatku seperti biasa.
Lalau di suat sore seorang temanku (cewek) datang kerumah dan mengajakku bermain. Walaupun rasa sakit masih ada karna ulah dia dan mereka tapi aku menaggapinya denagn senang hati. Hanya berdua kita bermain, berjalan-jalan dan bercanda. Mulai dari bermain ke sawah, ke setadion sampai bermain video game di rumahku. Selama sebulan lebih hanya dialah yang menjadi teman bermainku yang setia.
Entah karna bosan atau apa satu persatu temanku mulai dekat dengan ku lagi. Tanpa ku ungkit-ungkit perkataan mereka aku bermain bersama lagi. Sampai umur menjelang 22 tahun aku memendam ingatan itu sendiri. Dan hari ini kutulis dalam sebuah tulisan. Rasa takut merusak barang orang lain masih ada sampai sekarang hingga kadang-kadang aku tak berani meminjam sesuatu pada temanku hingga teman-temanku menganggapku orang yang tertutup. Rasa hidup sendiri tanpa teman hingga sekarang masih kuingat dengan jelas rasanya, aku takut kehilangan satu teman dalam hidupku. Betapa bosan dan sedihnya tanpa teman saat itu. Selain itu pelajaran yang ku ambil bahwa aku harus bertanggung jawab akan apa yang aku lakukan sengaja ataupun yang tidak aku sengaja.

Sabtu, 26 November 2011

Manajemen Pemberian Pakan Pada Pedet

Pedet yang baru lahir membutuhkan perawatan khusus, ketelitian, kecermatan dan ketekunan dibandingkan dengan pemeliharaan sapi dewasa. Pemeliharaan pedet mulai dari lahir hingga disapih merupakan bagian penting dalam kelangsungan suatu usaha peternakan sapi perah. Kesalahan dalam penanganan dan pemeliharaan pada pedet muda dengan umur 0-3 minggu dapat menyebabkan pedet mati lemas saat lahir, lemah, infeksi dan sulit dibesarkan.
Pemberian pakan pedet diharapkan semaksimal mungkin mendapatkan asupan nutrisi yang optimal. Nutrisi yang baik pada saat masih pedet akan memberikan nilai positif saat lepas sapih, dara dan siap jadi bibit yang prima. Sehingga produktivitas yang optimal dapat dicapai.
A.     Penanganan Pedet Saat Lahir
          Setelah pedet berhasil dikeluarkan dari induk betina,  kemudian peternak harus membantu pernapasan pedet.  Jika pedet sulit bernafas akibat adanya lendir di rongga mulut atau di saluran pernapasan,  peternak dapat membantu mengeluarkan lendir dengan cara:
·         masukan jari ke dalam rongga mulut untuk mengeluarkan lendir,
·         jika pedet masih tidak bisa mengangkat kepalanya,  angkat dan turunkan pedet berulang-ulang (3-5 kali) melalui kaki belakang sampai lendir keluar dari rongga hidung dan rongga mulut
·         jika pedet masih tdak bisa mengangkat kepalanya,  siram pedet dengan air dingin.
Setelah itu, keringkan badan pedet.  dianjurkan induk sapi dapat membersihkan atau menjilat-jilat tubuh pedet selama 10-15 menit.  tujuannya adalah untuk membantu uterus (rahim) bergerak atau berkontraksi lebih kuat sehingga melancarkan pengeluaran plasenta.  Setelah itu, badan pedet yang masih basah dapat dibersihkan dan dikeringkan dengan kain lap atau dengan handuk yang bersih dan kering.  Setelah pedet dapat berdiri,  tali pusar dipotong tetapi tidak seluruhnya,  sisakan tali pusar sepanjang 2 cm dari pangkal pusar.  Tali pusar di desinfeksi untuk mencegah infeksi dengan cara dicelupkan ke dalam larutan yodium tinctur 10%. Kemudian berikan kolostrum sampai hari kelima atau ketujuh setelah pedet lahir.
B.     Alat Pencernaan Pada Sapi Pedet
Untuk dapat melaksanakan program pemberian pakan pada pedet, ada baiknya kita harus memahami dulu susunan dan perkembangan alat pencernaan anak sapi. Perkembangan alat pencernaan ini yang akan menuntun bagaimana langkah-langkah pemberian pakan yang benar. Sejak lahir anak sapi telah mempunyai 4 bagian perut, yaitu : Rumen (perut handuk), Retikulum (perut jala), Omasum (perut buku) dan Abomasum (perut sejati). Pada awalnya saat sapi itu lahir hanya abomasum yang telah berfungsi (Anonim, 2011).
Sampai umur 1 minggu, pedet pada dasarnya bukan ternak ruminansia, melainkan ternak berlambung sederhana (monogastrika). Apabila  dibandingkan dengan sapi dewasa, maka rumen, reticulum dan omasum  belum berkembang. Adapun abomasum merupakan bagian yang terbesar, yaitu 70% dari total lambung secara keseluruhan. Susu yang diminum masuk ke lambung tidak melalui rumen, tetapi langsung dari mulut ke abomasums melalui sulcus esophagus (Mukhtar, 2010).
Rumen belum berkembang sampai pedet belum diberi pakan kasar berupa konsentrat atau hijauan. Agar rumen segera berfungsi dianjurkan setelah umur satu minggu pedet mulai dilatih mengkonsumsi pakan kasar berupa konsentrat pedet ( calf starter ) dan hijauan, disamping makanan utamanya berupa makanan cair  (Mukhtar, 2010).
C.    Manajemen Pemberian Pakan Pada Pedet
1.      Susu
Makanan utama pedet ialah air susu. Pemberian air susu biasanya berlangsung sampai dengan pedet berumur 3-4 bulan. Makanan pengganti dapat diberikan namun harus memperhatikan kondisi atau perkembangan  alat pencernaan pedet. Cara pemberian makanan dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari peternak itu sendiri,kondisi pedet dan jenis makanan yang diberikan (AAK, 1995).
Waktu kecil pedet hanya akan mengkonsumsi air susu sedikit demi sedikit dan secara bertahap anak sapi akan mengkonsumsi calf starter (konsentrat untuk awal pertumbuhan yang padat akan gizi, rendah serat kasar dan bertekstur lembut) dan selanjutnya belajar menkonsumsi rumput. Pada saat pedet, air susu yang diminum akan langsung disalurkan ke abomasum karena adanya saluran yang disebut “Oeshopageal groove”.  Saluran ini akan menutup bila pedet meminum air susu, sehingga susu tidak jatuh ke dalam rumen. Selama 4 minggu pertama sebenarnya pedet hanya mampu mengkonsumsi pakan dalam bentuk cair.
Kolostrum banyak mengandung vitamin dan mineral dan agak lebih bersifat pencahar dan membantu dan membantu membersihkan intestinum akan sapi muda dari kotoran yang bergumpalan. Juga mengandung antibiotic yang dibutuhkann oleh anak sapi pertumbuhan (Williamson dan Payne, 1993). Kolostrim kaya akan zat-zat karotinoid dan beberapa vitamin yang larut dalam lemak ( A,D,E ), kesemuanya merupakan zat yang tidak banyak didapatkan dalam tubuh anak ruminansia yang baru lahir (Prakasi, 1999).
Kolostrum sangat penting bagi pedet yang baru saja lahir,karena:
·         Kolostrum lebih banyak mengandung energi, 6X lebih banyak kandungan proteinnya, 100X untuk vitamin A dan 3X lebih kaya akan mineral dibanding air susu normal.
·         Mengandung enzym yang mampu menggertak sel-sel dalam alat pencernaan pedet supaya secepatnya dapat berfungsi (mengeluarkan enzim pencernaan).
·         Kolostrum mengandung sedikit laktosa sehingga mengurangi resiko diare.
·         Mengandung inhibitor trypsin, sehingga antibodi dapat diserap dalam bentuk protein.
·         Kolostrum kaya akan zat antibodi yang berfungsi melindungi pedet yang baru lahir dari penyakit infeksi.
·         Kolostrum dapat juga menghambat perkembangan bakteri E. coli dalam usus pedet (karena mengandung laktoferin) dalam waktu 24 jam pertama.
2. Milk Replacer atau Pengganti Air Susu (PAS)
Pada fase pemberian susu untuk pedet, air susu sapi asli dapat diganti menggunakan Milk Replacer/PAS. Milk Replacer yang baik kualitasnya dapat memberikan pertambahan bobot badan yang sama dengan kalau diberi air susu sampai umur 4 minggu. Namun kadang-kadang pemberian milk replacer mengakibatkan sapi lambat dewasa kelamin dan sering mengakibatkan pedet kegemukan. Milk replacer yang baik dibuat dari bahan baku yang berasal dari produk air susu yang baik seperti ; susu skim, whey, lemak susu dan serealia dalam jumlah terbatas. Milk replacer sebaiknya diberikan pada saat pedet berusia antara 3 – 5 minggu dan jangan diberikan kepada pedet yang berusia kurang dari 2 minggu. Pedet yang berusia kurang dari 2 minggu belum bisa mencerna pati-patian dan protein selain casein (protein susu).
Milk replacer yang baik mempunyai standar komposisi sebagi berikut Protein 20%, lemak 12%, serat kurang dari 0.25% dan juga mengandung antibiotik untuk mencegah diare. Selain antibiotik juga dapat memberikan faedah dalam nafsu makan, kehalusan bulu yang halus, pertambhan bobot badan dan efisien penggunaan pakan. Anti biotik yang sering digunakan adalah Klortetrasiklin dan oksitetrasiklin. Frekuensi pemberian sama dengan pemberian air susu harus lebih dari 1X dalam 1 hari dan yang terpenting harus teratur waktu dan jumlahnya.
3.      Rasio starter
 Kualitas yang baik untuk calf starter dengan palatabilitas yang tinggi harus diberikan selama minggu pertama selama awal kehidupan pedet. Calf starter terbaik yaitu yang mengandung energi tinggi dan mengandung 18 persen protein kasar. Untuk mendorong asupan nutrisi, calf starter harus terdiri secara keseluruhan, berbentuk gilingan kasar, retak, atau gulungan butiran-butiran. Molase (sampai 5 persen dari campuran) dapat meningkatkan palatabilitas dan meminimalkan debu. Serta tidak diharapkan adanya kontaminasi dalam bentuk tanah-tanah halus di dalam pakan. Seluruh biji-bijian, khususnya gandum, bisa diberikan sebagai pakan sampai umur 3 bulan. Calf starter harus diberikan sebagai makanan pedet sampai sekitar umur 12 minggu. Pengambilan harus dibatasi untuk 3 sampai 5 pon tiap pedet untuk setiap harinya (Jasper and Weary).
Adapun formula calf starter yang diberikan adalah sebagai berikut:
Bahan Pakan
Formulasi Ransum
A
B
C
Jagung giling
84,0
83,0
59,0
Bungkil kedelai
14,5
15,5
13,5
Bungkil kelapa
1,0
-
7,0
Dedak halus
-
1,0
20,0
Garam mineral
0,5
0,5
0,5
Vitamin A
Total (Kg)
200.000
200.000
200.000
100
100
100
Protein kasar (%DM)
16,0
16,0
16,0
Digestible Energy (Mcal/kg)
3,5
3,5
3,5












DAFTAR PUSTAKA

Anonimus. 2011. Formula konsentrat untuk pedet. http://duniasapi.com/id/pra-produksi-potong/898-pakan-pedet-masa-sapih.html. Diakses pada tanggal 23 Maret 2011 pukul 20.00 WIB.
Anonimus. 2011. Formula konsentrat untuk pedet http://peternakanunhas.blogspot.com/2011_02_01_archive.html. Diakses pada tanggal 30 Maret 2011 pukul 20.00 WIB.
Anonimus. 2011. Peranan calf starter bagi pedet.  http://khaeryah.blogspot.com/2010_03_01_archive.html. Diakses pada tanggal 30 Maret 2011 pukul 20.00 WIB.
Harris, B and Shearer, J. K. Feeding and Management of Young Dairy Calves.
Jasper, J and Weary, D. M. 2002. Effects of Ad Libitum Milk Intake on Dairy Calves. Animal Welfare Program, Faculty of Agricultural Sciences, University of British Columbia, Vancouver V6T 1Z4, Canada.
 Kartadisastra. 1997. Penanganan Kambing dan Domba. Penebar Swadaya. Jakarta.
Monroe, S and Amaral,D. P. Feeding and Managing Dairy Calves. University of Kentucky
Mukhtar, A. 2010. Manajemen Ternak Perah. Universitas Sebelas Maret Press. Surakarta.
Tilman, A.D, H Hartadi, S Reksohadiprodjo, S Prawirokoesumo dan S Lebdosoekodjo., 1998. Ilmu Makanan ternak Dasar. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
AAK. 1995. Petunjuk Praktis Beternak Sapi Perah. Kanisius. Yogyakarta.
Williamson, G dan W.J.A. Payne., 1993. Pengantar Peternakan Di Daerah Tropis. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Humor: Orang Gila Pergi Piknik

Pada suatu ketika, di salah satu RS Jiwa mengadakan piknik untuk penghuninya ditemani suster dan dokter dari rumah sakit. Tak tanggung-tanggung, pikniknya ke Jiangmen di Cina. Seperti halnya piknik orang sehat, mereka juga telah membawa semua barang-barang yang menyenangkan termaksud bola kaki. Mereka berangkat menggunakan Boeing 747-400. Pada saat pesawat sedang terbang dan berada di atas ketinggian 75.000  Kaki, tiba-tiba pesawat terguncang. Selidik punya selidik, ternyata orang-orang gile tersebut sedang asyik bermain bola. Bayangkan, Bermain Bola. Sang pilot berusaha melarang mereka dengan menyuruh mereka untuk duduk tenang dan mengenakan sabuk pengaman, tetapi tak digubris oleh orang-orang gila tersebut. Akhirnya sang pilot memanggil dokter dan suster yang menemani para orang gila tersebut. Sang dokter dan suster dipanggil oleh pilot untuk datang ke kokpit, dan sementara itu pesawat masih belum stabil karena orang-orang gila itu bermain bola. Lalu terjadilah percakapan ini :
Pilot : Bapak Dokter yang terhormat, Kami dari penerbangan mengharapkan bantuan bapak untuk menenangkan pasien anda. Terus terang, goncangan yang mereka buat ini sangat membahayakan bagi keselamatan penerbangan.
Dokter: Oke, Bapak Pilot. Saya akan memerintahkan suster untuk segera menghentikan mereka. “Suster, Suruh mereka untuk duduk tenang!
Suster : Baik Dok!
Maka suster pun pergi menemui para pasien. Tapi tak lama kemudian suster itu kembali sambil marah,
Suster : WADUH DOK! mereka tidak mau berhenti bermain bola.
Dokter : Oke, Biar saya yang akan menghadapi mereka. saya akan berikan apa yang mereka mau, itu adalah kunci pendekatan psikologis!
Pilot : Oke, kami akan menunggu disini!
Maka dokter itu pergi menemui para pasiennya. Tak lama kemudian, goncangan pada pesawat terhenti. pasti para pasien telah menghentikan bermain bola. Ketika sang dokter kembali ke kokpit, maka sang suster dan sang pilot bertanya, “Apa yang bapak kerjakan. Sepertinya mereka begitu patuh kepada bapak dan segera duduk tenang?” Lalu sang dokter berkata, “Wah… mereka sangat keras kepala untuk bermain bola bahkan mereka marah ketika saya suruh duduk tenang, jadi saya perintahkan kepada mereka untuk bermain di luar!”

Jumat, 18 November 2011

Tips Perawatan Kulit Berminyak Untuk Pria

“ Wajar kalo seorang cowok memperhatikan kesehatan kulit mereka, karena semua orang berhak menjaga kesehatan kulit. Merawat atau memperhatikan kulit tidak bisa hanya dikaitkan sebagai bagian kegiatan wanita. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan masalah gender. Setuju banget kalo cowok menjaga kesehatan kulit. Zaman sekarang ini sangat rentan dengan penyakit, sehingga pria-pria juga diwajibkan merawat kulit (selain wanita). Secara pandangan orang awam, menjaga kesehatan kulit cenderung dikaitkan dengan kemetroseksualan lelaki, namun jika kita berpandangan positif dan luas, cowok menjaga kesehatan kulit karena dia cara dan mau tahu tentang kebersian badan instead of mempertahankan style. “
Beberapa pria tampaknya memiliki segalanya. Kecerdasan, ketampanan, selera humor yang tinggi, uang berlimpah, bersih, wangi dan sebagainya, dimana hal ini merupakan kriteria pria idaman di mata wanita. Wanita mana yang tidak menginginkan pria seperti itu? Sebagian besar wanita menginginkannya. Ini cukup untuk membuat rasa iri bukan? Dengan mereka yang sempurna, kulit sempurna.
Siapa bilang pria yang selalu memperhatikan kulit wajah adalah laki-laki yang kebanci-bancian? Jangan hiraukan anggapan yang bodoh itu. Pria juga perlu perawatan kulit wajah, sama halnya dengan wanita. Masalah kulit merupakan fakta dalam kehidupan. Ini merupakan salah satu faktor kepercayaan diri seseorang. Kulit wajah yang tidak sedap dipandang, akan menimbulkan rasa percaya diri yang kurang bahkan tidak sama sekali. Bagi para pria jangan khawatir. Masih ada harapan, teman. Bagi anda yang memiliki masalah wajah berminyak, simak 5 tips berikut ini.
1.    Disiplin
Disiplin bukan hanya untuk para anggota militer saja. Kulit juga membutuhkan kedisiplinan. Minum banyak air dan banyak memakai tabir surya secara teratur. Berdisiplinlah untuk mencuci wajah anda, setiap pagi dan setiap sore.
Jangan pesimis, kulit berminyak lebih lambat mengalami penuaan dibanding rekan-rekan anda yang lain, alias wajah tidak gampang tua.
2.     Hindari jauh-jauh makanan berlemak
Masalah umum yang paling utama sering ditimbulkan oleh makanan berlemak adalah jerawat. Lebih baik, banyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah.
3.    Pelembab
Kedengarannya sangat aneh, seorang pria memakai pelembab pada kulit berminyak. Tenang, minyak dan kelembaban adalah dua hal yang berbeda. Semua kulit membutuhkan kelembaban ekstra. Pelembab yang terbaik untuk kulit berminyak akan menjadi ringan dan bebas minyak (poin bonus jika anda menggunakan produk yang mengandung tabir surya). Gunakan saja setelah mencuci wajah.
4.    Be gentle
Jangan mengambil langkah pendek tanpa memikirkan resiko buruknya, hanya demi mendapatkan kulit wajah bebas minyak dan bebas jerawat. Jika Anda memiliki jerawat, jangan menggosok wajah terlalu keras dengan menggunakan sabun pembersih yang mengandung scrub. Karena lambat laut akan menipiskan kulit ari, sehingga kulit mudah iritasi. Gunakan air hangat dan pembersih yang lembut. Anda juga bisa  memeriksakan jerawat ke dokter kulit supaya mendapatkan penanganan yang khusus
5.    Olahraga
Olahraga tidak hanya membuat tubuh sehat dan kuat. Bila anda menyadari,  ternyata olah raga itu sangat berguna bagi kesehatan kulit anda. Antara lain merangsang produksi kolagen sehingga kulit anda kencang, mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang merupakan pemicu timbulnya jerawat.

Bagi para pria, jangan malu untuk melakukan perawatan kulit wajah. Anda juga berhak memiliki kulit wajah yang sehat, bebas minyak, dan bebas jerawat. Jadi, tunggu apalagi. Mulailah dari sekarang.

Rabu, 16 November 2011

ALAY

Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan." Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan.


Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon.
apa itu ALAY???
1.        selalu ngerasa paling tau tentang sepeda dan kegiatan bersepeda. Padahal jarang banget gowes,,, sekalinya gowes palingan pas ada Event atau ada liputan aja untuk memburu Goodie Bag atau sekedar Narsis.com
2.        tongkrongannya di pinggir pinggir jalan (yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat)
3.         kalo lagi ngumpul bawa handshet buat dengerin lagu lewat handphone(suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh). Trus sok telpon-telponan dan SMS-SMS an.. kondisi terparah,, biasanya suka ngunjukin SMS dari ce/co ke temenya,, biar dibilang kl ce/co nya perhatian ama dia..
4.         sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.
5.         sok pengen 'gaul' mau ngikutin tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY (cth: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo,celana kotak kotak,sepatu merah,kacamata biru!)
6.         dimana mana SELALU ada acara yg namanya 'putu putu narziz' (entah itu di track sepeda,WC,mobil,kamar,stasiun ,angkot,dll).
7.        fotonya ga nahan smua! (dengan gaya di imut imutin,dideketin lampu biar 'terang bgt',foto deket bgt dari wajah *biar jeleknya ga keliatan*,foto dari atas *biar kelihatan keren kali ya*,dll..pokoknya yang bisa bikin ENEG semua orang)
8.        buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin ttg cowooooooooo mulu! (cth: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? *ga lucu!)(yah pokoknya sok pamer gitu deh*berasa cantik)
9.         buat cowok..tiap hari kerjaannya cari musuh(ribut) mulu sama temen temen cowoknya yg lain *biar dianggep keren gituw*
10.       di friendster, facebook, twitter.. bagi yang cewek  majang cowok cowok ganteng semua *meski ga kenal,biar dianggep cantik & gaull* kalo yg cowok ya majang cewek semua*walau ga kenal* biar dikata cowok ganteng. 
11.      T U L I S A N

- iya : ia

- kamu: kamuh,kammo,kamoh,kamuwh,kamyu,qamu,etc
- aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
- maaf: mu'uph,muphs,maav,etc
- sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
- add : ett,etths,aad,edd,etc
- for : vo,fur(zz),pols,etc
- lagi : agi,agy
- makan: mums,mu'umhs,etc
- lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc
- siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
- apa : uppu,apva,aps,etc
- narsis: narciezt,narciest,etc
- tulisannya gede kecil dan pake angka (idihh)
&&& masih bnyak lagi!

12.       suka ngirim bulbo ga jelas di YM, FS atau FB :"akko onlenndh dcnniih" ato "ayokk perang cummendh cmma saiia" etc (paling parah lagi kalo ngirim bulbo dengan judul "********" tapi isinya kosong!) ih kampret bner deh tu orang orang alay.
13.       menganggap dirinya eksis di friendster atau Facebook atau Mulktiply (kalo comments banyak itu berarti anak gaul jadi lomba banyak-banyakan comment) *please deh ga bgt! emang kenapa coba kalo commentnya banyak?dapet rekor muri ya? ga penting bgt deh..
14.       kalo ada org yg cuman view profil kita , kita bilang gini : "hey cuman view nih?" ato "heey jgn cuman view doang,add dong! (kalo emang segitu pentingnya orang nge-ADD buat kita..kenapa kita ga nge-ADD dia waktu kita mau ngasih testi?)
15.      Friendster atau facebook dipenuhi glitter-glitter norak yang pastinya bisa ngerusak retina mata zz
16.      nama friendster, facebook, twitter dsb,  mengagung -agungkan diri sendiri,seperti : pRinceSs cuTez,sHa luccU,tIkka cAntieqq,etc. (pede bgt sih?)
17.      kata /singkatan selalu diakhiri huruf z/s (cth : nama adalah talitra,dbuat jadi : talz. nama adalah niken,dibuat jadi qens..dsb!)
18.       foto di friendster, facebook dsb bisa nyampe 300 lebih padahal cuman foto DIRINYA SENDIRI
19.      diam diam mengidolakan : kangen band,st12,radja,ato bahkan GARNET BAND 
20.      suka menghina orang lain yang ga sama kaya dia.

Ada sebuah blog yang mengatakan mitos orang alai di antaranya:
1.                  Orang alay biasanya menyukai lagu-lagu pop melayu Indonesia seperti Kangen Band, ST12, dan Radja.
Kenyataannya:
Tidak sepenuhnya benar.
Justru alay-alay yang menyukai lagu-lagu seperti Kangen Band, Radja, Angkasa, dsb itu mulai jarang.
Dan anehnya, justru lagu-lagu Kangen Band itu malah 'populer' di kalangan non-alay, dengan maksud lucu-lucuan dengan teman-teman atau karaoke dengan maksud joke dengan pura-pura menjadi alay (dengan maksud lucu-lucuan juga, bukan dalam artian menyukai lohh).
Justru alay-alay yang seringkali ditemukan itu 'menyukai' lagu-lagu yang istilahnya 'cenderung terbawa mode' atau menurut mereka 'keren/gokil/gaul', padahal mereka hanya sekedar ikut-ikutan biar dibilang keren. Bukan karena musikalitas. Biasanya beraliran rock, punk, atau metal.
Contohnya bisa dari dalam negeri seperti PeeWee Gaskins, atau dari luar seperti Secondhand Serenade, The Red Jumpsuit Apparatus, Avenged Sevenfold, bahkan hingga blink-182 dan Metallica!
Dengan menjadi 'penggemar' musik-musik mereka, kemudian mereka mencaci dan menganggap rendah musik-musik/musisi-musisi tertentu; biasanya musik-musik yang diluar 'selera' mereka (yang menjadi korban biasanya musik-musik yang lebih slow/ngepop), dengan mengatakan 'musik banci', 'lagu bencong berkuntul', dsb. Mereka mengaku-ngaku membenci lagu-lagu seperti itu padahal aslinya malah lebih menyukainya (lihat paragraf selanjutnya).
Kalaupun yang 'pop', biasanya lagu-lagu mainstream standar acara-acara musik di televisi-televisi swasta seperti Inbox, Dahsyat, dll; atau menjadi soundtrack sinetron-sinetron. Biasanya grup musik/penyanyi yang cenderung mengikuti pasar. (untuk saat ini musimnya pop melayu)
Contohnya The Virgin, ST12, Ungu, Derby, Hello, Ridho Rhoma, Lyla, Five Minutes, D'Masiv, dsb.
Aslinya, mereka justru lebih menyukai lagu-lagu semacam ini ketimbang lagu-lagu yang mereka anggap 'keren' tersebut.
Hanya saja mereka 'jaim' sehingga mereka menikmati lagu ini secara sembunyi-sembunyi atau menyelipnya di 'tumpukan' lagu-lagu yang mereka anggap 'keren/gaul' di playlist mereka.Maksudnya biar tidak ketahuan bahwa mereka menyukai lagu seperti itu.
2.                  Orang alay biasanya menyukai grup musik yang penampilan personilnya (maaf) 'kampung' atau 'menengah ke bawah'. (penampilan fisik, bukan performance di atas panggung)
Kenyataannya:
Justru sebaliknya!
Alay justru malah melihat suatu grup musik/musisi dari bentuk fisik personilnya. FYI, selera musik mereka juga mencakup aktor/aktris yang terjun ke dunia musik, meskipun kualitas musiknya pas-pasan sekalipun!
Contoh: Lyla (katanya vokalisnya ganteng), The Titans (katanya vokalisnya ganteng juga), The Adlys (mentang-mentang ada Adly Fairuz), Irwansyah, The Sisters (mentang-mentang ada Shireen Sungkar), Derby, dsb.
Mereka seringkali 'judge a book by its cover', kalau vokalisnya jelek atau 'muka melas', menurut mereka sudah pasti musiknya 'melas' juga, kalau vokalisnya gendut musiknya 'nyesekin', dsb.
Ingat, sama sekali tidak ada hubungan antara tampang dengan musikalitas!
Musikalitas itu lebih dekat dengan suara dan kemampuan memainkan alat musik dengan alat-alat tubuh tertentu. Musik itu bukan seni peran yang lebih mengedepankan tampang dan akting.
Di luar sana, banyak sekali musisi meskipun dengan penampilan fisik yang (maaf) menengah ke bawah namun mampu menghasilkan musik yang jauh lebih berkualitas ketimbang grup-grup musik/musisi-musisi yang mengandalkan tampang, tetapi musikalitasnya cenderung mengikuti pasar.
3.                  Orang alay identik dengan ekonomi (maaf) menengah ke bawah.
Kenyataannya:
Tidak semuanya kok.
Memang sifat alay itu karena pengaruh lingkungan, dan lingkungan yang identik dengan ke-alay-an itu memang tidak dapat dipungkiri, didominasi oleh kalangan menengah ke bawah.
Tetapi banyak juga alay yang berasal dari kalangan menengah ke atas.
Biasanya OKB (orang kaya baru), tetapi OKL (orang kaya lama) juga banyak.
Mungkin karena pengaruh lingkungan yang mendidik mereka untuk mempunyai sikap alay.
Mencakup orang-orang yang sok keren, tukang pamer, dan yang suka menganggap rendah orang-orang yang berada di bawahnya.
Contohnya seseorang yang mempunyai BlackBerry, lalu menganggap rendah orang-orang di sekitarnya yang mempunyai ponsel yang hanya mempunyai fitur sms dan telepon, dengan menganggap mereka *ucup*, tidak gaul, atau miskin. Padahal BlackBerry hasil merengek atau bahkan mengancam orang tuanya; bahkan dia sendiri kurang mengetahui fitur-fitur BlackBerry.
4.                  Orang alay biasanya ditemukan di perkampungan/pedesaan atau di pelosok.
Kenyataannya:
Kata siapa? Justru di pelosok/perkampungan/pedesaan lebih banyak orang yang tahu diri dan lebih mengerti akan arti kebersamaan dan perdamaian, serta rendah hati.
Kalau Anda suka menonton acara-acara yang berbau petualangan/menjelajah daerah-daerah tertentu, justru orang-orang yang tinggal di wilayah seperti itu lebih suka bermain dengan permainan-permainan turun-temurun dengan atau membantu orang tuanya untuk menghidupi keluarga, misalnya menangkap ikan atau mencari kayu bakar.
Orang alay banyak juga yang ditemukan di wilayah perkotaan bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Mungkin yang orang tuanya mengadu nasib di sana.
Tetapi lebih dominan di kota-kota kecil atau masih bersifat kedaerahan seperti Serang, Cilegon, Sukabumi, Cirebon, dll.
Kita tahu sendiri, kasus-kasus kriminal seperti tawuran atau melibatkan geng-geng yang umumnya melibatkan anak-anak ABG (biasanya SMP atau SMA awal bahkan SD akhir) lebih banyak terjadi di mana?
Kenakalan remaja seperti tawuran dan merusak fasilitas umum merupakan imbas dari budaya alay yang 'selalu ingin dibilang keren/gaul'. 
5.                  Orang alay berpendidikan/berpengetahuan rendah.
Kenyataannya:
Tidak semua kok.
Ada juga orang yang pengetahuannya tinggi, dan dia menggunakan pengetahuannya itu untuk pamer, untuk menjatuhkan orang lain, serta untuk mencaci/menghina orang lain yang tidak sependapat dengannya.
Intinya, kembali lagi ke pandangan hidup alay: dibilang 'keren' atau 'gaul'!
Contohnya orang yang serba tahu tentang musik metal, lalu menghina musik genre lain; maksudnya biar dibilang keren/gaul, merasa diri paling keren dan cool.
Seharusnya orang semakin tinggi pengetahuannya/pendidikannya itu semakin rendah hati, seperti ilmu padi makin berisi makin merunduk.

Sedangkan Ciri-ciri alay sebagai berikut.

Apabila kamu merasa begitu, ubah aja sikapmu supaya km ga di cap alay!!

-------------------------------------
A) TINGKAT PALING RENDAH:

1.      nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"
2.      memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~"
3.      menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"
4.       comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa
5.       layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pink fontnya yang anehlah


B) TINGKAT RENDAH

1.      aboutme panjaaaang banget dengan gambar dari myspace yang gajelas pake isi gr-gr an kaya "aq tuh.... cntik.... lucu.... punya cowo ganteng..." zzz dan sebagainyalah lo tau kan
2.       penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh
3.      foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu
4.       mediabox dipenuhin dengan gambarrrrrr


C) TINGKAT SEDANG

1.      mamerin kebisaan dishotout, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari" (halah)
2.      rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu... y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya..........blabalabla"
3.       nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "delita saiianks si luthuu.." atau "delita cinta dya" gitulah ya aezzz...
4.       bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!!


D) ALAY TINGKAT PARAH!

1.       barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.
2.      tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ
3.       minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw"
4.       gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas
5.      nge post bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment

Pengikut